Monday, December 06, 2021
Home > Berita > Bekasi Raya > Festival Kuliner, Salah Satu Upaya Dinas Pariwisata Agar UMKM Naik Kelas

Festival Kuliner, Salah Satu Upaya Dinas Pariwisata Agar UMKM Naik Kelas

Mimbar-Rakyat.com (Bekasi) – Dinas Pariwisata Kabupaten Bekasi bertekad menjadikan UMKM naik kelas, antaranya produknya, khususnya kuliner, bisa masuk hotel dan supermarket.

Untuk itulah, demi mengetahui sejauh mana keberadaan UMKM Kuliner di Kabupaten Bekasi, diselenggarakan Festival Kuliner Tingkat Kabupaten Bekasi selama tiga hari, 6-8 Oktober 2021.

Rizky Purnomo dari Cipta Kreasi Indonesia, event organizer yang menyelenggarakan kegiatan ini, mengatakan, kegiatan ini dilakukan secara semi virtual . Artinya, untuk tatacara membuat kuliner oleh pemilik usaha UMKM disajikan dalam bentuk virtual. Dan sebagian lagi ada yang langsung membuatnya di tempat acara, yakni di Gedung Teater Dinas Pariwisata.

Salah satu yang ingin dikembangkan, lanjut Rizky, adalah memasarkan produk kuliner ini melalui digital marketing.

” Selain itu, juga sudah kita lakukan kerjasama dengan sejumlah hotel di Kabupaten Bekasi agar menyediakan gerai untuk produk UMKM Kuliner ini,” terang Rizky.

Sementara itu Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Bekasi, Encep S Jaya, mengatakan, Festival Kuliner ini juga dimaksudkan sebagai upaya menggeliatkan kembali perekonomian di Kabupaten Bekasi.

Melalui Festival Kuliner ini, para pelaku UMKM pun diberikan pelatihan-pelatihan bagaimana memasarkan produknya melalui jaringan media sosial, baik Facebook, WhatsApp dan media sosial lainnya.

Dinas Pariwisata Kabupaten Bekasi, lanjut Encep, juga berupaya menggeliatkan perekonomian masyarakat yang kurang drop selama pandemi. Banyak tempat pariwisata yang tidak beroperasi selama pandemi.

“Alhamdulillah, Kabupaten Bekasi bukan mengandalkan sektor pariwisata saja. Banyak sektor lain yang terus berkontribusi dalam perekonomian di Kabupaten Bekasi,” ujar Encep .(agus)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Hallo kawan, silahkan klik tombol Like / Follow untuk mendapatkan berita dan tulisan terbaru