Sunday, September 20, 2020
Home > Berita > Virus Corona: Kasus Global Melebihi 10 juta, Korban Tewas di AS 125.000.

Virus Corona: Kasus Global Melebihi 10 juta, Korban Tewas di AS 125.000.

Orang-orang yang diduga memiliki COVID-19 menunggu di depan Rumah Sakit untuk Penyakit Menular dan Tropis, Pusat Klinis Serbia, di Beograd, pada hari Jumat, untuk jalani pemeriksaan. (Foto Reuters/Al Jazeera)

Orang-orang yang diduga memiliki COVID-19 menunggu di depan Rumah Sakit untuk Penyakit Menular dan Tropis, Pusat Klinis Serbia, di Beograd, pada hari Jumat, untuk jalani pemeriksaan. (Foto Reuters/Al Jazeera)

mimbar-rakyat.com – Kasus global coronavirus melebihi 10 juta pada hari Minggu. Demikian menurut penghitungan Reuters. Itu menandai tonggak utama dalam penyebaran penyakit pernapasan yang sejauh ini telah menewaskan hampir setengah juta orang dalam tujuh bulan. Lebih dari lima juta diantaranya telah pulih.

Mengutip laporan Al Jazeera yang disusun wartawannya Ted Regencia,  Italia telah mencatat jumlah kematian harian terendah sejak 1 Maret, seminggu sebelum negara itu dikunci secara nasional.

Semenntara AS telah melaporkan sedikitnya 2,5 juta kasus virus corona baru, peningkatan lebih dari 44.000 kasus dari jumlah sebelumnya. Begitu menurut penghitungan Universitas Johns Hopkins. Korban tewas di sana sudah melebihi 125.000.

Berikut ini adalah pembaruan terbaru, Minggu, 28 Juni
:
06:20 GMT – Jumlah harian kasus virus corona baru di Republik Ceko melonjak menjadi 260, tertinggi sejak 8 April, data Departemen Kesehatan menunjukkan.

Itu hampir tiga kali lipat dari 93 yang direkam pada hari Kamis. Secara total, negara 10,7 juta telah mengkonfirmasi 11.298 kasus penyakit COVID-19, dengan 347 kematian pada akhir Sabtu.

06:00 GMT – Penjabat menteri kesehatan ibukota India mengatakan bahwa New Delhi menghadapi kekurangan pekerja perawatan kesehatan yang “terlatih dan berpengalaman” dalam sebuah wawancara dengan kantor berita Associated Press, yang memberikan tantangan besar di sebuah kota yang merupakan pusat wabah virus coronavirus negara itu.

Dengan lebih dari 77.000 kasus, New Delhi terpukul lebih keras daripada kota India lainnya. Infeksi telah diproyeksikan akan meningkat hingga setengah juta pada akhir Juli di Delhi, wilayah yang termasuk ibukota.

Ketika tingkat infeksi melambat, jumlahnya telah direvisi menjadi 400.000, dan Penjabat Menteri Kesehatan Manish Sisodia mengatakan dia berharap bahwa itu bisa lebih sedikit.

04:09 GMT – Negara bagian Victoria di Australia akan melaksanakan tes virus korona wajib untuk para pelancong yang kembali setelah lonjakan tajam dalam infeksi selama dua minggu terakhir, kata perdana menteri negara itu pada hari Minggu, kantor berita Reuters melaporkan.

Negara bagian terpadat kedua di negara itu memiliki 49 kasus baru pada hari Minggu, tertinggi dalam lebih dari dua bulan dan hari ke-12 kenaikan dua digit berturut-turut. Australia lainnya hampir tidak mengalami infeksi. Meskipun ada lonjakan di Victoria, 7.700 kasus dan 104 kematian di Australia tetap jauh di bawah banyak negara lain.

03:53 GMT – Pemerintah Inggris sedang mempertimbangkan untuk memberlakukan kuncian di kota Leicester setelah lonjakan kasus virus corona di sana, lapor Sunday Times.

Sekretaris Kesehatan Matt Hancock sedang memeriksa undang-undang yang diperlukan untuk penutupan setelah diungkapkan bahwa Leicester, sebuah kota dengan sekitar 350.000 orang di East Midlands, telah memiliki lebih dari 650 kasus COVID-19 baru dalam dua minggu hingga 16 Juni, surat kabar itu seperti dikutip kantor berita Reuters. Pada hari Minggu, Inggris memiliki hampir 312.000 kasus, dengan setidaknya 43.600 kematian.

02:57 GMT – Jumlah kasus koronavirus yang dikonfirmasi di Jerman meningkat 256 menjadi 193.499, kantor berita Reuters melaporkan pada hari Minggu, mengutip data dari Robert Koch Institute (RKI) untuk penyakit menular.

02:48 GMT – Kota Honolulu telah mengumumkan bahwa perkemahan akan dibuka kembali untuk pertama kalinya dalam tiga bulan dengan izin terbatas untuk memastikan jarak sosial di tengah pandemi coronavirus, kantor berita AP melaporkan.Kota Honolulu akan mengeluarkan izin untuk lebih dari 100 tempat perkemahan di Oahu.

Petugas Informasi Publik Departemen Taman dan Rekreasi Honolulu Nathan Serota mengatakan tempat perkemahan terbatas untuk memungkinkan jarak fisik. Aturan kamp reguler masih berlaku. Perkemahan Bellows Beach di timur laut Honolulu akan tetap ditutup hingga 4 September untuk bersarang penyu. Semua perkemahan lainnya telah dibuka kembali.

01:25 GMT – China Daratan pada hari Minggu melaporkan 17 kasus virus corona baru, sebagian besar di ibukota China, Beijing. Demikian menurut kantor berita Reuters mengutip angka pemerintah. Komisi Kesehatan Nasional mengatakan 17 infeksi baru dikonfirmasi pada hari Sabtu, turun dari 21 hari sebelumnya. Di Beijing, 14 kasus baru yang dikonfirmasi dilaporkan, turun dari 17 hari sebelumnya.

Sejak 11 Juni ketika Beijing melaporkan kasus pertamanya dalam wabah saat ini, 311 orang di kota berpenduduk lebih dari 20 juta itu telah tertular virus itu. China memiliki setidaknya 83.500 kasus yang dikonfirmasi. Korban tewas negara itu mencapai 4.634.

00:10 GMT – Pemerintah Brasil telah mengumumkan perjanjian dengan Universitas Oxford dan perusahaan farmasi AstraZeneca untuk memproduksi vaksin coronavirus yang menjanjikan yang sedang menjalani tes.

Otoritas Kementerian Kesehatan Brasil mengatakan dalam konferensi pers pada hari Sabtu bahwa negara itu akan membayar $ 127 juta dan menerima bahan untuk memproduksi 30,4 juta dosis dalam dua batch pada bulan Desember dan Januari, yang akan memungkinkannya untuk dengan cepat memulai upaya inokulasi jika vaksin tersebut disertifikasi untuk menjadi aman dan efektif.***sumber Al Jazeera dan kantor berita, Google.(edy)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Hallo kawan, silahkan klik tombol Like / Follow untuk mendapatkan berita dan tulisan terbaru