Saturday, October 24, 2020
Home > Berita > WHO Ingatkan Ancaman Fase Baru Berbahaya, Setidaknya 8,6 Juta Dipastikan Terinfeksi

WHO Ingatkan Ancaman Fase Baru Berbahaya, Setidaknya 8,6 Juta Dipastikan Terinfeksi

Seorang sukarelawan dari tim Blue Sky Rescue, dengan pakaian pelindung, membasmi hama pasar komprehensif Nangong menyusul wabah virus corona baru di Beijing, China, pada 18 Juni 2020. (Foto Reuters/Al Jazeera)

Seorang sukarelawan dari tim Blue Sky Rescue, dengan pakaian pelindung, membasmi hama pasar komprehensif Nangong menyusul wabah virus corona baru di Beijing, China, pada 18 Juni 2020. (Foto Reuters/Al Jazeera)

mimbar-rakyat.com – Direktur Jenderal Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) Tedros Adhanom Ghebreyesus memperingatkan adanya ancaman “fase baru dan berbahaya” dalam percepatan pandemi virus corona, setelah 150.000 kasus baru dilaporkan di seluruh dunia pada Kamis, aau tertinggi dalam satu hari.

Sementra Brazil telah melewati satu juta kasus virus corona dan mendekati 50.000 kematian, menjadikannya nomor dua setelah Amerika Serikat dalam hal infeksi dan kematian. Demikian dikutip dari Al Jazeera.

Di lain pihak, perusahaan biofarmasi Jerman CureVac telah memulai uji klinis untuk vaksin melawan virus corona baru.

Lebih dari 458.000 orang telah meninggal akibat coronavirus baru. Demikian menurut data yang dikumpulkan Johns Hopkins University. Setidaknya 8,6 juta orang telah dipastikan terinfeksi atau memiliki coronavirus di seluruh dunia dan lebih dari 4,2 juta telah pulih.

Berikut ini adalah pembaruan terbaru, Sabtu, 20 Juni
:
06:10 GMT – Guatemala mengganti  menteri kesehatannya Jumat di tengah meningkatnya laju infeksi COVID-19 dan kematian di negara Amerika Tengah itu. Presiden Alejandro Giammattei mencopot Menteri Kesehatan Hugo Monroy dan menunjuk Amelia Flores, mantan wakil menteri kesehatan dalam pemerintahan sebelumnya, sebagai penggantinya.

Monroy, yang telah memegang jabatan itu sejak Januari, telah dikritik keras karena manajemennya terhadap pandemi. Anggota parlemen federal memanggilnya berkali-kali untuk ditanyai dan mengeluh bahwa Departemen Kesehatan menghabiskan terlalu sedikit anggarannya selama pandemi.

05:50 GMT – Dua komandan senior pada kapal induk yang terkena koronavirus tidak “cukup” atau “tidak segera,” melakukan tindakan untuk membendung wabah, kata perwira tinggi Angkatan Laut AS pada hari Jumat.

Kapten Brett E. Crozier dan Laksamana Muda Stuart Baker, komandan kelompok pemogokan kapal induk, membuat kesalahan serius dalam penilaian ketika mereka mencoba untuk bekerja melalui wabah yang mengesampingkan USS Theodore Roosevelt di Guam selama 10 minggu, kata Laksamana Mike Gilday, kepala operasi angkatan laut.

Keputusan Crozier mengejutkan karena Gilday merekomendasikan agar kapten dikembalikan ke komandonya kurang dari dua bulan yang lalu setelah penyelidikan awal.

05:30 GMT – Pakistan memulai kembali operasi penerbangan internasional di negara itu, setelah berbulan-bulan penangguhan yang diberlakukan untuk mencegah penyebaran coronavirus lebih lanjut.

Pemerintah “dengan senang hati mengizinkan operasi penerbangan internasional ke dan dari Pakistan dari semua bandara internasional mulai 20 Juni,” Abdul Satttar Khokhar, juru bicara Otoritas Penerbangan Sipil mengatakan dalam sebuah pernyataan Jumat malam.

Izin dapat dikenakan pembatasan dari waktu ke waktu berdasarkan skenario Covid-19 yang berkembang dan implementasi protokol kesehatan.

04:58 GMT – Pakistan telah melaporkan 153 kematian dalam catatan harian baru untuk kematian Covid-19 ketika infeksi di seluruh negeri terus meningkat.

Total korban tewas sekarang mencapai 3.382. Rumah sakit semakin penuh dan di banyak kota di seluruh negeri dan pasien  Covid-19 ditolak ketika infeksi baru mendorong jumlah keseluruhan kasus yang dikonfirmasi menjadi 171.665.

Di negara berpenduduk 220 juta orang, Pakistan memiliki kurang dari 3.000 tempat tidur ICU – di antara jumlah terendah di dunia. Ventilator didistribusikan ke beberapa daerah yang terkena dampak paling parah dan pemerintah telah menyegel lebih dari 800 area perumahan dan bisnis di mana sekelompok infeksi telah muncul.

Meskipun ada desakan dari para profesional medis dan WHO, Pakistan telah menolak untuk memberlakukan kuncian yang ketat.

04:31 GMT – Washington menolak permintaan empat maskapai penerbangan China untuk penerbangan mingguan tambahan antara kedua negara, tetapi mengatakan keputusan itu tidak dimaksudkan untuk meningkatkan ketegangan atas pembatasan perjalanan di tengah pandemi virus corona baru.

Dalam sebuah pernyataan, Departemen Perhubungan AS mengatakan keputusan itu dibuat untuk “mempertahankan paritas” dalam layanan penumpang terjadwal antara kedua negara, menambahkan pihaknya bersedia meninjau kembali keputusan itu jika otoritas penerbangan China menyesuaikan kebijakan mereka yang mempengaruhi maskapai penerbangan AS.

Awal pekan ini, AS dan China mengatakan mereka masing-masing akan mengizinkan empat penerbangan mingguan antara kedua negara.

04:21 GMT – AS akan membebaskan terpidana pemodal Hizbullah Kassim Tajideen karena kesehatannya yang buruk dan risiko infeksi Covid-19 dari penjara, menurut dokumen pengadilan.

Pada tanggal 28 Mei, Hakim Pengadilan Distrik Washington Reggie Walton mengabulkan permintaan darurat Tajideen untuk pembebasan penuh kasih, yang mengatakan usianya dan “kondisi kesehatan yang serius” membuatnya sangat rentan ketika virus korona menyebar melalui sistem penjara AS. Tajideen, 64, bisa kembali ke Libanon dalam beberapa minggu.

Menurut pengadilan 11 Juni yang diajukan oleh Departemen Imigrasi dan Bea Cukai AS, ia dibebaskan dari penjara federal di Cumberland, Maryland setelah karantina virus corona dua minggu dan dipindahkan ke pusat penahanan kabupaten sambil menunggu keberangkatan.

“Pada saat ini, penerbangan carter ke Libanon telah dijadwalkan untuk Juli 2020 dan Mr Tajideen sedang dalam manifes,” kata ICE dalam pengajuan pengadilan.

04:11 GMT – Korea Selatan melaporkan peningkatan 24 jam terbesar dalam kasus virus corona yang dikonfirmasi dalam sekitar tiga minggu di tengah peningkatan dalam kasus impor.

Para pejabat mengatakan, 67 kasus tambahan meningkatkan total negara menjadi 12.373, dengan 280 kematian. Angka baru ini adalah peningkatan harian terbesar sejak Korea Selatan melaporkan 79 kasus pada 28 Mei. Para pejabat mengatakan 31 kasus baru datang dari luar negeri dan 36 lainnya ditransmisikan secara lokal.

Korea Selatan berupaya menahan lonjakan penularan virus baru sejak awal Mei ketika meredakan aturan jarak sosial. Kasus-kasus baru telah dikaitkan dengan perusahaan kehidupan malam, layanan gereja, gudang e-commerce besar dan penjual dari pintu ke pintu.

03:38 GMT – Pembuat obat Swiss Novartis menghentikan uji coba obat malaria hydroxychloroquine (HCQ) terhadap Covid-19 setelah berjuang untuk menemukan peserta, katanya pada hari Jumat, ketika data muncul dari penelitian lain yang menimbulkan keraguan tentang kemanjuran obat tersebut.

Percobaan Novartis dimulai pada bulan April dan berusaha untuk menguji obat pada 440 pasien yang dirawat di rumah sakit. Tetapi proyek hanya berhasil merekrut segelintir orang.

“Tantangan rekrutmen yang menghadapi uji coba hidroksi kloroquine kami telah membuat tidak mungkin bahwa tim klinis akan dapat mengumpulkan data yang bermakna dalam kerangka waktu yang masuk akal untuk menentukan kemanjuran hydroxychloroquine dalam merawat pasien dengan Covid-19,” kata Novartis dalam sebuah pernyataan.

02:53 GMT – Ibukota China mencatat penurunan lebih lanjut dalam kasus virus korona baru yang dikonfirmasi karena langkah-langkah pengetatan untuk menahan penyebaran tetap ada. Pejabat melaporkan 22 kasus baru di Beijing, bersama lima kasus lainnya di negara tersebut. Tidak ada kematian baru yang dilaporkan dan 308 orang tetap dirawat di rumah sakit untuk pengobatan Covid-19.

Salah satu kasus Beijing adalah seorang perawat di sebuah rumah sakit di distrik Changping, pinggiran kota. Rumah Sakit Internasional Universitas Peking tempat dia bekerja sekarang berada di bawah pembatasan ketat, bersama dengan komunitas perumahan di daerah sekitarnya.

Sebanyak 205 orang telah didiagnosis dengan virus di Beijing sejak wabah dimulai minggu lalu, dengan setidaknya dua dari mereka sakit kritis dan 11 lainnya dalam kondisi serius.

02:19 GMT – Helen La Lime, Perwakilan Khusus Perserikatan Bangsa-Bangsa untuk Haiti, mengatakan pandemi coronavirus ini memperburuk “situasi kemanusiaan yang sudah mengkhawatirkan” di negara itu, sesuatu yang bisa melihat semakin banyak warga yang meninggalkan pulau itu untuk mencari kehidupan yang lebih baik di luar negeri.

Dan kecuali ada bantuan lebih banyak yang ditawarkan untuk mengatasi resesi ekonomi Haiti, ” masalah utama dalam negeri dapat berubah menjadi masalah regional, “ia memperingatkan dalam pertemuan virtual Dewan Keamanan PBB pada hari Jumat. Haiti memiliki populasi 11 juta orang dan sejauh ini tercatat 4.900 kasus virus korona dan 84 kematian.

01:57 GMT – Pihak berwenang di Mexico City menunda rencana pembukaan kembali ekonomi karena kasus-kasus baru yang dikonfirmasi dan kematian yang dilaporkan secara nasional berlanjut pada tingkat yang hampir mencapai rekor.

Walikota Claudia Sheinbaum, mengatakan, hunian rumah sakit dan jumlah kasus tidak menurun ke titik di mana membuka kembali mal dan pasar jalanan akan mungkin. Sekitar 70 persen tempat tidur rumah sakit kota ditempati.

Departemen Kesehatan Meksiko melaporkan 5.030 kasus coronavirus baru yang dikonfirmasi dan 647 kematian lainnya, keduanya turun sedikit dari hari Kamis. Total kasus sekarang berdiri di 170.485, dengan 20.394 kematian.

01:35 GMT – Mahkamah Agung Oklahoma menolak upaya untuk meminta semua orang yang menghadiri rapat umum Presiden AS Donald Trump di Tulsa akhir pekan ini untuk mengenakan masker dan menjaga jarak sosial untuk menjaga agar tidak menyebarkan virus corona.

Dalam pendapat yang setuju, dua hakim mengatakan warga setempat meminta tindakan pencegahan pada rapat umum Trump – pertemuan indoor terbesar AS dalam beberapa bulan – tidak dapat menetapkan hak hukum mereka untuk bantuan yang mereka cari.

Petisi diajukan oleh dua orang yang digambarkan memiliki sistem kekebalan tubuh yang terganggu dan pada risiko tertentu dari Covid-19.

Keputusan itu muncul ketika Oklahoma melaporkan peningkatan infeksi terbesar kedua pada hari Jumat, mencatat 359 kasus Covid-19 dan satu kematian. Itu membuat jumlah kasus negara menjadi 9.706 dan jumlah kematian menjadi 367.

01:10 GMT – Kosta Rika menghentikan pembukaan kembali ekonominya setelah mencatat rekor pada hari Jumat, 119 infeksi coronavirus baru – angka yang membuat jumlah total kasus yang dikonfirmasi di negara itu menjadi 2.508.

“Ini bukan angka untuk berpikir bahwa tidak ada yang salah dan bahwa kita dapat melanjutkan pembukaan kembali,” Menteri Kesehatan Daniel Salas mengatakan kepada wartawan.

“Toko-toko dan pusat-pusat perbelanjaan, pantai, gereja, dan kegiatan lainnya harus menunggu sampai kita mengalami penurunan kasus yang berkelanjutan,” katanya, seraya menambahkan bahwa liga sepak bola nasional negara itu juga ditangguhkan “hingga pemberitahuan lebih lanjut”. Setidaknya 12 orang telah meninggal karena COVID-19 di Kosta Rika.

00:23 GMT – Brazil melewati satu juta kasus virus korona dan mendekati 50.000 kematian dan  menjadi  salaah satu  negara yang paling parah terkena dampak di dunia. Kementerian kesehatan negara itu melaporkan 1.032.913 kasus yang dikonfirmasi pada hari Jumat, dengan 1.206 kematian baru yang menjadikan total korban resmi menjadi 48.954.

Jumat juga menjadi rekor baru jumlah kasus harian, dengan 54.771 infeksi, lompatan yang dikatakan kementerian kesehatan sebagian besar disebabkan oleh “ketidakstabilan” dalam sistem pelaporannya, yang berarti beberapa negara bagian melaporkan angka dari beberapa hari. Brazil kemungkinan akan melampaui 50.000 kematian pada hari Sabtu, meskipun pelaporan akhir pekan bisa lebih rendah.

00:16 GMT – Menteri kesehatan Zimbabwe Obadiah Moyo ditangkap pada hari Jumat karena dugaan korupsi terkait dengan pasokan bahan medis untuk memerangi pandemi coronavirus, kata badan anti-korupsi negara itu.

Dia ditahan di kantor polisi Harare dan kemungkinan akan muncul di pengadilan pada hari Sabtu. “Saya dapat mengkonfirmasi bahwa menteri kesehatan dan kesejahteraan anak telah ditangkap dan ditahan di kantor polisi Rhodesville,” John Makamure, juru bicara Komisi Anti-Korupsi Zimbabwe, mengatakan kepada kantor berita AFP.

Pemerintah tidak segera mengomentari penangkapan itu, yang terjadi sehari setelah oposisi utama negara itu mengecam dugaan korupsi menyusul kecurigaan tentang pembayaran dua juta dolar kepada perusahaan medis yang dikontrak untuk menyediakan peralatan anti-coronavirus.

Harare mendapat kecaman karena memberi perusahaan Drax Consult SAGL yang berumur dua bulan kontrak untuk memasok obat seharga $ 20 juta, peralatan pelindung diri dan kit uji Covid-19. Kesepakatan itu diduga ditandatangani tanpa persetujuan otoritas pendaftaran pengadaan Zimbabwe.*** Sumber Al Jazeera dan kantor berita, Google.(edy)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Hallo kawan, silahkan klik tombol Like / Follow untuk mendapatkan berita dan tulisan terbaru