Thursday, May 06, 2021
Home > Berita > Kepala BNPB Pusat Tinjau Tanggul Sungai Padang Yang Jebol

Kepala BNPB Pusat Tinjau Tanggul Sungai Padang Yang Jebol

Kepala BNPB Pusat Tinjau Tanggul Sungai Padang Yang Jebol. (al)

Mimbar-Rakyat.com (Tebing Tinggi) – Kepala BNPB Pusat Doni Monardo didampingi Gubsu Edy Ramayadi, Walikota Tebing Tinggi H. Umar Zunaidi Hasibuan,  meninjau tanggul Sungai Padang yang jebol akibat banjir besar beberapa waktu lalu.

Mereka melakukan peninjauan itu di Jalan Ikhlas, Kelurahan Tanjung Marulak, Kecamatan Rambutan, Kota Tebing Tinggi, Jum’at.

Terkait permasalahan banjir  karena air sungai melimpah,  Kepala BNPB menjelaskan, pihak Kementerian PUPR telah melakukan peninjauan di beberapa lokasi banjir di Sumut.

“Jadi penanganan jangka pendek adalah dengan melakukan pengerukan sedimentasi tumpukan lumpur didalam sungai dan perbaikan tanggul sungai yang rusak akibat banjir,” katanya.

Ia menjelaskan, akan dilakukan normalisasi sungai, dengan pengangkatan sendimen, pelebaran sungai dan melakukan perbaikan. Sedangkan kerusakan di hulu sungai, akan dilakukan revatilisasi di wilayah hulu dan ini semua harus berjalan.

Doni menyampaikan, BPBD juga akan memberikan bantuan bibit tanaman akar (Vetiper) untuk ditanam di sekitar daerah aliran sungai, karena pohon ini jika tumbuh besar akan tahan menahan tekanan air besar dan tidak bisa menggerus tanggul, karena akarnya kuat dan bisa menekan banjir tidak menyebar lebih luas.

Sedangkan Gubernur Sumatera Utara  Edy Rahmayadi mengucapkan terima kasih kepada pihak BNPB karena wujud kepedulian pasca banjir yang dilakukan mereka di beberapa wilayah di Sumatera Utara.

“Di Sumatera Utara banyak melintang sungai, seperti di Kota Medan ada lima sungai besar yang melintangi kota Medan, jadi untuk penanggulangan, Pemerintah Pusat melalui Kementrian PUPR Sudan memikirkan untuk membenahi sungai sungai tersebut.  Dari sini saya meminta kepada seluruh masyarakat Sumatera Utara untuk berpikir secara profesional, karena jika kita mengganggu alam, maka alam akan menggangu kita,”kata Gubsu. (al / arl)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Hallo kawan, silahkan klik tombol Like / Follow untuk mendapatkan berita dan tulisan terbaru