Friday, January 21, 2022
Home > Cerita > Ini Manfaat Durian bagi Kesehatan: Mencegah Penuaan Dini Serta Memperkuat Tulang dan Sendi

Ini Manfaat Durian bagi Kesehatan: Mencegah Penuaan Dini Serta Memperkuat Tulang dan Sendi

Buah Durian

Mimbar-Rakyat.com (Jakarta) – Sering dikira memicu penyakit seperti kolesterol, durian ternyata memiliki berbagai manfaat bagi kesehatan,

Buah berduri dan beraroma menyengat tersebut ternyata tidak menyebabkan kolesterol tinggi. Justru, manfaat buah durian bagi kesehatan tubuh sangat beragam, selama porsinya tidak berlebihan.

Berbagai penelitian menyebutkan, buah khas Asia Tenggara ini punya kandungan gizi yang melimpah. Misalnya, vitamin B, C, zat besi, potasium, senyawa nabati, lemak sehat, dan serat. Dengan kandungan tersebut, tak heran buah durian punya banyak manfaat untuk tubuh. Berikut di antaranya:

1. Menjaga Kesehatan Pencernaan

Buah durian mengandung kadar serat yang cukup tinggi sehingga dapat membantu melancarkan pergerakan usus. Karena itu, durian dapat dijadikan sebagai salah satu solusi mengatasi sembelit.

2. Mencegah Penuaan Dini

Buah durian mengandung banyak antioksidan yang berperan dalam melawan radikal bebas. Sel-sel tubuh pun akan terhindar dari kerusakan. Dengan begitu, makan durian bisa bikin Anda lebih awet muda!

3. Menunjang Kesehatan Jantung

Selama ini dituding merusak, durian justru menunjang kesehatan jantung karena mampu menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL). Manfaat durian ini didapatkan berkat kandungan serat di dalamnya.

Perlu Anda tahu, penurunan kadar kolesterol jahat sejalan dengan risiko penyakit jantung dan pembuluh darah yang lebih rendah.

4. Menurunkan Risiko Kanker

Kandungan antioksidan yang tinggi pada durian juga berperan untuk mencegah pembentukan sel-sel abnormal di dalam tubuh. Buah ini mengandung polifenol yang memiliki efek antikanker. Oleh sebab itu, makan durian dapat bermanfaat untuk membantu menurunkan risiko kanker.

5. Memperkuat Tulang dan Sendi

Manfaat buah durian bisa dirasakan tulang dan sendi Anda. Durian kaya akan kalsium, kalium, dan magnesium. Ketiga mineral ini memiliki peran dalam menjaga kesehatan tulang.

Kandungan tersebut bekerja dengan meningkatkan massa tulang, meningkatkan fleksibilitas sendi, dan memperbaiki kekuatan serat kolagen.

6. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Sistem imun merupakan pertahanan tubuh yang penting untuk menangkal penyakit akibat infeksi. Salah satu vitamin yang bisa meningkatkan daya tahan tubuh, yaitu vitamin C.

Nah, buah durian memiliki kandungan vitamin C yang cukup tinggi. Oleh sebab itu, buah ini bisa menjadi pilihan untuk menjaga sistem imun tubuh. Selain baik untuk daya tahan tubuh, vitamin C juga bisa membantu mempercepat proses penyembuhan luka.

7. Mengontrol Tekanan Darah
Salah satu manfaat makan durian adalah dapat menjaga tekanan darah. Pasalnya, buah berduri mengandung kadar kalium yang cukup tinggi.

Kalium sendiri berperan dalam membantu mengontrol tekanan darah agar tetap berada di rentang yang normal. Artinya, konsumsi buah tropis ini dalam porsi yang sesuai mampu menurunkan risiko terjadinya tekanan darah tinggi.

8. Membantu Pembentukan Sel Darah Merah

Durian mengandung zat besi, folat, dan tembaga yang diperlukan untuk menciptakan sel darah merah. Kekurangan zat-zat tersebut menyebabkan berkurangnya sel darah merah atau yang biasa disebut anemia.

9. Mengatasi Insomnia

Durian memiliki senyawa bernama triptofan, yang bisa memberikan efek mengantuk (sedasi). Selain itu, kandungan vitamin B kompleks, kalsium, dan zat besi juga berkontribusi terhadap kualitas tidur yang baik. Jika Anda mengalami kesulitan tidur di malam hari, mengonsumsi durian secara teratur dapat menjadi solusi.

10. Menurunkan Risiko Depresi

Terdapat penelitian yang menjelaskan bahwa salah satu pemicu terjadinya depresi adalah kurangnya asupan vitamin B6. Buah durian mengandung kadar vitamin B6 yang cukup banyak sehingga mampu mencegah terjadinya depresi dan gangguan mental sejenis. (ds/dari berbagai sumber)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Hallo kawan, silahkan klik tombol Like / Follow untuk mendapatkan berita dan tulisan terbaru