Thursday, May 19, 2022
Home > Berita > Bekasi Raya > Pembuang Sampah Sembarangan Harus Diberi Efek Jera

Pembuang Sampah Sembarangan Harus Diberi Efek Jera

Mimbar-Rakyat.com (Bekasi) -Unit Pelaksana Teknis Dinas ( UPTD) Persampahan Wilayah II  Kabupaten Bekasi tak henti-hentinya memerangi sampah, baik sampah di darat maupun di kali/sungai.

Permasalahan klasik Persampahan di Kabupaten Bekasi, termasuk di Wilayah II yang antara lain meliputi Kecamatan Tambun Utara dan Tambun Selatan,  adalah banyaknya warga yang membuang sampah secara liar, termasuk yang dibuang ke bantaran kali .

Pekan ini saja, dua tempat pembuangan sampah ( TPS)  liar di sepanjang bantaran Kali CBL di perbatasan Tambun Selatan-Cibitung dan  di sepanjang kali wilayah Kelurahan Jatimulya ditertibkan tim gabungan.

” Tim gabungan sudah memportal dua lokasi TPS liar agar tidak bisa lagi dimasuki kendaraan yang akan membuang sampah,” ujar Kepala UPTD Persampahan Wilatah II, Sumardi.

TPS liar di Kali CBL, terang Sumardi,  berada di bawah jalan tol Cibitung-Cilincing . Hal ini sangat merusak pemandangan.

Dikatakan Sumardi, Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Bekasi bersama Korem,  Balai Besar Wilayah Sungai ( BBWS) ,  Pengairan, Polsek dan Koramil, berinisiatif mengambil sikap bersama untuk memportal jalan masuk ke tempat pembuangan sampah liar di dua lokasi tersebut .

“Alhamdulillah dengan membangun sinergitas lintas sektoral , kami bersama-sama mengatasi permasalahan sampah liar di Kabupaten Bekasi,” terang Sumardi..

Sementara itu Sumardi juga berharap aparat  berwenang , dalam hal ini Satpol PP mengambil tindakan tegas terhadap oknum-oknum yang membuang sampah secara liar.

Apalagi, lanjut Sumardi, sudah ada Perda yang mengatur bahwa siapa saja yang membuang sampah sembarangan ada ancaman hukumannya, denda Rp 50 juta  atau kurungan 6 bulan .

Pihak UPTD Persampahan di Kabupaten Bekasi, termasuk di Wilayah II selalu dibuat jengkel dengan masyarakat yang membuang sampah sembarangan yang melakukannya kucing-kucingan dengan petugas .( agus)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Hallo kawan, silahkan klik tombol Like / Follow untuk mendapatkan berita dan tulisan terbaru