Tuesday, August 09, 2022
Home > Berita > Idul Adha di Arab Saudi 9 Juli, di Indonesia Pemerintah tetapkan 10 Juli dan Muhammadiyah 9 Juli

Idul Adha di Arab Saudi 9 Juli, di Indonesia Pemerintah tetapkan 10 Juli dan Muhammadiyah 9 Juli

Menyusul penampakan bulan sabit pada Rabu malam, telah diumumkan bahwa perayaan Idul Adha lima hari akan dimulai pada 9 Juli, di Arab Saudi. (Foto: File Reuters/Arab News)

Mimbar-Rakyat.com (Riyadh) – Menyusul penampakan hilal pada Rabu (29/6) malam di Arab Saudi, diumumkan bahwa perayaan Idul Adha selama lima hari di Saudi akan dimulai pada 9 Juli (Idul Adha). Ini menjadi hari ke-10 Zulhijah, bulan ke-12 Hijriah Islam. Sementara di Indonesia pemerintah mengumumkan Idul Adha jatuh pada tanggal 10 Juli dan Muhammadiyah 9 Juli.

Arab News melaporkan, perayaan Idul Adha memperingati pengabdian Nabi Ibrahim kepada Allah. Sebagai ujian komitmen Ibrahim untuk mematuhi perintah Tuhannya tanpa pertanyaan, Allah memerintahkan dia untuk mengorbankan putranya, Ismail. Ibrahim bersedia melakukan apa yang diminta darinya tetapi pada saat terakhir Allah menggantikan Ismail dengan seekor domba jantan. Oleh karena itu Idul Adha dikenal sebagai hari raya kurban.

Zulhijah, yang dimulai tahun ini pada tanggal 30 Juni, adalah bulan di mana haji berlangsung. Haji akan dimulai pada hari ke 7 Zulhijah (6 Juli), dan berakhir pada hari ke 11 (10 Juli). Hari Arafah jatuh pada tanggal 9 Zulhijah (8 Juli).

Tenda jemaah di Arafah, serta akomodasi di Mina dan Muzdalifah, telah diperiksa dan sepenuhnya siap menerima tamu Allah untuk haji, kata pihak berwenang.

Pada 4 Juni, Arab Saudi menyambut jemaah haji asing pertama yang tiba di negara itu untuk haji sejak dimulainya pandemi COVID-19 pada awal 2020.

Para peziarah, yang terbang ke Bandara Internasional Pangeran Mohammed bin Abdulaziz di Madinah dari Indonesia, dihadiahi bunga, kurma, dan air zamzam.

Sementara itu di Indonesia, pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah menetapkan 10 Zulhijjah 1443 Hijriah atau Hari Idul Adha bertepatan dengan hari Sabtu, 9 Juli 2022. Penentuan ini berdasarkan hasil hisab hakiki wujudul hilal yang dipedomani oleh Majelis Tarjih dan Tajdid.

Sedang Kementerian Agama (Kemenag) RI menetapkan 1 Zulhijah 1443 Hijriyah jatuh pada Jumat, 1 Juli 2022. Dengan demikian maka Hari Raya Iduladha 1443 H jatuh pada Minggu, 10 Juli 2022.

“Sidang isbat telah mengambil kesepakatan bahwa tanggal 1 Zulhijah tahun 1443 Hijriah ditetapkan jatuh pada Jumat tanggal 1 Juli 2022,” tutur Wakil Menteri Agama (Wamenag) Zainut Tauhid Sa’adi usai memimpin Sidang Isbat (Penetapan) Awal Zulhijah, di Jakarta, Rabu (29/6/2022).***(edy)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Hallo kawan, silahkan klik tombol Like / Follow untuk mendapatkan berita dan tulisan terbaru