Saturday, October 24, 2020
Home > Berita > AS Larang Pendatang dari Brasil, Anak-Anak di New South Wales Diperbolehkan Kembali ke Sekolah

AS Larang Pendatang dari Brasil, Anak-Anak di New South Wales Diperbolehkan Kembali ke Sekolah

Anak-anak di seluruh New South Wales kembali ke ruang kelas mereka pada hari Senin (25/5) ketika pembatasan coromavirus dikurangi. (Foto: EPA/Al Jazeera)

Anak-anak di seluruh New South Wales kembali ke ruang kelas mereka pada hari Senin (25/5) ketika pembatasan coromavirus dikurangi. (Foto: EPA/Al Jazeera)

Mimbar-rakyat.com –  Amerika Serikat (AS)  melarang orang  dari Brasil, setelah negara itu merupakan jumlah kasus tertinggi kedua di dunia setelah AS. Sementara anak-anak  di New South Wales, negara bagian  di Australia, telah diperbolehkan kembali ke sekolah mulai hari Senin (25/5).

Di India, penerbangan domestik akan dilanjutkan mulai hari Senin, sehari setelah negara itu mengkonfirmasi rekor 6.767 kasus baru coronavirus. Demikian dikutip dari Al Jazeera, berdasar laporan  Kate Mayberry  dan Umut Uras..

Secara global, hingga Senin (25/5) pagi lebih dari 5,3 juta orang di seluruh dunia telah terinfeksi virus corona. Demikian menurut Universitas Johns Hopkins. Lebih dari 344.000 orang  meninggal, sementara lebih dari dua juta telah pulih.

Berikut perkembangan terbaru terkait Covid-19, Senin, 25 Mei:
06:10 GMT – Thailand mengkonfirmasi dua kasus virus corona baru dan satu kematian tambahan, kata seorang juru bicara kementerian kesehatan.

Angka-angka baru membawa jumlah total kasus di negara Asia Tenggara menjadi 3.042 dan kematian menjadi 57 sejak wabah dimulai pada Januari, kata Taweesin Wisanuyothin, juru bicara Pusat Administrasi COVID-19. Lebih dari 96 persen pasien, atau 2.928 orang, telah pulih, katanya.

05:30 GMT – Presiden Filipina Rodrigo Duterte telah memberi pemerintahnya waktu seminggu untuk memproses sekitar 24.000 pekerja Filipina yang dipulangkan, setelah terjebak selama berminggu-minggu di kapal pesiar atau dalam karantina virus corona, sehingga mereka akhirnya bisa pulang.

Ribuan orang naik sekitar 29 kapal di Teluk Manila atau terjebak di hotel-hotel dan fasilitas kesehatan yang penuh sesak, beberapa semakin frustrasi karena dites negatif untuk virus corona dan menyelesaikan karantina 14 hari yang diamanatkan.

Pekerja Filipina Rantau, atau OFW, adalah pencari nafkah dan basis dukungan utama Duterte. Uang kiriman tahunan mereka yang lebih dari $ 30 miliar adalah pendorong utama ekonomi Filipina, mendukung jutaan anggota keluarga.

“Presiden mengatakan mereka dapat menggunakan semua sumber daya pemerintah dan sarana transportasi apa pun – bus, pesawat, kapal – untuk membawa para OFW pulang,” kata juru bicara Duterte, Harry Roque, pada hari Senin.

05:05 GMT –  Klub malam sudah mulai dibuka kembali di China saat pembatasan coronavirus direda.
Semua pelanggan harus memberikan nama dan nomor mereka sebelum masuk dan pergi melalui pemeriksaan suhu.

Charles Guo, pemilik 44KW di Shanghai, mengatakan kepada Reuters bahwa bisnis lambat dimulai karena orang-orang “sangat khawatir tentang keselamatan mereka” tetapi telah meningkat pada akhir bulan lalu.

Semua staf memakai masker dan sarung tangan, sementara gagang pintu, toilet, dan permukaan lainnya didesinfeksi setiap jam. Pelanggan tidak diharuskan memakai masker, tetapi hand santiser tersedia secara bebas dan minuman disajikan dalam gelas sekali pakai.

04:05 GMT – Dushyant Kumar dari Singapura, istri dan tim kokinya memasak pesta Idul Fitri untuk ratusan pekerja migran yang menghabiskan waktu di karantina karena wabah koronavirus di negara kota.

“Kami ingin memastikan mereka tidak ketinggalan,” kata Kumar kepada Reuters ketika ia menyiapkan makanan untuk sekitar 600 pria. “Senyum di wajah mereka memberimu banyak kepuasan.”

Singapura memiliki sekitar 300.000 pekerja migran terutama dari India, Bangladesh dan China yang tinggal di asrama yang penuh sesak yang merupaan  pusat penyebaran virus korona di negara itu.

Inisiatif Kumar didanai oleh sumbangan publik dan LSM. Dia juga telah mengirimkan 1.000 makanan kepada orang-orang yang telah dikarantina sejak awal April.

03:40 GMT Presiden Meksiko Andres Manuel Lopez Obrador mengatakan coronavirus yang baru dapat menelan biaya hingga satu juta pekerjaan, karena banyak industri yang dianggap tidak esensial tetap tutup. “Prediksi saya adalah bahwa dengan coronavirus, sejuta pekerjaan akan kehilangan peerjaan, karena banyak industri yang dianggap tidak esensial tetap tutup.”

Pemerintah Lopez Obrador telah berulangkali mengatakan wabahnya sudah terkendali tetapi sejak itu mencatat jumlah rekor untuk kasus baru dan kematian. Ekonomi Meksiko sudah dalam resesi sebelum pandemi melanda dan beberapa bank memperkirakan akan mengalami kontraksi 9 persen tahun ini.

03:00 GMT – Pegawai negeri sipil Malaysia dalam kementerian kesehatan telah menyerukan perhatian medis dan dekontaminasi di pusat-pusat penahanan imigrasi negara itu setelah tiga orang ditemukan memiliki kasus virus corona.

Dr Noor Hisham Abdullah, yang merupakan sekretaris jenderal di Kementerian Kesehatan, mengatakan seharusnya tidak ada diskriminasi terhadap orang non-Malaysia dalam menangani virus tersebut.

“Kita perlu meningkatkan deteksi kasus aktif dan mengisolasi dan segera mengobati kasus positif itu,” tulis Dr Noor Hisham di halaman Facebook-nya. “Karantina kontak dekat itu dan dekontaminasi pusat masing-masing. Virus tidak mengenal batas dan etnis dan status sosial apa pun.”

Malaysia telah melakukan serangkaian penggerebekan terhadap migran tidak berdokumen selama penguncian coronavirus negara itu. Data kementerian kesehatan menunjukkan 115 kasus yang dikonfirmasi di tiga pusat tersebut.

02:15 GMT – Pengecer Jepang Uniqlo akan mulai menjual masker di tokonya untuk memenuhi permintaan terait coronavirus. Masker  dibuat dari bahan pengeringan cepat yang sama seperti merek pakaian dalam AIRism untuk membantu menjaga dinginnya pemakai. Itu menurut Nikkei Asian Review.

 

02:00 GMT – Jepang diperkirakan akan mengangkat keadaan darurat di Tokyo dan empat daerah lain yang masih di bawah batasan coronavirus.

Pemerintah akan meminta persetujuan untuk rencana tersebut dari penasihat utama pada hari.
Gubernur Tokyo Yuriko Koike mengatakan ibukota akan  membuka kembali perpustakaan dan museum dengan keadaan darurat dicabut dan memungkinkan restoran untuk membuka lebih lama. Bioskop, bioskop, dan tempat-tempat lain akan dibuka kembali pada tahap selanjutnya.

01.20 GMT – Anak-anak dari segala usia di negara bagian New South Wales yang berpenduduk paling padat di Australia kembali ke kelas pada hari Senin, ketika kantor-kantor mulai dibuka kembali.

Perdana Menteri NSW, Gladys Berejiklian, mengatakan kepada media hanya sebagian kecil orang tua yang memilih untuk menjaga anak-anak mereka di rumah karena kekhawatiran tentang COVID-19.

00:00 GMT Amerika Serikat mengatakan pada hari Minggu bahwa mereka melarang semua perjalanan ke AS oleh non-warga negara yang telah berada di Brasil.

“Kami berharap ini bersifat sementara, tetapi karena situasi di Brasil, kami akan mengambil setiap langkah yang diperlukan untuk melindungi rakyat Amerika,” Penasihat Keamanan Nasional Robert O’Brien mengatakan kepada program CBS’s Face the Nation.

Brasil mendaftarkan 653 kematian pada hari Minggu dan 15.813 kasus tambahan, sehingga total menjadi 363.211.***sumber Al Jzeera dan kantor berita, Google.(edy)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Hallo kawan, silahkan klik tombol Like / Follow untuk mendapatkan berita dan tulisan terbaru