Saturday, April 17, 2021
Home > Cerita > Jeruk Nipis Miliki Banyak Manfaat Buat Kesehatan

Jeruk Nipis Miliki Banyak Manfaat Buat Kesehatan

Jeruk Nipis.

Mimbar-Rakyat.com (Jakarta) – Jeruk Nipis sering dipakai membuat beberapa jenis makanan minuman. Bahkan banyak dimanfaatkan lain, misal penyedap masakan hingga obat batuk.

Memiliki rasa yang sangat asam, jeruk nipis mengandung banyak vitamin C dan asam sitrat, serta manfaat lainnya. Berikut ini manfaat jeruk nipis bagi kesehatan, seperti dilansir Healthline.

1. Sumber antioksidan yang baik

Radikal bebas yangg berlebih pada tubuh dapat memicu timbulnya penyakit penyakit kronis, seperti penyakit jantung, diabetes, dan berbagai jenis kanker. Kandungan antioksidan pada jeruk nipis sangat penting bagi tubuh manusia, sebab antioksidan dapat melawan radikal bebas yang ada di dalam tubuh.

2. Meningkatkan sistem pencernaan

Jika masalah pencernaan datang, jeruk nipis dapat menjadi solusi yang ampuh. Kandungan flavonoid dalam jeruk nipis juga dapat mendorong terjadinya sekresi cairan pencernaan. Sifat asam pada buah ini dapat membantu air liur memecah makanan agar pencernaan menjadi lebih baik, serta membersihkan sistem ekskretoris dan merangsang aktivitas usus.

3. Meningkatkan daya tahan tubuh

Kandungan vitamin C yang tinggi pada jeruk nipis dapat membantu meningkatkan produksi sel darah putih. Hal itu kemudian dapat menjaga tubuh dari serangan berbagai penyakit. Tak hanya itu, vitamin C juga dapat mengobati luka lebih cepat dengan mengurangi inflamasi dan menstimulur produksi kolagen.

4. Mencegah terbentuknya batu ginjal

Jeruk nipis dapat mengikat mineral penyebab batu ginjal. Sebab, buah ini memiliki kandungan citric acid yang tinggi sehingga bisa meningkatkan jumlah sitrat dalam tubuh. Hasil penelitian menunjukkan bahwa orang yang mengonsumsi lebih banyak jeruk nipis memiliki resiko batu ginjal lebih rendah.

5. Meningkatkan metabolisme tubuh

Jeruk nipis dapat membantu membakar lebih banyak kalori dan menyimpan lebih sedikit lemak. Oleh karena itu, buah ini disebut dapat meningkatkan metabolisme tubuh. Sempatkan untuk meminum air hangat yang telah dicampur dengan perasan jeruk nipis setiap hari. (ds/berbagai sumber)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Hallo kawan, silahkan klik tombol Like / Follow untuk mendapatkan berita dan tulisan terbaru