Tuesday, December 06, 2022
Home > Berita > Wanita Arab Saudi berpartisipasi mengendalikan operasional mobil umum di Makkah untuk pertama kalinya

Wanita Arab Saudi berpartisipasi mengendalikan operasional mobil umum di Makkah untuk pertama kalinya

kendaraan umum selama musim haji untuk melayani jamaah. (Foto: Istimewa/Arab News)

Mimbar-Rakyat.com (Makkah) – Perempuan akan menjadi bagian dari kelompok yang mengendalikan mobil umum di Makkah untuk pertama kalinya, sejak Sindikat Umum Mobil didirikan sembilan dekade lalu. Sindikat adalah badan eksekutif yang mengatur dan menyelenggarakan transportasi haji melalui perusahaan afiliasi.

“Saya bersyukur bahwa perempuan sekarang memiliki lebih banyak kesempatan profesional untuk berpartisipasi dan melayani selama haji. Binan Basnan, adalah sala satu spesialis layanan pelanggan – milik Sindikat Umum Mobil,” kata Khadijah Fida, seorang jurnalis dan pembuat konten di sindikat tersebut, seperti dikutip dari Arab News.

Dari kiri ke kanan; Binan Basnan, Mervat Habhab & Khadijah Fida. (Foto: Istimewa/Arab News)

Dia juga mengatakan: “Banyak wanita telah membantu pekerjaan haji di Kerajaan selama beberapa dekade. Saya melihat ayah saya bekerja di sektor ini, bersama dengan saudara laki-laki dan suami saya, dan hari ini saya juga telah berpartisipasi di dalamnya. Kepemimpinan (di negeri) kami telah memungkinkan perempuan untuk bekerja, terutama di semua sektor pemerintahan, dan berperan aktif sejalan dengan Visi Saudi 2030.

“Hari ini saya mewakili Sindikat Mobil Umum di media, humas, membuat materi berkualitas, dan memantau keberhasilan pusat informasi transportasi selama haji. Saya bangga dan terhormat menjadi seorang wanita dari Makkah yang bekerja di sindikat yang berkontribusi besar dan aktif untuk keberhasilan haji dan transportasi yang aman bagi para peziarah” katanya.

Sindikat ini, menurut dia, selalu bekerja untuk menciptakan dan membangun kerangka kelembagaan untuk asosiasi ini yang telah membuat perbedaan dramatis dalam transportasi di Makkah.

“Kami mengalami musim haji dan umrah di Makkah, dan sindikat selalu bekerja untuk menciptakan dan membangun kerangka kelembagaan untuk asosiasi ini yang telah membuat perbedaan dramatis dalam transportasi di Makkah untuk membawa kenyamanan bagi para peziarah yang (sebelumnya) berjuang di jalan tanah untuk mencapai Mekah,” tutur Mervat Habhab, spesialis layanan pelanggan di pusat informasi sindikat. Dia juga mengatakan bahwa peran perempuan menjadi lebih terlihat dan signifikan.

“Adalah misi saya untuk berinteraksi dan mengatasi situasi setiap penerima manfaat, berdasarkan kebutuhan mereka, dan membawa mereka ke departemen terkait untuk tanggapan dan intervensi yang cepat. Merupakan misi yang terhormat dan luar biasa untuk berkontribusi pada pelayanan peziarah.

“Di era yang makmur dan hari-hari yang penuh berkah ini, saya memiliki kesempatan untuk memainkan peran penting dan aktif sebagai seorang wanita dari Makkah yang mencintai Tuhan dan tanah airnya,” tutur petugas wanita lainnya, Mervat Habhab.

Habhab menambahkan, dukungan pemerintah telah memotivasi mereka untuk meningkatkan prestasi kerja setiap tahun. Binan Basnan, spesialis layanan pelanggan lain di sindikat tersebut, mengatakan: “Saya bangga dan merasa terhormat untuk bekerja di lembaga besar seperti General Cars Syndicate yang melayani jamaah haji dalam perjalanan haji mereka dengan menerima pertanyaan dan keluhan mereka.

“Saya bersyukur bahwa perempuan sekarang memiliki lebih banyak kesempatan profesional untuk berpartisipasi dan melayani selama haji. Saya berharap mendapat ganjaran (oleh Tuhan) dan berterima kasih kepada pemerintah kami, yang memberi kami peluang besar ini,” tutuurnya.***(edy)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Hallo kawan, silahkan klik tombol Like / Follow untuk mendapatkan berita dan tulisan terbaru