Sunday, September 27, 2020
Home > Berita > Di Taman Kota itu terdapat patung tokoh pendidikan RM Deblot Sundoro

Di Taman Kota itu terdapat patung tokoh pendidikan RM Deblot Sundoro

Keterangan foto - Patung tokoh pendidikan RM Deblot Sundoro terdapat di Taman Kota Tebing Tinggi, SUmatera Utara. (AL)

Mimbar Rakyat.com (TebingTinggi)) – Taman Kota yang terletak Jalan Pangeran Diponegoro kota Tebing Tinggi, bukan hanya tempat olah raga,bermain dan bersantai saja, tapi di situ juga terdapat patung Raden Mas Deblot Sundoro.

Patung yang dibangun di taman itu, Raden Mas Deblot, adalah tokoh pendidikan dan ketua Perguruan Sekolah Taman Siswa Kota TebingTinggi periode 1940-1945.

Patung itu dengan tujuan pembelajaran atau edukasi bagi pengunjung Taman Kota dan sebagai tanda penghormatan atas jasanya sebagai pahlawan pendidikan di Tebing Tinggi.

Deblot Sundoro merupakan ketua perguruan Taman Siswa TebingTinggi yang keempat dan juga penerima mandat dari pemerintah pusat untuk menjadi Ketua Komite Nasional untuk Wilayah TebingTinggi (Ibukota Keresidenan Deli Serdang).

Komite Nasional adalah cikal bakal dari DPRD saat ini, dan Deblot Sundoro ketika  itu mengendalikan Tebingtinggi bersama dengan R.M. Munar Sastrohamidjoyo yang saat itu menjadi bupati Keresidenan Deli Serdang.

Deblot Sundoro wafat tanggal 13 Desember 1945, bersama ribuan jiwa warga Kota Tebing Tinggi yang menjadi korban kekejian tentara Jepang.

“Taman dan patung RM Deblot Sundoro ini wajib dijaga serta dirawat bersama, karena ini sebagai edukasi dengan sifat yang mendidik, agar mengingatkan kita terhadap tokoh pendidikan di kota TebingTinggi ini,”  kata Tamsil Husni, anggota Komisi III (bidang Pendidikan) DPRD TebingTinggi, Minggu.

Tamsil menambahkan, sebagai warga Tebing Tinggi, ia merasa bangga kotanya memiliki taman yang bernilai sejarah, sehingga bila berkunjung ke taman itu ada saja yang bisa diceritakan kepada keluarga.

“Saya suka berkunjung ke taman itu bersama keluarga dan teman. Banyak pohon rindang sehingga terasa sejuk bila berkunjung,” katanya.

Selain menjadi taman edukasi sejarah, di seputaran taman kota ini juga banyak terdapat jualan jajanan makanan dan minuman yang bisa dicoba di sini, mulai dari siomay,sate, makanan ringan, minuman dingin, hingga burger.

Di Taman Kota Tebing Tinggi, pengunjung tidak  perlu khawatir dengan teriknya matahari, karena di sini juga dikelilingi pepohonan rimbun.

“Di sini sejuk karena banyak pepohonan,  dan setiap sore pasti ada saja orang yang berolah raga di taman ini, ” Kata Hendrik salah seorang pengelola parkir taman kota. (al/arl)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Hallo kawan, silahkan klik tombol Like / Follow untuk mendapatkan berita dan tulisan terbaru