Saturday, November 27, 2021
Home > Cerita > Banyak Manfaat Jambu Biji Merah: Meningkatkan Imunitas, Mencegah Kanker, Kolestrol dan Darah Tinggi

Banyak Manfaat Jambu Biji Merah: Meningkatkan Imunitas, Mencegah Kanker, Kolestrol dan Darah Tinggi

Jambu Biji Merah.

MIMBAR-Rakyat.com (Jakarta) – Indonesia mempunyai letak dan iklim yang cukup strategis karena cocok ditumbuhi tanaman buah kaya manfaat seperti jambu biji. Tanaman buah yang satu ini memang bukan berasal dari Indonesia, melainkan dari daerah Amerika Tengah.

Kini sudah menyebar ke daerah Asia, termasuk Indonesia. Tanaman buah berbiji ini sudah menyebar luas di berbagai daerah di Indonesia, khususnya di daerah Jawa.

Di Indonesia sendiri, buah jambu biji yang banyak ditemui adalah Jambu Biji Merah. Walaupun ada juga jambu biji putih yang mulai dibudidayakan masyarakat Indonesia.

Biasanya buah yang satu ini bisa dikonsumsi secara langsung atau dijadikan berbagai sajian minuman maupun makanan. Mulai dari minuman jus, smoothies, hingga salad buah.

Rasanya yang manis dan sedikit asam memang sangat menyegarkan untuk dijadikan minuman maupun dikonsumsi secara langsung. Bukan hanya itu, dikatakan bahwa kandungan vitamin C dalam jambu biji ternyata lebih tinggi dibandingkan buah lain seperti jeruk.

Sehingga tidak heran jika sumber vitamin C dalam jambu biji sangat baik dikonsumsi untuk meningkatkan imunitas tubuh. Selain mengandung vitamin C yang baik untuk meningkatkan imunitas atau kekebalan tubuh, jambu biji juga mempunyai berbagai kandungan lain yang tidak kalah bermanfaat untuk kesehatan tubuh.

Mencegah Kanker

Manfaat jambu biji merah selanjutnya adalah dapat mencegah penyakit kanker. Khasiat ini tidak lain didapatkan dari kandungan antioksidan jenis flavonoid dan fitonutrien yang banyak terdapat di dalamnya. Kandungan ini dinilai sangat efektif untuk mencegah terserangnya penyakit kanker.

Tidak hanya itu, tingginya kandungan vitamin C dalam jambu biji juga sangat bermanfaat untuk menetralkan senyawa radikal bebas yang mampu menyebabkan penyakit kanker jika banyak tertumpuk di dalam tubuh.

Untuk mendapatkan manfaat ini, Anda bisa mengonsumsi buah juga daunnya yang sama-sama mengandung zat antioksidan tinggi.

Menurunkan Tekanan Darah dan Kolesterol

Selain kaya dengan kandungan vitamin C, jambu biji merah juga banyak mengandung kalium yang sangat berguna untuk menjaga tekanan darah. Kalium bekerja melindungi tubuh dari berbagai pengaruh eksternal yang dapat mengganggu bahkan merusak tekanan darah dalam tubuh.

Manfaat jambu biji yang satu ini memang sangat cocok dikonsumsi bagi Anda yang mempunyai masalah darah tinggi.

Bukan hanya itu, ternyata dari hasil penelitian yang ada menunjukkan bahwa mengonsumsi jambu biji merah juga dapat menurunkan kolesterol jahat dalam tubuh. Hal ini tidak lain didapatkan dari kandungan vitamin C dan serat yang tinggi dalam jambu biji.

Melancarkan Saluran Pencernaan

Banyaknya serat yang terkandung dalam jambu biji merah pun tidak hanya bermanfaat untuk menurunkan kolesterol jahat dalam tubuh, melainkan juga dapat melancarkan sistem saluran pencernaan.

Serat yang terkandung dalam jambu biji ini dapat mencegah terjadinya sembelit dan memastikan bakteri baik dalam saluran pencernaan dapat bekerja secara optimal. Dengan begitu, manfaat jambu biji yang satu ini sangat cocok Anda konsumsi jika sedang mengalami masalah susah buang air besar. (ds/dari berbagai sumber)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Hallo kawan, silahkan klik tombol Like / Follow untuk mendapatkan berita dan tulisan terbaru