Thursday, January 27, 2022
Home > Berita > Taichi Olah Raga Yang Menyehatkan

Taichi Olah Raga Yang Menyehatkan

Mimbar-Rakyat.com (JAKARTA) – Pada masa pandemic Covid-19 saat ini, cukup sulit mencari tempat untuk menghilangkan rasa bosan di rumah terus. Saya lalu mendapat informasi di Klentengg Lupan, Jakarta Barat ada tempat latihan Tai Chi. Ketika akhirnya tiba, di sana ada coach Jimmy, instrukturnya.

Taichi merupakan  ilmu beladiri asal China yang fokus pada keseimbangan dalam tubuh manusia. Taichi adalah gerakan lambat menyerupai senam yang tidak menunjukan kekuatan dikenal sebagai ilmu bela diri unik karena gerakannya yang lambat.

Taichi juga bermanfaat menguatkan otot hingga penyembuhan penyakit kronis terhadap tubuh manusia, dan konon mampu mencegah berbagai macam penyakit apabila seseorang rutin melakukan latihan tai chi

Dalam bahasa Tiongkok, taichi berarti tinju tingkat tinggi, pukulan tanpa batas, atau pukulan halus. Makna dari tingkat tinggi, tanpa batas, atau halus dimaksudkan sebagai penggunaan tenaga energi chi yang dianggap punya daya kekuatan di atas tenaga otot atau tenaga biasa.

Taichi dengan gerakan lambat berupaya untuk mencapai keseimbangan tubuh, melatih tehnik pernapasan. Setelah masa pandemi ini, kegiatan taichi terbatas karena keterbatasan orang untuk berkumpul..

Taichi menekankan gerakan yang lambat dan konstan (liquid motion) dan berakar dari budaya China.

Seperti olahraga dan jenis meditasi lainnya, taichi juga memiliki berbagai manfaat yang baik untuk dilakukan kapan pun dan oleh siapa saja. Dilansir dari berbagai sumber, berikut beragam manfaat Taichi bagi kesehatan tubuh.

Taichi awalnya masuk dalam cabang olahraga beladiri dan dikenal dengan meditasi bergerak. Jika biasanya meditasi dilakukan dengan duduk nyaman dan tidak bergerak atau berpindah tempat maka berbeda dengan Taichi.

Pada prinsipnya, Taichi dan meditasi itu sama. Keduanya dipraktikkan untuk menyeimbangkan energi dan menyehatkan tubuh serta mental. Taichi menggunakan gerakan yang pelan tanpa boleh beristirahat. Setiap perpindahan dari satu gerakan ke gerakan lainnya tidak boleh terpotong.

Dalam mempraktikkan Taichi, gerakan tidak dipaksakan. Otot-otot tubuh rileks sejalan dengan mengalirnya napas. Gerakan-gerakan Taichi jauh dari tekanan dan ketegangan, itu artinya bersifat fleksibel serta bisa dilakukan oleh siapa pun.

Taichi memiliki kekuatan dalam menghentikan dan mendorong aliran Qi dalam tubuh. Di samping konsep tersebut, Taichi juga mampu menyeimbangkan elemen energi berlawanan, Yin dan Yang.

Praktik Taichi jauh dari rasa sakit. Meski meditasi dilakukan dengan senantiasa bergerak, gerakan yang dilakukan mengutamakan kekuatan otot, fleksibilitas, dan keseimbangan.

Manfaat lainnya, beberapa penelitian membuktikan bahwa menekuni Taichi mampu menurunkan risiko mengalami berbagai penyakit, baik penyakit fisik maupun mental. Seperti menurunkan tekanan darah tinggi pemicu serangan jatung dan merilekskan.

Bagi penderita diabetes, pikiran seringkali memicu naiknya kadar glukosa dalam darah atau diabetes. Melakukan Taichi mampu memperbaiki masalah itu terutama diabetes tipe-2.

Selanjutnya, meski Taichi gerakannya lembut namun energi yang dibutuhkan setara dengan gerakan aerobik. Gerakan meditatif ini juga disarankan dilakukan sebagai latihan kardio.

Manfaat Taichi bagi Kesehatan

Berikut ini adalah beberapa manfaat kesehatan yang bisa Anda dapatkan:

  1. Meningkatkan Kelenturan dan Keseimbangan

Seiring dengan pertambahan usia, keseimbangan tubuh dan fungsi sel saraf akan menurun. Nah, Taichi mampu melatih keseimbangan tubuh, sekaligus membantu memelihara sel-sel saraf agar dapat berfungsi dengan baik.

Lebih jauh lagi, gerakan-gerakan Taichi dapat meningkatkan kelenturan. Selain itu, bela diri ini merupakan cara yang mudah dilakukan untuk menjaga kebugaran tubuh.

Kemudahan gerakan-gerakan Taichi membuat tubuh tidak memerlukan energi besar untuk melakukannya. Penelitian juga menunjukkan bahwa lansia yang rutin melakukan olahraga Taichi berisiko lebih kecil untuk mengalami jatuh dan cedera.

Gerakan-gerakan di dalam olahraga ini bukan merupakan gerakan yang bisa membuat jantung berdenyut lebih cepat. Gerakannya yang tenang, baik untuk siapa pun, termasuk atlet profesional sekalipun. Untuk kebutuhan tertentu, latihan Taichi juga dapat digabungkan dengan latihan aerobik.

  1. Mampu memperkuat otot

Melakukan Taichi diketahui dapat meningkatkan kekuatan tubuh bagian atas dan bagian bawah. Otot-otot inti yang berada pada daerah punggung dan perut merupakan fokus lokasi latihan Taichi.

Gerakan Taichi yang teratur setara dengan jalan cepat dan latihan beban dalam memperkuat dan meningkatkan kelenturan otot. Kekuatan dan kelenturan otot ini menjaga keseimbangan seseorang serta menghindarkan lansia dari risiko jatuh.

  1. Memiliki manfaat sama seperti aerobik

Meski identik dengan gerakan yang lembut, Taichi juga memiliki gerakan-gerakan yang membutuhkan kecepatan dan kekuatan. Beberapa gerakan Taichi tersebut memiliki manfaat yang setara dengan aerobik.

  1. Mengurangi risiko penyakit jantung, diabetes, dan stres

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa berlatih Taichi secara rutin dan teratur mampu membantu menurunkan tekanan darah tinggi. Riset lain menyebutkan bahwa olahraga ini bisa menurunkan tingkat kolesterol di dalam tubuh.

Berdasarkan kedua hasil penelitian tersebut, dapat disimpulkan bahwa rutinitas melakukan Taichi memberikan kontribusi positif terhadap kesehatan jantung dan penurunan risiko penyakit jantung.

Taichi juga bermanfaat bagi penderita diabetes. Hal ini karena Taichi dapat membantu memperbaiki kadar gula darah dan sistem kekebalan tubuh pada penderita diabetes tipe-2. Hanya saja, pastikan latihan yang dilakukan disesuaikan dengan kondisi tubuh.

Manfaat Taichi lain yang tidak boleh dilewatkan adalah potensinya untuk mengatasi stres. Beberapa penelitian juga menyebut bahwa olahraga ini bermanfaat untuk mengurangi gejala depresi dan memelihara kesehatan mental.

Meski memiliki banyak manfaat, Anda disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu sebelum melakukan Taichi, terutama bila Anda memiliki kondisi medis tertentu, seperti sedang hamil, pernah mengalami patah tulang, menderita sakit punggung, hernia, osteoporosis, atau memiliki masalah persendian. (ell/dari berbagai sumber).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Hallo kawan, silahkan klik tombol Like / Follow untuk mendapatkan berita dan tulisan terbaru