Wednesday, December 02, 2020
Home > Berita > Rinto tangkap King Cobra di Windujanten

Rinto tangkap King Cobra di Windujanten

Rinto menangkap dan menjinakkan King Corba di Kuningan. (dien)

Mimbar-Rakyat.com (Kuningan) – Ular berbisa jenis King Cobra sepanjang empat meter dan berat 11 kg ditangkap Rinto (34), seorang warga Desa Windujanten, Kecamatan Kadugede.

Rinto menaklukkan King kobra liar itu dengan tangan kosong, ketika sedang melata di kawasan warga.

“Iya, benar empat hari yang lalu, saya berhasil menangkap ular itu, dan ini ular kelihatannya berasal dari lingkungan warga di Blok Salahonje daerah Kelurahan Citangtu,” kata Rinto, yang juga menjadi pawang ular.

Ketika menyaksikan ular itu Jumat,  hewan melata itu kelihatan tenang.

“Kondisinya sehat dan sudah dua ekor ular sawah dimangsa ular kobra sejak dua minggu kebelakang,” ujarnya.

Rinto memang hobi ular. Selain itu, ada empat jenis ular yang ia rawat, seperti ular kobra biasa, kobra Jawa dan King Cobra. Dan jenis lainnya ular pucuk dengan warna hijau  dan ada juga ular ring emas yang memiliki bisa sedang namun membahayakan.

Hingga kini ada sekitar 15 ekor ular liar hasil tangkapannya berdasarkan laporan warga. “Jadi pas ada laporan, saya ke lokasi langsung tangkap ular King Cobra, kalau dilihat sepintas mirip garaga punya Panji Petualang,” jelasnya.

Dalam menyiapkan pakan untuk kebutuhan ular kobra, Rinto terpaksa mencari ular sawah di kawasan persawahan  miliki warga. “Iya ini baru nangkap ular sawah buat pakan ular kobra. Kan karakter ular kobra itu kanibal, ” katanya.

Menyinggung soal serius mengurus ular, ini kata dia, ini sebagai bentuk tindakan sekaligus edukasi kepada lingkungan warga sekitar.

“Waktu kecil ular sawah menjadi mainan dan dibawa kemana-mana bahkan dibawa juga ke sekolah.  Dulu ularnya di masukin bungkus rokok dan dibawa main,” kata Rinto.  (dien/arl)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Hallo kawan, silahkan klik tombol Like / Follow untuk mendapatkan berita dan tulisan terbaru