Monday, June 24, 2024
Home > Berita > Letusan Gunung Ibu di Halmahera paksa warga di tujuh desa mengungsi

Letusan Gunung Ibu di Halmahera paksa warga di tujuh desa mengungsi

Foto: File Magma ESDM

Kegiatan Gunung Ibu mengikuti serangkaian letusan gunung berapi berbeda di Indonesia, yang terletak di “Cincin Api” Pasifik dan memiliki 127 gunung berapi aktif.

 

Mimbar-Rakyat.com (Halmahera) – Sebuah gunung berapi di pulau Halmahera, Maluku Utara,  meletus secara spektakuler, memuntahkan awan abu kelabu ke langit, dan orang-orang dari tujuh desa terdekat telah dievakuasi, kata pihak berwenang pada hari Minggu (19/5).

Gunung Ibu meletus pada Sabtu (18/5) malam, mengeluarkan abu setinggi 4 km (2,5 mil), disertai sambaran petir ungu menyambar di sekitar kawahnya, menurut informasi dan gambar yang dibagikan oleh badan vulkanologi Indonesia. Demikian dilaporkan Arab News.

Sebuah tim gabungan yang terdiri dari polisi, militer dan petugas pencarian dan penyelamatan dikirim ke daerah tersebut untuk mengevakuasi warga dari desa-desa sekitar, kata Abdul Muhari, dari badan mitigasi bencana, dalam sebuah pernyataan.

Foto-foto yang dibagikan oleh badan bencana menunjukkan pihak berwenang membantu para lansia, sementara warga lainnya dipindahkan dengan truk pick-up dan ditampung di tenda darurat untuk bermalam.

Badan tersebut tidak memberikan informasi apa pun tentang berapa banyak orang yang telah dipindahkan, namun pihak berwenang telah merekomendasikan agar radius tujuh km (4,35 mil) dibersihkan.

Badan Vulkanologi Indonesia menaikkan tingkat kewaspadaan gunung berapi tersebut ke tingkat tertinggi pada hari Kamis, setelah Ibu meletus beberapa kali awal bulan ini.

Kegiatan Ibu dilakukan setelah serangkaian letusan gunung berapi berbeda di Indonesia, yang terletak di “Cincin Api” Pasifik dan memiliki 127 gunung berapi aktif.

Banjir bandang dan aliran lahar dingin dari Gunung Marapi, salah satu gunung paling aktif di provinsi Sumatera Barat, melanda beberapa kabupaten terdekat setelah hujan lebat pada 11 Mei, menewaskan lebih dari 60 orang.

Dalam beberapa pekan terakhir, gunung berapi Ruang di Sulawesi Utara juga meletus dan memuntahkan lava pijar. Letusan tersebut mendorong pihak berwenang untuk mengevakuasi lebih dari 12.000 orang di pulau terdekat.***(edy)

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Hallo kawan, silahkan klik tombol Like / Follow untuk mendapatkan berita dan tulisan terbaru