Sunday, September 27, 2020
Home > Berita > Sambut tahun baru Islam meriah di Kuningan

Sambut tahun baru Islam meriah di Kuningan

Suasana pawai obor sambut tahun baru Islam 1442 H, Rabu malam, di Kuningan. (dien)

Mimbar-Rakyat.com (Kuningan) – Pandemi Covid-19 rupanya tidak terlalu mempengaruhi masyarakat Kabupaten Kuningan, sehingga mereka berbondong-bondong mengikuti pawai memperingati tahun baru islam, 1442 Hijriyah, Rabu.

Terpantau di beberapa desa mengadakan arak-arakan, di antaranya, pawai obor yang digelar oleh Desa Kutaraja, Kecamatan Maleber, selanjutnya pawai lampion di Desa Ancaran, Kecamatan Kuningan.

Warga Desa Ancaran, Ismi mengatakan kegiatan tahunan tersebut sudah menjadi tradisi dan budaya saat peringatan hari besar umat Islam.

Ismi mengungkapkan pawai obor tersebut diikuti kalangan anak – anak dan remaja. “Tidak lupa juga, orang dewasa pun ikut dalam kegiatan tadi. Ya, sekaligus untuk mengawal kegiatan ini,” katanya.

Di samping itu, kata dia, perayaan seperti ini sebagai media atau dakwah Islam. “Selain itu juga, ini sebagai silaturahmi antarwarga sekitar,” katanya.

Di terpisah, di Desa Ancaran, Kecamatan Kuningan, Hendra mengatakan, kegiatan serupa ini sebagai pengahayatan dalam mengamalkan keyakinan bergama. “Muslim lingkungan kami memang sering lakukan budaya seperti ini,” katanya.

Selain itu, amaliyah dalam peningatan kualitas ibadah ghaira mahdoh pun di lakukan. “Ziarah kubur dan melakukan do’a kebersamaan untuk menghindari bala bencana,” katanya. (dien/arl)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Hallo kawan, silahkan klik tombol Like / Follow untuk mendapatkan berita dan tulisan terbaru