Thursday, May 06, 2021
Home > Berita > Tebing Tinggi 2022 fokus pada penanganan Covid 19 dan pemulihan ekonomi

Tebing Tinggi 2022 fokus pada penanganan Covid 19 dan pemulihan ekonomi

Pembukaan Musrenbang Tebing Tinggi dibuka ditandai penekanan tombol secara bersama.

Mimbar-Rakyat.com (Tebing Tinggi) – Kota Tebing Tinggi pada 2022 fokus pada program strategis nasional penanganan Covid 19 dan pemulihan ekonomi, seperti mengemuka pada Musyawarah Perencanaan Pembangunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah  (Musrenbang RKPD) 2022.

Musrembang Kota Tebing Tinggi digelar dengan tema peningkatan perekonomian melalui infrastruktur pertanian, UMKM dan pelayanan dasar dalam rangka pemulihan ekonomi daerah mendukung Tebing Tinggi sebagai kota jasa dan perdagangan.

Acara  digelar di Balai Kartini Baru Kota TebingTinggi, Selasa (23/3) dihadiri Walikota TebingTinggi  H. Umar Zunaidi Hasibuan dan para petinggi lainnya.

“Musrenbang kali ini adalah Musrenbang tahun terakhir dari RPJM kota Tebing Tinggi 2017-2022. Di tiga tahun terakhir, dimulai tahun 2020 dan bahkan sampai tahun 2022, ada satu kejadian luar biasa, yang mana terjadi musibah bencana non alam yaitu Pandemi Covid-19,” kata Walikota.

“Canyak terjadi pergeseran biaya yang kita fokuskan untuk mencapai target, untuk menanggulangi Pandemi Covid-19. Kedua dengan adanya pandemi Covid-19, postur APBD kita mengalami perubahan signifikan. Kalau dulu APBD kita 84 persen dari pusat, 16 persen dari PAD kita, sekarang transfer pusat tinggal 80 persen bukan kerena kuat PAD kita tapi karena digunakan anggarannya untuk penanganan Covid-19,” tambah Walikota.

“Olah karena itu di 2022 harus menyiapkan dan mengantisipasi tentang tetap berlaku nya masalah pandemi Covid yang perlu kita amati kita cermati, yang perlu kita siapkan. Masalah kesehatan masyarakat dapat segera kita jaga,” ujar Walikota.

Walikota juga menjelaskan, Pemerintah Pusat sudah menyampaikan agar Pemerintah Daerah menyusun program kegiatan menjelang pemilu berikut dengan penganggarannya.

Ketua DPRD Basyaruddin Nasution dalam sambutannya menyampaikan apresiasi kepada Pemerintah Kota yang sudah melaksanakan rangkaian kegiatan Musrenbang dari tingkat bawah sampai terjadi Mursenbang tingkat kota dan seluruhnya melibatkan DPRD.

“Ada yang harus menjadi perhatian kita semua. Pertama pelayanan kesehatan masyarakat. Kedua, memperhatikan jaringan pengaman sosial. Ketiga, memperhatikan kesediaan pangan di masyarakat. Harus menjadi fokus perhatian kita masing – masing, khususnya kota Tebing Tinggi,” kata Ketua DPRD.

Ketua DPRD  berharap bahwa Musrenbang ini menjadi dasar untuk melaksanakan pembangunan 2022 nanti.

“Mungkin pada 2022 Pak Wali akan berakhir masa jabatan, tapi hati, perhatian dan pikiran beliau tidak akan berakhir untuk kota Tebing Tinggi, ia tetap memberi perhatian kepada kota yang kita cintai,” katanya.  (ar / arl)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Hallo kawan, silahkan klik tombol Like / Follow untuk mendapatkan berita dan tulisan terbaru