Wednesday, February 24, 2021
Home > Cerita > Lidah Buaya Bisa Dipakai Mengobati Jerawat

Lidah Buaya Bisa Dipakai Mengobati Jerawat

Tanaman Lidah Buaya.

Mimbar-Rakyat.com (Jakarta) – Sebagai tanaman dengan segudang khasiat, lidah buaya cukup populer digunakan mengobati jerawat. Berbagai produk perawatan kulit yang mengandung lidah buaya diklaim ampuh mengatasi masalah jerawat.

Cara kerja lidah buaya mengatasi jerawat

Lidah buaya tanaman asli asal Afrika yang telah digunakan dalam pengobatan tradisional untuk masalah kulit, termasuk jerawat dan iritasi. Tanaman dengan daun berwarna hijau ini memiliki kadar gel yang ternyata cukup berkhasiat dalam menghilangkan jerawat.

Llidah buaya mengandung giberelin dan polikasarida yang membantu mengunci kelembapan di kulit. Polisakarida di lidah buaya merangsang fibroblas untuk menghasilkan serat kolagen dan elastin agar kulit lebih elastis.

Bahkan, polisakarida dan giberelin juga bertindak sebagai antibakteri untuk melawan bakteri penyebab jerawat. Keduanya membantu menghilangkan minyak berlebih, mengangkat sel kulit mati dan bakteri yang menyumbat pori-pori.

Selain itu, lidah buaya juga bersifat anti peradangan alami dan antioksidan yang membantu mengurangi kemerahan, radang, dan nyeri yang berkaitan dengan jerawat.

Maka dari itu, penggunaan gel lidah buaya dipercaya untuk membantu mengobati jenis jerawat ringan hingga sedang. Meski begitu, diperlukan penelitian lebih lanjut untuk mengenal manfaat lidah buaya beserta efek sampingnya sebagai obat jerawat.

Cara menghilangkan jerawat dengan lidah buaya
Dapakai masker wajah setiap hari, Masker lidah buaya segar adalah salah satu cara yang cukup sering dilakukan agar proses perawatan kulit berjerawat lebih cepat.

Cara membuatnya:

Ambil lidah buaya dan tekan untuk mengeluarkan gelnya.
Oleskan gel pada bagian kulit yang terinfeksi jerawat.
Ulangi proses ini dua kali sehari setidaknya selama seminggu.
Masker lidah buaya dengan lemon
Selain gel lidah buaya yang segar, Anda juga bisa memanfaatkan lemon untuk jerawat. Pasalnya, lemon mengandung senyawa asam yang dapat membunuh bakteri penyebab jerawat.

Ambil daun lidah buaya, potong daunnya, dan tekan hingga gel keluar.
Letakkan gel di dalam blender. Tambahkan satu buah perasan lemon atau jeruk nipis dan campurkan.
Simpan losion lidah buaya ini di dalam kulkas dan diamkan beberapa saat.
Oleskan losion pada wajah seperti masker setiap malam sebelum tidur. Diamkan semalaman dan bilas wajah pada pagi harinya. (ds/dari berbagai sumber)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Hallo kawan, silahkan klik tombol Like / Follow untuk mendapatkan berita dan tulisan terbaru