Tuesday, December 01, 2020
Home > Berita > Penginapan Raja Salman Steril dan 1000 Anggota Keamanan Dikerahkan

Penginapan Raja Salman Steril dan 1000 Anggota Keamanan Dikerahkan

Raja Salman berkunjung ke Indonesia dan berlibur di Bali. (newsindo)

MIMBAR-RAKYAT.com (Denpasar) – Penginapan para tamu dari Arab Saudi dijaga ketat dan Kepolisian Daerah Bali sudah melakukan sterilisasi di lima hotel mewah di kawasan Nusa Dua, Kabupaten Badung yang rencananya digunakan Raja Arab Saudi Salman bin Abdulaziz al-Saud beserta rombongan selama berlibur di Pulau Dewata.

Kepala Polda Bali Inspektur Jenderal Petrus Golose seusai memimpin apel Operasi Simpatik di Mapolda Bali di Denpasar, Rabu, menjelaskan hotel yang rencananya menjadi tempat beristirahat keluarga kerajaan itu yakni Hotel St Regis, Mulia, dan Hotel Lagoon yang berada di kawasan Nusa Dua.

Sedangkan satu hotel mewah lainnya yakni Hotel Bulgari berada di kawasan Uluwatu, Pecatu Kuta Selatan, Kabupaten Badung.

“Untuk St Regis mulai kemarin sudah dikosongkan kemudian sudah dilakukan sterilisasi,” imbuhnya.

Polda Bali telah melakukan koordinasi bersama dengan tim khusus dari Kerajaan Arab Saudi bersama dengan unsur pengamanan dari TNI, Paspampres dan instansi terkait lainnya.

“Kami akan all out untuk melakukan pengamanan bersama seluruh stakeholdersdi Bali baik TNI, pemda maupun Pangkalan Udara Ngurah Rai,” ucapnya seperti dilansir antaranews, Rabu.

Raja Salman, lanjut Golose, dijadwalkan tiba di Bandar Udara Internasional I Gusti Ngurah Rai pada Sabtu (4/3) dan berlibur bersama keluarga kerajaan Arab Saudi hingga 9 Maret 2017.

Belum diketahui rencana kegiatan berlibur di Bali karena kegiatan tersebut lebih bersifat kegiatan pribadi.

Meski demikian pihak kepolisian akan tetap menyiapkan antisipasi jika sewaktu-waktu ada pergerakan untuk dikawal.

“Kami siap mendampingi ke mana saja karena memang sampai sekarang kami masih berkoordinasi untuk tujuan ke mana walaupun mereka sudah ada timadvance tetapi untuk alasan keamanan kami akan tetap antisipasi,” katanya.

1000 keamanan

Dilaporkan pula, Kepolisian Daerah Bali mengerahkan lebih dari 1.000 personel gabungan untuk mengamankan kunjungan Raja Arab Saudi Salman bin Abdulaziz al-Saud beserta rombongan ke Pulau Dewata, 4-9 Maret 2017 untuk berlibur.

“Dari Polda Bali kami kerahkan 878 personel ditambah kekuatan lain sehingga lebih dari seribu orang,” kata Kepala Polda Bali Inspektur Jenderal Petrus Golose, Rabu.

Jenderal polisi dengan bintang dua itu, mengatakan pengamanan akan dilakukan mulai saat sang raja berserta rombongan tiba di Bandara Ngurah Rai, rute-rute perjalanan, hingga hotel tempat mereka menginap.

Untuk pengaturan lalu lintas juga telah disiapkan Direktur Lalu Lintas Polda Bali, termasuk pengawalan saat melalui Tol Bali Mandara dari bandara menuju kawasan Nusa Dua.

“Ada teknik lalu lintas yang disiapkan untuk melakukan pengaturan dan pengawalan,” kata Golose.

Petrus Golose mengharapkan masyarakat memaklumi kondisi lalu lintas saat rombongan dari negeri kaya minyak itu melintas di jalan raya karena akan ada pengalihan atau penutupan arus lalu lintas yang berlangsung tidak lama.

Direktur Lalu Lintas Polda Bali Komisaris Besar Anak Agung Sudana mengatakan, polisi akan memberhentikan arus kendaraan sekitar 500 meter saat rombongan raja melintas menuju Nusa Dua.

“Kami kerahkan 78 mobil dan 38 motor untuk pengawalan,” katanya.

Raja Arab Saudi Salman bin Abdulaziz al-Saud akan berada di Bali selama lima hari, mulai 4-9 Maret 2017, bersama dengan sekitar 1.500 orang.  (An/kb)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Hallo kawan, silahkan klik tombol Like / Follow untuk mendapatkan berita dan tulisan terbaru