Thursday, January 27, 2022
Home > Berita > Bekasi Raya > Hadapi Musim Penghujan, UPTD Persampahan Wilayah II Tingkatkan Kegiatan Pengerukan Sampah

Hadapi Musim Penghujan, UPTD Persampahan Wilayah II Tingkatkan Kegiatan Pengerukan Sampah

Mimbar-Rakyat.Com ( Bekasi)- Musim penghujan telah lama tiba. Banjir di sejumlah wilayah, biasanya selalu mengancam . Ini yang selalu terjadi setiap musim penghujan tiba.

Kepala UPTD Persampahan Wilayah II pada Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Bekasi, Sumardi, mengatakan, salah satu penyebab banjir di wilayah tugasnya yang meliputi Kecamatan Tambun Utara, Tambun Selatan, Tambelang dan Sukawangi, adalah masih rendahnya kepatuhan masyarakat untuk membuang sampah pada tempatnya .

” Masih sangat banyak warga yang masih membuang sampah ke sungai atau kali. Inilah salah satu yang menjadi penyebab banjir setiap tahunnya,” ujar Sumardi.

Pihak UPTD Wilayah II meski demikian, rutin melakukan bersih-bersih sampah yang ada di kali atau sungai, dari hulu hingga ke hilir. Namun beberapa hari kemudian, sungai atau kali tersebut penuh lagi dengan sampah.

Di musim penghujan ini, lanjut Sumardi, tentunya petugas UPTD Persampahan Wilayah II harus lebih meningkatkan kegiatan bersih-bersih sampah, bukan hanya di kali atau sungai, tapi juga sampah yang ada di darat .

“Alhamdulillah setiap kami melakukan kegiatan bersih-bersih sampah, selalu mendapat dukungan dari masing- masing Muspika , khususnya dari para camat,” ujar Sumardi.

Di wilayah Kecamatan Tambun Utara misalnya yang termasuk wilayah rawan sampah liar, setiap kali pihak UPTD Wilayah II membersihkan sampah, Camat Tambun Utara, Najmudin, sebut Sumardi selalu memberi dukungan.

” Kami dan Muspika memang selalu bersinergi. Setiap kami lakukan kegiatan bebersih sampah, camat selalu mendukung. Sebaliknya, setiap kali camat meminta bantuan untuk membersihkan sampah, kami selalu respon dengan cepat,” ujar Sumardi.

Sementara itu dalam suatu kesempatan kegiatan pengerukan sampah di wilayah Tambun Utara, Camat Najmudin memberi apresiasi atas kinerja UPTD Persampahan Wilayah II dibawah komando Sumardi sebagai Ketua UPTD.

” Ini beneran, saya simpatik dan apresiasi atas kinerja UPTD Persampahan Wilayah II yang selalu responsif,” ujar Najmudin.

Sementara itu terkait masih banyaknya warga masyarakat yang membuang sampah sembarangan, menurut Sumardi, pihaknya telah melakukan berbagai imbauan dan sosialisasi agar mereka membuang sampah pada tempatnya. Namun tetap saja masih banyak yang cuek.

” Semestinya memang harus ada efek jera supaya mereka tidak lagi buang sampah sembarangan, misalnya dengan memberlakukan Perda karena ada sanksi hukumnya,” tegas Sumardi. (agus)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Hallo kawan, silahkan klik tombol Like / Follow untuk mendapatkan berita dan tulisan terbaru