Thursday, January 20, 2022
Home > Berita > Bekasi Raya > Penyerapan Anggaran di Pemkab Bekasi Masih Kisaran 50 Persen

Penyerapan Anggaran di Pemkab Bekasi Masih Kisaran 50 Persen

Sekda Kabupaten Bekasi, H.Uju. (agus)

Mimbar-Rakyat.com (Cikarang Pusat. Bekasi) – Penyerapan anggaran pada Pemerintah Kabupaten ( Pemkab) Bekasi hingga awal November ini masih sangat rendah,  masih dibawah 50 persen.

Karenanya banyak pihak yang memperkirakan akan cukup banyak anggaran yang tak terserap pada 2020 ini, bisa sekitar 20-an persen.

Kepala Bagian Administrasi Pembangunan pada Setda Kabupaten Bekasi, Didik Setiadi, ketika dikonfirmasi mimbar-rakyat.com, Rabu , memaparkan, penyerapan anggaran hingga awal November ini memang baru di kisaran 50-an persen.

“Berbagai pihak memperkirakan ada sekitar 20 persen anggaran Kabupaten Bekasi yang tidak terserap,” katanya.

Menanggapi hal tersebut, pengamat kebijakan publik, Meggy Brotodihardjo, sangat menyesalkannya.

” Bagaimanapun juga, anggaran pada pemerintah itu , dari rakyat oleh rakyat untuk rakyat. Jadi kalau ada anggaran yang tak terserap, rakyat yang rugi karena tidak bisa menikmati hasil pembangunan yang dibiayai APBD yang nota bene uang rakyat juga,”  tukas Meggi.

Hitung-hitungannya, jika APBD Kabupaten Bekasi tahun ini di kisaran Rp6 Triliun, berarti ada sekitar Rp1, 5 Triliun anggaran yang tidak terserap.

Untuk itu, Sekda Kabupaten Bekasi, H.Uju, meminta semua organisasi perangkat daerah ( OPD) untuk memaksimalkan penyerapan anggaran.

Namun begitu, penyerapan anggaran pada 2020 ini, diyakini Sekda akan segera meningkat mulai November ini , karena kegiatan fisik telah  digelar.  (agus /arl)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Hallo kawan, silahkan klik tombol Like / Follow untuk mendapatkan berita dan tulisan terbaru