Thursday, May 19, 2022
Home > Featured > Manfaat Mengejutkan Buah Duku untuk Kesehatan: Mencegah Sembelit dan Menjaga Sistem Syaraf

Manfaat Mengejutkan Buah Duku untuk Kesehatan: Mencegah Sembelit dan Menjaga Sistem Syaraf

Buah Duku.

Mimbar-Rakyat.com (Jakarta) – Meski buah ini cukup populer, tidak semua orang tahu manfaatnya. Rasanya yang beragam mulai dari manis hingga asam membuat duku menjadi buah yang banyak diincar. Apa saja sih manfaat buah duku? Yuk, simak ulasannya!

Buah duku atau Lansium parasiticum adalah jenis buah yang masih satu keluarga dengan buah langsat. Perbedaannya, buah duku memiliki daging yang lebih tebal, rasa yang lebih manis, dan lebih tahan lama.

Menurut Data Pangan Kemenkes RI, buah duku mengandung berbagai macam nutrisi yang memberikan manfaat bagi tubuh. Nutrisi yang terkandung dalam 100 gram buah duku sangat banyak. Berikut manfaatnya.

1. Mencegah sembelit

Salah satu masalah pencernaan yang sering terjadi adalah sembelit. Kondisi ini biasanya terjadi akibat asupan serat tidak tercukupi dengan baik.

Nah, salah satu cara untuk mencegah sembelit adalah dengan mengonsumsi buah duku. Pasalnya, dalam 100 gram buah duku mengandung 4,3 gram serat yang baik untuk sistem pencernaan Anda.

2. Menambah energi dan menjaga sistem syaraf

Manfaat buah duku selanjutnya adalah untuk membantu proses pengolahan karbohidrat menjadi energi dan menjaga keselarasan fungsi sistem saraf.

Hal ini karena buah duku mengandung beragam jenis vitamin B, seperti thiamin, riboflavin, dan niasin.

3. Membantu meningkatkan kekebalan tubuh dan mencerna lemak

Selain vitamin B, buah duku juga mengandung vitamin C. Manfaat vitamin C yang terkandung dalam buah ini dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan membantu mencerna lemak tubuh.

Jika Anda sedang menjalani diet, buah ini bisa jadi pengganti camilan makanan manis. Apalagi, serat yang terkandung di dalamnya juga dapat membuat Anda kenyang lebih lama.

4. Sebagai obat anti malaria

Selain dagingnya, ternyata biji buah duku juga bermanfaat untuk kesehatan, yakni sebagai obat anti malaria.

Penelitian terhadap biji duku sebagai obat malaria telah dilakukan oleh beberapa ahli dari Thailand dan Inggris yang diterbitkan dalam jurnal Phytochemistry.

Dari penelitian tersebut ditemukan hasil bahwa ekstrak biji duku dapat dimanfaatkan untuk mengobati penyakit malaria falciparum.

Penyakit malaria yang satu ini merupakan jenis yang paling berbahaya. Meski demikian, Anda tetap perlu berkonsultasi kepada dokter untuk penanganan yang tepat.

5. Mencegah tumor pada kulit

Bukan hanya itu, daun dari buah duku juga dapat bermanfaat untuk mencegah perkembangbiakan tumor pada kulit.

Hal ini berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan oleh Mugio Nishikawa di laboratorium Tokushima Bunri University, Jepang.

6. Mencegah kanker

Selain mencegah pertumbuhan tumor, daun buah duku juga dapat mencegah perkembangbiakan sel kanker pada tubuh.

Hal ini berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh para ahli farmasi dari Kyoto Pharmaceutical University, Jepang yang menyebutkan bahwa daun buah duku memiliki kandungan anti mutagenik.

7. Sebagai antioksidan

Kandungan daun buah duku lainnya adalah sebagai antioksidan. Antioksidan adalah zat yang diperlukan oleh tubuh untuk menangkal zat-zat berbahaya dari lingkungan.

Hal ini berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh Monash University Malaysia yang menyebutkan bahwa buah-buahan tropis seperti langsat memiliki kandungan antioksidan yang tinggi.

8. Sebagai antibakteri

Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh para ahli farmakologi dari berbagai universitas ternama di Indonesia, berbagai kandungan dalam buah duku ternyata punya manfaat menakjubkan.

Mereka mendapatkan hasil bahwa selain sebagai antioksidan, kandungan metanol, heksana, dan daun buah duku juga dapat bermanfaat sebagai antibakteri.

9. Mencegah infeksi saluran kencing

Manfaat buah duku selanjutnya adalah mencegah infeksi beberapa jenis jamur, termasuk Candida albican yang merupakan penyebab penyakit infeksi saluran kencing.

Hal ini karena kandungan asam lansionat yang dihasilkan oleh kulit dan biji buah duku yang dikeringkan.

10. Merawat kulit

Selain mencegah berbagai penyakit, buah duku juga dapat digunakan untuk merawat kulit. Beberapa perusahaan bahkan membuat produk skin care dari buah duku.

Penelitian yang dilakukan oleh Martha Tilaar dan S. M. Wasitaatmadja menunjukkan bahwa buah duku dapat melembabkan dan mencerahkan kulit. (ds/dari berbagai sumber)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Hallo kawan, silahkan klik tombol Like / Follow untuk mendapatkan berita dan tulisan terbaru