Monday, July 04, 2022
Home > Berita > Presiden Jokowi dan Ibu Negara Shalat Ied di Halaman Istana Bogor, Istiqlal tidak gelar shalat Idul Fitri

Presiden Jokowi dan Ibu Negara Shalat Ied di Halaman Istana Bogor, Istiqlal tidak gelar shalat Idul Fitri

Presiden Joko Widodo melaksanakan salat Idulfitri 1442 H di halaman Gedung Induk Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, pada Kamis pagi, 13 Mei 2021. (Foto: BPMI Setpres)

Mimbar-Rakyat.com (Bogor) – Presiden Joko Widodo dan Ibu Negara Iriana Joko Widodo, melaksanakan shalat Idul Fitri (Ied) 1442 H di halaman Gedung Induk Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Kamis (13/5).

Tiba sekitar pukul 06.16 WIB, Presiden yang mengenakan baju putih lengan panjang dipadukan dengan sarung bermotif batik dan peci berwarna hitam langsung menempati saf depan. Sementara Ibu Iriana yang mengenakan mukena berwarna coklat muda menuju tempat yang telah disediakan.

Tepat pukul 06.36 WIB, salat Idulfitri dimulai. Adapun yang bertindak selaku imam salat Idulfitri adalah Serda Ridwan Payopo yang dalam kesehariannya bertugas sebagai anggota Tim Pampri Den 1 Grup A Pasukan Pengaman Presiden (Paspampres). Demikian dikutip dari website presidenri.go.id.

Dalam khotbahnya, Serda Payopo antara lain menyampaikan bahwa menjalankan amalan serta ibadah di rumah dan menerima keadaan dengan adanya wabah seperti saat ini merupakan salah satu ujian yang diberikan Allah Swt.

“Kita harus bersabar menerima kenyataan ini, karena pada dasarnya, apa yang kita lakukan tidak lain yakni dalam rangka menaati Allah, Rasulullah, para ulama, dan pihak berwenang yang pada intinya bertujuan untuk menyelamatkan umat manusia dari ancaman wabah suatu penyakit,” kata Serda Payopo.

Tampak mengikuti salat Idulfitri kali ini beberapa perangkat melekat antara lain Komandan Paspampres Mayjen TNI Agus Subiyanto, Kepala Biro Pers, Media, dan Informasi Sekretariat Presiden Erlin Suastini, Komandan Grup A Paspampres Kolonel Inf. Anan Nurakhman, Asisten Ajudan Presiden AKP Syarif Muhammad Fitriansyah, dan Pengawal Pribadi Presiden Lettu Inf. Windra Sanur.

Istiqlal tidak gelar shalat Idul Fitri

Imam Besar Istiqlal, Nasaruddin Umar, menyatakan Selasa (11/5) lalu,  mengingat kasus pandemi Covid-19 belum usai maka Masjid Istiqlal tidak melaksanakan shalat Idul Fitri 1442 hijriah.

 “Setelah kami menganalisis perkembangan di internal dan eksternal Istiqlal, maka kami memutuskan di dalam pertemuan rapat kami tadi. Istiqlal kita tutup untuk tidak menyelenggarakan Idul Fitri,” kata Nasaruddin dalam jumpa pers di pintu VVIP Al-Malik Masjid Istiqlal, Selasa (11/5).

Dikatakan, ada banyak pertimbangan,  antara lain mengingat perkembangan kasus Covid-19 yang belum menunjukkan tanda yang lebih baik.

Mudah-mudahan insyaallah, katanya,  Idul Adha nanti keadaan sudah lebih baik, maka Istiqlal akan buka untuk umum.*** (edy)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Hallo kawan, silahkan klik tombol Like / Follow untuk mendapatkan berita dan tulisan terbaru