Tuesday, April 13, 2021
Home > Featured > Manfaat Air Rebusan Ketumbar Bagi Kesehatan: Melancarkan Pecernaan dan Menurunkan Kadar Gula Darah

Manfaat Air Rebusan Ketumbar Bagi Kesehatan: Melancarkan Pecernaan dan Menurunkan Kadar Gula Darah

Ketumbar.

Mimbar-Rakyat.com (Jakarta) – Sudah menjadi rahasia umum, ketumbar jadi salah satu rempah Indonesia yang banyak dipakai untuk masakan-masakan tradisional. Mulai dari gulai sampai opor, ketumbar memang jadi favorit ibu-ibu untuk bahan memasak di rumah.

Tapi, tahukah Anda bahwa air rebusan ketumbar juga punya manfaat untuk kesehatan?

Ketumbar atau dalam bahasa ilmiahnya disebut Coriandrum sativum dipercaya memiliki kandungan antioksidan yang rupanya mampu menurunkan kadar kolesterol bila dicampurkan ke dalam makanan tertentu.

Tidak hanya itu, air rebusan ketumbar nyatanya juga bermanfaat untuk kesehatan. Hal itu diungkapkan oleh dr. Arina Heidyana, berikut penjelasannya:

1. Melancarkan Sistem Pencernaan

Menurut dr. Arina, kandungan antioksidan dalam ketumbar tidak hanya bisa menurunkan kadar kolesterol, tapi juga bisa melancarkan sistem pencernaan.

Kandungan antioksidan ini nantinya akan bekerja dengan memproduksi enzim untuk melancarkan sistem pencernaan. Dengan rutin mengonsumsi air ketumbar, Anda bisa terhindar dari infeksi usus besar.

2. Menurunkan Kadar Gula Darah

“Ketumbar juga mengandung serat yang cukup tinggi yang akhirnya bisa menurunkan kadar gula darah. Nantinya, ini akan menyeimbangkan kadar gula pada penderita diabetes. Namun, ada baiknya untuk berkonsultasi terlebih dahulu pada dokter sebelum meminum air rebusan ketumbar,” kata dr. Arina.

3. Mengatasi Infeksi Bakteri

Air ketumbar juga dipercaya mengandung antibakteri yang bisa membantu meredakan penyakit akibat bakteri jahat. Gangguan ini termasuk infeksi kulit maupun penyakit perut yang disebabkan oleh bakteri. Selain itu, konjungtivitis juga bisa diobati dengan meminum air rebusan ketumbar.

4. Meredakan Batuk dan Pilek

Siapa sangka, ketumbar juga punya kandungan vitamin C yang baik untuk tubuh. Kandungan vitamin C dalam air rebusan ketumbar mengandung antioksidan yang membantu meningkatkan sistem imunitas dalam tubuh.

Jadi, meminum air ketumbar secara rutin bisa mencegah virus penyebab penyakit dalam tubuh.

5. Meredakan Nyeri Sendi

Air rebusan ketumbar memiliki sifat analgesik dan kandungan asam linoleate-nya bisa merelakskan otot dan tulang yang tegang. Tapi, dr. Arina menyarankan agar tetap berkonsultasi terlebih dahulu sebelum mengonsumsi air ketumbar.

Perhatikan Hal Ini Sebelum Minum Air Rebusan Ketumbar

Meski memiliki manfaat untuk kesehatan, Anda juga diminta untuk tidak sembarangan minum air rebusan ketumbar. Pasalnya, terlalu sering atau terlalu banyak minum air ketumbar juga bisa menimbulkan efek samping yang cukup merugikan.

Misalnya:
Memicu alergi
Gangguan pencernaan
Dehidrasi
Bagi penderita diabetes, dr. Arina juga menyarankan untuk tetap membatasi asupan gula lainnya dan jangan hanya bergantung pada air ketumbar.

Ia mengatakan, air ketumbar juga harus diimbangi dengan pola hidup sehat dan minum obat secara teratur. “Begitu juga dengan penderita hipertensi. Karena ketumbar juga bisa menurunkan tekanan darah, jangan sampai air rebusan ketumbar justru membuat darah jadi terlalu rendah,” ujar dr. Arina.

“Tetap perlu konsultasi dengan dokter dan punya porsi yang tepat dalam meminum air rebusan ketumbar. Untuk dosis yang tepat, ini harus dikonsultasikan pada dokter, karena kondisi kesehatan setiap orang berbeda-beda,” jelasnya. (ds/dari berbagai sumber)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Hallo kawan, silahkan klik tombol Like / Follow untuk mendapatkan berita dan tulisan terbaru