Thursday, August 05, 2021
Home > Cerita > Timun Bisa Melancarkan Pecernaan dan Mengontrol Kadar Gula Darah

Timun Bisa Melancarkan Pecernaan dan Mengontrol Kadar Gula Darah

Timun atau mentimun.

Mimbar-Rakyat.com (Jakarta) – Timun atau mentimun lazim dijadikan sebagai bahan lalapan makan. Rupanya, ada banyak manfaat timun untuk kesehatan, seperti bisa melancarkan pecernaan dan mengontrol kadar gula darah..

Timun kerap disebut sebagai sayuran. Namun karena memiliki biji, timun yang memiliki nama latin Cucumis sativu digolongkan sebagai buah.

Timun buah yang rendah kalori dan mengandung banyak air dan serat larut. Itu sebabnya, manfaat timun untuk wajah juga sangat tinggi bila digunakan sebagai masker.

Berikut ini manfaat timun untuk kesehatan tubuh seperti dilansir Healtline:

1. Kaya nutrisi

Manfaat buah timun pertama adalah buah ini kaya nutrisi. Timun adalah buah yang rendah kalori tetapi mengandung banyak vitamin dan mineral penting.

Dalam setiap 300 gram timun yang belum dikupas mengandung karbohidrat 11 gram, protein 2 gram, serta serat 2 gram. Nutrisi lainnya yakni vitamin C, vitamin K, magnesium, mangan, dan kalium.

Disarankan, untuk memaksimalkan kandungan gizi dari manfaat mentimun, buah ini harus dimakan tanpa dikupas. Mengupasnya mengurangi jumlah serat, serta vitamin dan mineral tertentu.

2. Kaya antioksidan

Antioksidan adalah senyawa yang bisa menangkal radikal bebas penyebab berbagai macam penyakit. Manfaat timun adalah sebagai sumber antioksidan.

Dengan mengonsumsi mentimun, maka tubuh bisa berpeluang lebih kecil terkena penyakit kronis seperti jantung, paru, dan kanker.

3. Mencegah dehidrasi

Air sangat penting bagi tubuh. Dehidrasi dapat memengaruhi segalanya mulai dari kinerja fisik hingga metabolisme.

Cairan tubuh sendiri tak hanya berasal dari air yang diminum, namun sekitar 40% juga berasal dari cairan makanan. Buah dan sayuran, khususnya, bisa menjadi sumber air yang baik untuk makanan.

Karena mentimun terdiri dari sekitar 96% air, manfaat timun sangat efektif dalam meningkatkan hidrasi dan dapat membantu tubuh memenuhi kebutuhan cairan harian.

4. Menurunkan berat badan

Manfaat mentimun berpotensi membantu menurunkan berat badan dengan beberapa cara berbeda. Sebab, mentimun adalah buah rendah kalori.

Dalam setiap 300 gram mentimun mengandung 45 kalori. Ini berarti, memakan banyak mentimun membuat kalori lebih terjaga tanpa mengurangi energi yang dibutuhkan tubuh dengan tetap merasa kenyang.

Selain itu manfaat buah timun, kandungan air mentimun yang tinggi juga dapat membantu menurunkan berat badan.

Dalam sebuah penelitian soal manfaat timun, menemukan bahwa makan makanan dengan kandungan air tinggi dan rendah kalori dikaitkan dengan penurunan berat badan yang signifikan.

5. Menurunkan gula darah

Beberapa penelitian pada hewan menemukan bahwa manfaat mentimun dapat membantu mengurangi kadar gula darah dan mencegah beberapa komplikasi diabetes.

Mentimun terbukti efektif mengurangi dan mengontrol kadar gula darah.

6. Memperbaiki pencernaan

Manfaat buah timun berikutnya adalah terkait saluran pencernaan. Makan mentimun dapat membantu mendukung pergerakan usus secara teratur. Dehidrasi adalah faktor risiko utama sembelit, karena dapat mengubah keseimbangan air dan membuat buang air besar menjadi sulit.

Manfaat timun yang mengandung banyak air dapat membantu pencernaan usus lebih teratur dan menghindarkan dari risiko sembelit.

Selain itu, manfaat mentimum bagi pencernaan adalah adanya kandungan pektin, jenis serat larut yang ditemukan pada mentimun yang dapat membantu meningkatkan frekuensi buang air besar.

7. Jadi menu diet

Manfaat timun juga sangat berguna untuk diet. Buah ini memiliki rasa yang renyah dan mengenyangkan. Rasanya juga segar serta netral sehingga bisa dicampur dengan berbagai jenis buah dan sayuran lain.

Mentimun juga sering dimakan mentah sebagai camilan rendah kalori atau bisa dipasangkan dengan minyak zaitun, garam atau salad untuk menambah rasa. Hanya dengan sedikit kreativitas, timun bisa dinikmati dengan berbagai cara. (ds/dari berbagai sumber)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Hallo kawan, silahkan klik tombol Like / Follow untuk mendapatkan berita dan tulisan terbaru