Tuesday, March 19, 2024
Home > Cerita > Kulit Manggis Bisa Buat Obat Mengatasi Jantungan dan Menghilangkan Jerawat

Kulit Manggis Bisa Buat Obat Mengatasi Jantungan dan Menghilangkan Jerawat

Kulit Manggis.

Mimbar-Rakyat.com (Jakarta) – Buah manggis menyimpan berbagai keistimewaan dalam tubuh. Di kulit bagian dalam buah manggis terkandung xanthone. Xanthone sendiri merupakan bahan aktif yang bersifat antioksidan yang sangat tinggi.

Pertanyaannya simpel, apa sih khasiat kulit manggis bagi kesehatan tubuh? Tenyata bisa mengobati penyakit jantung, menormalkan menstruasi hingga jerawat. Caranya: Kulit itu direbus air panas 10 menit, airnya dibuang, kulit manggis dibikin jus.

Banyak orang percaya kalau buah tropis dari Indonesia ini punya beragam manfaat bagi tubuh. Bahkan, ada yang memercayai kalau buah ini bisa mencegah pertumbuhan sel-sel kanker. Lantas, apa saja sih khasiat kulit manggis bagi tubuh?

1. Mencegah Penyakit Jantung
Khasiat kulit manggis juga diduga dapat mencegah penyakit jantung. Di dalam kulit manggis terkandung sejumlah mineral, seperti mangan, tembaga, kalium, dan magnesium. Kalium sendiri merupakan komponen penting dari sel dan cairan tubuh yang berperan dalam mengontrol detak jantung dan tekanan darah. Nah, kondisi inilah yang diduga bisa memberikan tubuh perlindungan dari stroke dan penyakit jantung koroner.

2. Bersifat Antiinflamasi dan Antialergi
Beberapa penelitian mengatakan kalau kulit manggis mengandung zat antialergi dan antiinflamasi. Kulit manggis diduga dapat memperbanyak zat prostaglandin, yang khasiatnya bisa menghambat kadar histamin dalam tubuh. Prostaglandin sendiri sebenarnya berperan dalam meredakan peradangan yang berkaitan dengan penyebab seseorang mudah terkena alergi.

3. Mengatasi Jerawat
Khasiat kulit manggis diduga juga dapat digunakan untuk mengatasi masalah pada kulit wajah. Zat antioksidan pada kulit manggis diduga bisa melenyapkan produksi relatif oksigen yang mengandung zat berbahaya. Nah, zat antioksidan inilah yang mampu memengaruhi pertumbuhan jerawat. Di samping itu, kulit manggis diduga juga mampu menekan produksi radikal bebas yang berkontribusi pada pembentukan jerawat.

4. Menurunkan Gula Darah
Berdasarkan studi dalam Journal of Agricultural and Food Chemistry menunjukkan, kandungan kulit manggis mampu menghambat enzim yang menyebabkan pati dalam tubuh terurai menjadi glukosa. Kandungan tersebut bernama alpha-amylase, yang disebut-sebut sama dengan zat yang terdapat dalam resep obat diabetes tipe 2.

Selain hal-hal di atas, ada pula manfaat lainnya dari kulit manggis. Nah, berikut ini beberapa kondisi yang konon bisa diatasi dengan kulit manggis: Disentri, Diare, Infeksi Saluran Kemih (ISK), Gonore, Seriawan, Jerawat, TBC, Eksim. (ds/dari berbagai sumber)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Hallo kawan, silahkan klik tombol Like / Follow untuk mendapatkan berita dan tulisan terbaru