Wednesday, January 20, 2021
Home > Berita > Tina Wiryawati : Generasi milenial harus tahu empat pilar bangsa

Tina Wiryawati : Generasi milenial harus tahu empat pilar bangsa

Penjelasan tentang empatpilar bangsa di Aula Balai Desa Partawangunan, Kalimanggis Kuningan. (dien)

Mimbar-Rakyat.com (Kuningan) – Generasi muda saat ini perlu mengenal empat pilar kebangsaan, yang merupakan empat hal tentang landasan kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.

Anggota DPRD Provinsi Jawa Barat Fraksi Gerindra, Hj Tina Wiryawati mengatakan hal itu, Selasa.

“Generasi muda perlu mengenal empat pilar kebangsaan itu,  yaitu ideologi (Pancasila), konstitusi (UUD 1945), persatuan dan kesatuan (NKRI) , serta semangat keberagaman sebagai modal sosial membangun kekuatan bangsa Indonesia (Bhinneka Tunggal Ika),” jelas Tina ketika memberi pemahaman itu kepada generasi milenial di Aula Balai Desa Partawangunan, Kalimanggis, Kuningan.

Maka dari itu Ia pun memberikan pemahaman langsung kepada generasi milenial Kabupaten Kuningan, Selasa (1/12/2020) di Aula Balai Desa Partawangunan, Kalimanggis Kuningan.

“Agar  kaum milenial (remaja dan pemuda) yang rentan dalam berbangsa dan bernegara,tidak terkena arus pengaruh negatif saat ini, maka pemahaman tentang empat pilar bangsa itu perlu diberikan,” kata Tina.

Anggota DPRD Provinsi Jawa Barat Fraksi Gerindra, Hj Tina Wiryawati. (dien)

Kegiatan empat pilar,kata Tina,merupakan kegiatan rutin yang harus dijalankan oleh anggota Legislatif dari DPRD Jabar. Sasarannya yakni para generasi muda, dengan harapan mereka dapat memahami dan betapa pentingnya empat pilar dalam hidup berbangsa dan bernegara.

“Jadi sangat penting sekali untuk generasi muda memahami empat pilar dalam kehidupan sehari-hari tentunya. Alhamdulillah, dengan metode diskusi jadi nuansanya begitu hidup. Saya pun memberikan kesempatan bagi anak-anak milenial untuk menyampaikan pemahamannya mengenai Pancasila, UUD 1945, Bhineka Tunggal Ika, dan NKRI,” terangnya.

Banyak yang faham

Ketika ditanya, sejauh mana pemahaman peserta terhadap empat pilar. Tina mengatakan, pemahaman mereka mengenai empat pilar ini sih masih on the track. Meskipun tidak merata, akan tetapi dari sampel saja mereka sudah banyak yang memahami.

“Saya berharap, agar mereka menjalankan dan menerapkan secara real di kehidupannya sehari-hari. Meskipun belum merata kan kalau kita tidak pancing, mereka belum berani secara serentak untuk mengungkapkan aspirasi atau pendapatnya,” ujarnya.

Sementara, Kepala Desa Partawangunan Kecamatan Kalimanggis, Nana Rukmana mengapresiasi atas kegiatan empat pilar yang dilakukan oleh Anggota DPRD provinsi. Tentunya hal ini sangat membantu untuk pengetahuan dan pengalaman   anak-anak dilingkungan pemerintah desa.

“Kami ucapkan terimakasih, dan anak-anak pun sangat senang bisa meningkatkan pemahamannya mengenai empat pilar kebangsaan. Semoga dapat dijalankan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara,” ujarnya.

Hal senada diungkapkan oleh Camat Kalimanggis, Yono Rahmansyah. Bahwa empat pilar tidak hanya di dapat di bangku sekolah, maupun perkuliahan. Tetapi dengan kegiatan sosialisasilah dapat memberikan pemahaman kepada khususnya kaum milenial.

“Perkembangan teknologi saat ini sangat pesat sekali. Tapi pemahaman empat pilar perlu untuk dipelajari, sehingga pondasi-pondasi berbangsa dan bernegara tetap kokoh,” katanya.  (dien / arl)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Hallo kawan, silahkan klik tombol Like / Follow untuk mendapatkan berita dan tulisan terbaru