Thursday, July 07, 2022
Home > Berita > Jemaah Haji Gelombang Kedua Diimbau Pakai Ihram Sejak di Embarkasi, Telah 9 Orang Meninggal

Jemaah Haji Gelombang Kedua Diimbau Pakai Ihram Sejak di Embarkasi, Telah 9 Orang Meninggal

Jemaah haji Indoesia saat tiba di Jeddah. (Foto: haji.kemenag.go.id)

Mimbar-Rakyat.com (Jeddah) – Jemaah haji Indonesia yang berangkat pada gelombang kedua diimbau untuk mengenakan pakaian ihram sejak dari embarkasi pemberangkatan di Tanah Air. Mereka seluruhnya mendarat di Bandara Internasional King Abdul Aziz, Jeddah, Arab Saudi dari dari Jeddah langsung diberangkatkan ke Makkah untuk melaksanakan umrah wajib.

Kepala Sie Bimbingan Ibadah dan Pengawasan KBIHU Daker Bandara, Wahyu Dewarini, mengatakan, tujuannya adalah untuk mempercepat proses karena waktu di Bandara Jeddah cukup terbatas. Sehingga, setibanya di Bandara Jeddah, jemaah tinggal melaksankaan salat Sunah umrah. Untuk niat dan miqat, bisa memilih antara dari Embarkasi, Yalamlam (di atas pesawat), atau saat tiba di Jeddah.

Menurutnya Rini, Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) telah mengirimkan surat ke pihak embarkasi dan Kantor Wilayah Kemenag Provinsi terkait pemakaian ihram sejak berada di embarkasi setempat.

“Kami sudah bersurat ke embarkasi dan Kanwil Kemenag seluruh Indonesia sejak 30 Mei 2022, untuk mengimbau dan mensosialisasikan agar semua jemaah mengenakan pakaian ihram sedari embarkasi,” kata Rini, Selasa (21/6), di Bandara Jeddah.

Selain itu, dia juga meminta semua jemaah tidak mengenakan atribut Kelompok Bimbingan Ibadah Haji (KBIH), melainkan atribut nasional, yakni pakaian batik.

Petugas Bimbingan Ibadah dan Pengawasan KBIHU Daker Bandara, Zulkarnain Nasution, menambahkan, dia melihat masih ada beberapa jemaah yang belum mengenakan kain ihram saat tiba di Bandara Jeddah. Di sinilah, katanya, fungsi Layanan Bimbingan Ibadah dan Pengawasan KBIHU untuk memberikan edukasi dan memandu para jemaah. Mereka mengecek ihram jemaah dan mengajak mereka untuk meluruskan niat.

9 Jemaah Meninggal

Juru Bicara Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH), Akhmad Fauzin menyampaikan bahwa total jemaah haji reguler yang telah diberangkatkan ke tanah suci ada sebanyak 53.830 orang. Sementara jemaah haji khusus yang telah tiba di Arab Saudi sampai hari ini sebanyak 1.745 orang.

“Hari ini, jemaah wafat bertambah 2 orang. Sehingga jumlahnya sebanyak 9 orang,” kata Akhmad Fauzin saat memberikan keterangan pers, di Asrama Haji Pondok Gede, Jakarta, Rabu (22/6).

“Keduanya adalah Suharno Muhammad Sudjin, Laki-laki, 63 tahun, Nomor Paspor C115 0241, asal kloter JKG 10 Embarkasi Jakarta Garuda, dan Rochma Erviana Prastyawati, perempuan, 57 tahun, Nomor Paspor X109 2752, Jemaah PT. Goenawan Erawisata,” tambahnya.

Jemaah haji sakit sebanyak 151 orang, 98 orang rawat jalan, 7 orang dirawat di Klinik Kesehatan Haji Indonesia (KKHI), dan 8 orang dirawat di RSAS.***(edy)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Hallo kawan, silahkan klik tombol Like / Follow untuk mendapatkan berita dan tulisan terbaru