Wednesday, September 30, 2020
Home > Berita > Virus Corona Empat Kali Lebih Banyak Menulari Orang Berusia di Bawah 40 Tahun, Telah 804.400 Meninggal

Virus Corona Empat Kali Lebih Banyak Menulari Orang Berusia di Bawah 40 Tahun, Telah 804.400 Meninggal

Kasus yang dikonfirmasi, di Italia meningkat dari 947 pada hari Jumat menjadi 1.071 pada hari Sabtu, dengan banyak infeksi dikonfirmasi pada pelancong yang dites saat mereka turun dari pesawat atau feri. Foto Claudio Furlan-LaPresse via AP/Al Jazeera)


Mimbar-Rakyat.com – Kasus virus baru harian di Korea Selatan (Korsel) melonjak menjadi 397 pada hari Minggu – tertinggi sejak 7 Maret karena infeksi dilaporkan di semua kota besar dan provinsi di seluruh negeri.  Demiikian menurut kantor berita Yonhap berdasarkan keterangan kementerian kesehatan.

Virus corona baru beredar empat kali lebih banyak di antara orang di bawah 40 tahun di Prancis daripada di antara orang berusia di atas 65 tahun, kata Menteri Kesehatan Prancis Olivier Veran ketika negara itu melaporkan tambahan 3.602 kasus COVID-19 baru.

Mengutip Al Jazeera, disebutkan India menghasilkan jumlah kasus baru harian tertinggi di dunia selama 18 hari terakhir, dengan lebih dari 50.000 kasus baru setiap hari.  Sedang korban tewas di Meksiko telah melampaui 60.000 – tertinggi ketiga di dunia bahkan ketika tanda-tanda harapan muncul, dengan pemerintah mengatakan bahwa wabah COVID-19 sedang dalam “penurunan berkelanjutan”.

Lebih dari 23,1 juta orang telah didiagnosis terinfeksi COVID-19 di seluruh dunia, dan lebih dari 14,91 juta pulih. Setidaknya 804.400 orang meninggal. Begitu menurut data dari Universitas Johns Hopkins.

Perkembangan terbaru pada hari Minggu (23/8), sbb:
Penghitungan virus corona India melampaui angka 3 juta kasus. Itu menuru pihak kementerian kesehatan negara tersebut. Negara itu melewati angka itu hanya 16 hari setelah jumlah kasus melebihi 2 juta.

Pembaruan yang dirilis kementerian kesehatan menunjukkan jumlah kematian mencapai 56.706. Dalam 24 jam terakhir, negara itu mencatat hampir 70.000 kasus baru. Angka kementerian menunjukkan negara bagian barat Maharashtra melaporkan jumlah kasus tertinggi di negara itu.

Institut Robert Koch Jerman, yang memantau penyebaran penyakit menular di negara itu, telah melaporkan pada Minggu setidaknya 782 kasus baru COVID-19, sehingga total negara itu menjadi setidaknya 232.864. Jerman juga melaporkan dua kematian lagi, sehingga total kematian menjadi 9.269. Sedikitnya 207.600 pasien telah pulih, yang setara dengan tingkat kesembuhan 89 persen.

Negara bagian Victoria Australia melaporkan 208 kasus baru dan 17 kematian baru pada hari Minggu. Australia sekarang memiliki total lebih dari 24.800 dan 502 kematian, termasuk 415 di Victoria. Tetapi pejabat kesehatan tertinggi Victoria, Peter Sutton, membuat jaminan bahwa secara keseluruhan situasinya tetap positif, dan jika tren berlanjut, dia memperkirakan angka harian di bawah 150 minggu depan.

Wisatawan yang kembali ke daratan Italia dari Sardinia membantu mendorong beban kasus virus corona baru harian Italia jauh melampaui 1.000, mencapai tertinggi untuk pertama kalinya sejak awal Mei. Kasus yang dikonfirmasi meningkat dari 947 pada hari Jumat menjadi 1.071 pada hari Sabtu, dengan banyak infeksi dikonfirmasi pada para pelancong yang dites saat mereka turun dari pesawat atau feri.

Pihak berwenang di Lazio, wilayah selatan-tengah termasuk Roma, mengatakan 45 persen dari 215 kasus baru pada Sabtu berasal dari orang-orang yang kembali dari Sardinia, di mana beberapa cluster telah dikaitkan dengan diskotik atau pesta pribadi di kawasan resor Pantai Emerald yang mewah.

Sementara usia rata-rata infeksi di awal wabah mendekati 70 tahun, sekarang 30 tahun. Italia memiliki lebih dari 258.000 kasus yang dikonfirmasi. Dengan tiga kematian lagi, total yang diketahui telah mencapai 35.400.

Komisi Kesehatan Nasional China melaporkan pada hari Minggu setidaknya 12 kasus virus corona baru yang dikonfirmasi, menjadikan lebih dari 89.600 jumlah total infeksi. Badan itu juga mengatakan bahwa jumlah kematian sejak wabah dimulai di kota Wuhan mencapai 4.634 tanpa kematian baru. Menurut pemerintah, 422 pasien masih dirawat di rumah sakit dengan 16 di antaranya dalam kondisi kritis.

Kasus virus baru harian Korea Selatan melonjak menjadi 397 pada hari Minggu – tertinggi sejak 7 Maret karena infeksi dilaporkan di semua kota besar dan provinsi di seluruh negeri. Demikian menurut kantor berita Yonhap mengutip kementerian kesehatan.

Dari kasus baru, 387 adalah infeksi lokal, 297 di antaranya di Seoul dan sekitarnya, menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Korea (KCDC). Beban kasus total negara itu telah meningkat menjadi 17.399.

Otoritas kesehatan mengatakan banyak kasus baru dilacak ke sebuah gereja di Seoul utara dan unjuk rasa akhir pekan besar-besaran juga di ibu kota. Negara itu, bagaimanapun, melaporkan tidak ada kematian baru, menjaga kematiannya pada 309.

Jumlah kematian akibat virus  corona Meksiko telah melampaui 60.000 setelah kementerian kesehatan negara itu melaporkan 644 kematian tambahan. Pemerintah juga mengatakan ada 6.482 infeksi virus corona baru yang dikonfirmasi hingga akhir Sabtu, sehingga jumlah kasus menjadi 556.216 kasus.

Virus corona baru beredar empat kali lebih banyak di antara orang di bawah 40 tahun di Prancis daripada di antara orang berusia di atas 65 tahun. Kantor Berita Reuters mengutip pernyataan menteri kesehatan Prancis.

“Kami berada dalam situasi yang berisiko,” kata Olivier Veran dalam wawancara dengan Journal Du Dimanche (JDD) Prancis yang diterbitkan pada hari Minggu, menambahkan bahwa jumlah kasus yang lebih tinggi yang terdeteksi tidak hanya karena lebih banyak pengujian.

Seperti Presiden Emmanuel Macron, Veran mengesampingkan perlunya penguncian total lagi untuk memerangi penyebaran penyakit. Namun dia mengatakan tindakan lokal dapat diambil karena kasus berkembang di Prancis dan di tempat lain.

Prancis melaporkan lonjakan 3.602 infeksi COVID-19 baru selama 24 jam terakhir pada hari Sabtu, kenaikan yang lebih kecil dari hari sebelumnya. Namun di awal pekan ini, jumlah kasus harian mencapai titik tertinggi pasca-penguncian.

Brasil telah melaporkan 50.032 kasus baru virus korona baru dan 892 kematian akibat penyakit yang disebabkan oleh virus tersebut dalam 24 jam terakhir, lapor  Kantor Berita Reuters mengutip kementerian kesehatan.

Brasil telah mendaftarkan 3.582.362 kasus virus sejak pandemi dimulai, sementara jumlah kematian resmi dari COVID-19 telah meningkat menjadi 114.250. Hal itu menurut data kementerian dari wabah virus corona terburuk di dunia di luar Amerika Serikat.***Sumber: Al Jazeera dan kantor berita, Google.(edy)


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Hallo kawan, silahkan klik tombol Like / Follow untuk mendapatkan berita dan tulisan terbaru