Sunday, September 27, 2020
Home > Berita > Kebakaran Hutan di AS Hancurkan Sejumlah Kota

Kebakaran Hutan di AS Hancurkan Sejumlah Kota

Kebakaran hutan di California. (Foto File Getty Images)

Mimbar-Rakyat.com – Serentetan kebakaran hutan dahsyat akibat angin yang belum pernah terjadi sebelumnya di Oregon, Amerika Serikat (AS),  telah menghancurkan lima kota kecil, meninggalkan potensi kematian yang tinggi. Demikiann dikatakan gubernur wilayah itu pada hari Rabu (10/9), ketika laporan korban awal mulai muncul ke permukaan.

France24  yang mengutip kantor berita Reuters melapooran, ratusan mil jauhnya di California utara, tiga korban jiwa telah dikonfirmasi pada hari Rabu dari kebakaran yang dipicu petir yang kembali menyalan dengan intensitas yang lebih besar minggu ini setelah petugas pemadam kebakaran membuat kemajuan signifikan untuk mengatasinya.

Sementara lebih dari dua lusin kebakaran besar terus menimbulkan malapetaka di sebagian besar wilayah California, dan negara bagian tetangga Oregon mengalami kebakaran hutan terbaru yang melanda sebagian besar Amerika Serikat bagian barat selama seminggu terakhir.

Kebakaran hutan yang mematikan berkobar di pantai barat Amerika Serikat yang dipicu oleh angin kencang.
Angin berkecepatan hingga 50 mil per jam (80 kilometer per jam) menimbulkan api yang berkobar puluhan mil dalam beberapa jam, melanda ratusan rumah saat petugas pemadam kebakaran memadamkan setidaknya 35 titik api besar di seluruh wilayah Oregon yang kira-kira sama dengan hampir dua kali ukuran New York City .

Beberapa komunitas Oregon, termasuk kota Detroit di Lembah Santiam, serta Blue River dan Vida di pesisir Lane County, serta Phoenix dan Talent di Oregon selatan, secara substansial hancur, kata Gubernur Kate Brown dalam konferensi pers.

“Ini bisa menjadi kerugian terbesar terkait nyawa manusia dan harta benda karena kebakaran hutan dalam sejarah negara bagian kita,” kata Brown, tanpa memberikan rincian.

Brown menggambarkan tim penyelamat menyelamatkan pengungsi dengan menarik mereka dari sungai tempat mereka berlindung dari api.

Seorang anak laki-laki berusia 12 tahun dan neneknya tewas dalam kebakaran hutan di dekat komunitas Lembah Santiam di Lyons, sekitar 50 mil selatan Portland. Demikian KOIN News melaporkan.

Lebih jauh ke utara, beberapa kobaran api juga berkobar di negara bagian Washington, di mana seorang anak laki-laki berusia 1 tahun tewas dan orang tuanya terbakar parah saat melarikan diri dari kebakaran di Kabupaten Okanogan, kata polisi.

Di California, para pejabat mengatakan sekitar 64.000 orang berada di bawah perintah evakuasi pada Rabu, sementara awak kapal berupaya mengusai 28 kebakaran besar yang berkobar di bagian negara bagian AS yang paling padat penduduknya.

Sekitar sepertiga dari pengungsi itu mengungsi di daerah yang terkena dampak paling parah di Butte County, utara Sacramento, di mana api telah menghanguskan lebih dari 200.000 hektar sejak disulut pada 17 Agustus.

Sisa-sisa tiga korban ditemukan di dua lokasi terpisah di zona kebakaran itu, kata Sheriff County Butte Kory Honea, menjadikan total korban tewas dari serentetan kebakaran hutan California yang menghancurkan musim panas ini menjadi setidaknya 11.

Penduduk dari lebih dari selusin kota termasuk kota Oroville diberitahu untuk segera melarikan diri atau bersiap untuk pergi pada saat itu juga.

Api berkobar sangat dekat dengan pinggiran Paradise, sebuah kota yang sebagian besar terbakar pada tahun 2018, dengan 85 nyawa hilang, dalam badai api yang menempati urutan paling mematikan dalam sejarah California. ***Sumber: France24, Google.(edy)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Hallo kawan, silahkan klik tombol Like / Follow untuk mendapatkan berita dan tulisan terbaru