Wednesday, October 28, 2020
Home > Berita > Cara mudah membangun desa

Cara mudah membangun desa

Persatuan Perangkat Desa Indonesia (PPDI) Kuningan menggelar seminar motivasi Cara Mudah Membangun Desa di Aula Wisma Permata Kuningan. (dien)

Mimbar-Rakyat.com (Kuningan) – Dalam usaha mewujudkan desa yang maju dan “pinunjul” (unggul), Persatuan Perangkat Desa Indonesia (PPDI) Kuningan menggelar seminar motivasi Cara Mudah Membangun Desa di Aula Wisma Permata Kuningan.

Hadir sebagai motivator, anggota DPR RI  H. Yanuar Prihatin, yang juga pembentuk  Cahaya Sekolah Kehidupan (CSK), dibuka oleh Wakil Ketua DPRD Kuningan, H Ujang Kosasih.

Ketua PPDI Kuningan, Surhani, mengatakan, tujuan kegiatan tersebut  agar para perangkat desa  bergerak dan termotivasi untuk mengembangkan dan memajukan desanya masing-masing.

“Kebanyak potensi yang ada di masing-masing desa adalah wisata, sedangkan untuk pertanian 25 persen,” jelasnya.

Surhani mengungkapkan ,mayoritas kendala yang dimiliki desa adalah anggaran untuk pembangunan desa itu kecil. “Kebanyakan kendalanya adalah dari anggaran desa yang kecil, apalagi bupati Kuningan menginginkan desa wisata dan  pinunjul,” ujar Surhani.

Surhani berharap usai seminar motivasi membangun desa, para pengurus dan  perangkat desa bisa membangun desa sesuai kultur desanya masing – masing.

Yakinkan diri

Sementara itu Wakil Ketua DPRD Kuningan, H. Ujang Kosasih menjelaskan, untuk memcapai cita-cita itu sebenarnya tidak sulit, sebab hal itu tergantung dari usaha kita untuk meyakinkan diri kita sendiri.

“Maka untuk sukses yang pertama itu keyakinan diri, bagaimana kita bisa sukses di saat kita tidak yakin di bawah alam sadar kita itu tidak sukses. Dan itu nanti disampaikan oleh nara sumber kita, pak Yanuar Prihatin,” katanya.

H Ujang Kosasih pun meyakini cara untuk mengatasi persoalan itu bersumber dari titik yang sama.  “Semoga hari ini apa yang nanti akan disampaikan oleh motibatot kita akan menjadi sebuah inspirasi,” sambung Ujang.

Seminar motivasi membangung desa sendiri diikuti oleh 85 orang, yang terdiri atas kepala desa dan perangkat desa di Kabupaten Kuningan.

Sebelum penyampaian materi dimulai motivator, H Yanuar Prihatin mengajukan tiga kesepakatan dengan peserta, yaitu tanam niat, gembira dan fokus saat mengikuti seminar.

“Iya kita harus tanam niat terlebih dahulu, karena semuanya semata-mata hanya karena ridha Allah SWT dan kekuasaanNya. Selanjutnya harus dengan hati yang gembira dan fokus,” jelasnya.

Sebab, sambung H Yanuar, hal itu amat penting saat kita ingin maju dan sukses.

“Saya punya prinsip hidup, yang tercantum dalan surat Ar-rad ayat 11, Sesungguhnya Allah SWT tidak akan mengubah keadaan satu kaum, sebelum mereka mengubah keadaan yang ada pada diri mereka sendiri, dan itulah prinsip kehidupan,”ungkap H Yanuar  Prihatin.

Maka dari itu Yanuar mengajak peserta untuk temukan, rumuskan dan tetapkan impian, karena menurutnya desa sukses merupakan gabungan dari impian dan mengenal kekuatan diri.

Saat seminar berlangsung para peserta terlihat begitu antusias mengikuti acara tersebut, terlihat dari banyaknya respon saat pemateri mengajukan beberapa pertanyaan tentang niat dan impian mereka untuk mewujudkan desa yang maju.  (dien/arl)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Hallo kawan, silahkan klik tombol Like / Follow untuk mendapatkan berita dan tulisan terbaru