Tuesday, October 27, 2020
Home > Featured > Kuningan dapat penghargaan Kabupaten Swasti Saba Wistara

Kuningan dapat penghargaan Kabupaten Swasti Saba Wistara

Ket. foto - Bupati Kuningan Acep Purnama, saat menerima penghargaan dari Wagub Jabar Uu Ruzhabul Ulum, mewakili masyarat Kabupaten Kuningan sebagai Kabupaten Sehat Swasti Saba. (dien)

Mimbar-Rakyat.com (Kuningan) – Kabupaten Kuningan meraih penghargaan dari Kementerian Kesehatan RI sebagai Kabupaten Sehat (Swasti Saba) 2020, bersama 16 Kabupaten / Kota lainnya, se-Jawa Barat.

Penghargaan tersebut diserahkan Wakil Gubernur Jawa Barat, H. Uu Ruzhanul Ulum, di Pusat Dakwah Islam (Pusdai), Bandung, Selasa, berupa piagam, piala dan dana pembinaan sebesar Rp 25 juta, kategori Swasti Saba Wistara.

Kebanggaan terpancar dari wajah Bupati Kuningan, Acep Purnama, ketika menerima penghargaan tersebut, mewakili masyarakat Kabupaten Kuningan.

“Alhamdulilah hari ini saya menerima penghargaan Swasti Saba Wistara dimana Kuningan mendapat predikat sebagai Kabupaten Sehat. Tanda penghargaan Swastisaba Wistara untuk Kabupaten Kuningan ini mengartikan Kabupaten Kuningan sudah memberikan yang terbaik,” terang Acep.

Acep pun mengajak seluruh warga Kabupaten Kuningan, untuk bisa mempertahankan penghargaan sebagai Kabupaten Sehat, dan berterimakasih kepada masyarakat Kuningan yang telah membantu menciptakan Kuningan sebagai Kabupaten Sehat.

“Mari kita tetap istiqomah dalam mempertahkan kuningan sebagai kabupaten yang sehat ” ajak Acep.

Penilaian prestasi Kabupaten Sehat dilihat dari kepedulian, dukungan, keberpihakan pemerintah daerah serta terjalinnya sinergitas seluruh warga dalam meningkatkan kualitas kesehatan masyarakat di daerahnya masing-masing.

Provinsi Jawa Barat, menyerahkan penghargaan Swasti Saba kepada 17 kabupaten / kota penerima predikat Swasti Saba di antaranya Kabupaten Bekasi, Kabupaten Tasikmalaya, dan Kabupaten Pangandaran sebagai penerima Swasti Saba Padapa, Kabupaten Cianjur dan Ciamis sebagai penerima Swasti Saba Wiwerda.

Keterangan foto – Berpose setelah menerima penghargaanm Selasa. (dien)

Kemudian untuk Kabupaten Kuningan, Kabupaten Sukabumi, Kabupaten Bandung, Kabupaten Bandung Barat, Kabupaten Sumedang, Kabupaten Subang, Kabupaten Karawang, Kabupaten Garut, Kota Depok, Kota Bogor, Kota Cirebon, dan Kota Banjar sebagai penerima Swasti Saba Wistara.

Upaya seluruh elemen masyarakat untuk membangun Kuningan sebagai kota sehat menghasilkan Predikat Swasti Saba Wistara. Swasti Saba Wistara merupakan predikat tertinggi untuk sebuah kota sehat menurut Kementerian Kesehatan dan Kementerian Dalam Negri.

Penghargaan Kota Sehat Swasti Saba sendiri merupakan bentuk apresiasi dari Kementerian Kesehatan dan Kementerian Dalam Negeri kepada kabupaten dan kota dalam menerapkan tatanan kawasan sehat. Penghargaan ini diselenggarakan setiap dua tahun sekali dengan tiga kategori tingkatan dari yang terendah, yaitu Padapa, Wiwerda hingga yang tertinggi, Wistara. (dien/arl)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Hallo kawan, silahkan klik tombol Like / Follow untuk mendapatkan berita dan tulisan terbaru