Wednesday, April 14, 2021
Home > Berita > Imbas Gempa Bresbes 23 Rumah Rusak di Cibingbin Kuningan

Imbas Gempa Bresbes 23 Rumah Rusak di Cibingbin Kuningan

Imbas Gempa Bresbes 23 Rumah Rusak di Cibingbin Kuningan.

Mimbar-Rakyat.com (Kuningan) – BPBD Kuningan mengumumkan gempa bumi berkekuatan 4,2 Magnetuda yang terjadi Jumat yang berpusat di kedalaman 5 km dengan koordinat 7,07 Lintang Selatan dan 108,87 Bujur Timur di sekitar Kabupaten Brebes, terasa juga di kabupaten Kuningan sekitarnya.

Hal itu menimbulkan kerusakan puluhan rumah warga di Desa Cipondok, Kecamatan Cibingbin. Tercatat 23 rumah warga rusak, 4 rusak sedang, dan 19 rumah mengalami rusak ringan.

“Tim Asessment BPBD Kuningan masih di lapangan untuk mendata lebih lengkap, bilamana ada rumah warga lainnya yang terdampak guncangan gempa Brebes ini,” jelasnya.

Selain rumah warga, lanjutnya, ada 2 fasilitas umum, Puskesmas dan Posyandu Desa Cipondok, Kecamatan Cibingbin, yang ikut terdampak guncangan.

Sahru Setiawan (50 tahun), warga Rt 01/02 Dusun 1 Desa Cipondok, Kecamatan Cibingbin menuturkan detik detik saat gempa terjadi.

“Sekira pukul 05:55 WIB, Saya sedang bersama istri dan anak saya di dapur. Istri saya sedang memasak pagi tadi,” tutur Sahru.

Menurutnya guncangan gempa sangat kuat, hingga membuat bagian atap dapur rumah milik Sahru ambruk tak tersisa.

“Beruntung, Saya dan keluarganya bisa menyelamatkan diri. Sangat kaget dengan kejadian itu. Kami langsung berlari ke luar rumah, istri Saya yang saat itu sedang masak di dapur untungnya tidak ketiban reruntuhan atap,” katanya.  (dien / arl)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Hallo kawan, silahkan klik tombol Like / Follow untuk mendapatkan berita dan tulisan terbaru