Thursday, September 24, 2020
Home > Berita > Virus Corona:  7.000 Petugas Kesehatan Meninggal, Lebih 26,3 juta Didiagnosis Tertular  di Dunia

Virus Corona:  7.000 Petugas Kesehatan Meninggal, Lebih 26,3 juta Didiagnosis Tertular  di Dunia

Seorang petugas kesehatan mengumpulkan sampel usap hidung dan tenggorokan dari seorang anak laki-laki untuk diuji terkait COVID-19, di pusat kesehatan utama di Siliguri, India . (Foto AFP/Al Jzeera)

Mimbar-Rakyat.com – Lebih dari 7.000 petugas kesehatan telah meninggal di seluruh dunia akibat virus korona. Demikian menurut Amnesty International, dengan Meksiko mencatat jumlah kematian tertinggi di antara staf medis.

Beban kasus Brasil kini mencapai empat juta di saat Australia memperpanjang larangan perjalanan internasionalnya selama tiga bulan lagi,  dan Selandia Baru mengumumkan akan mempertahankan pembatasan saat ini hingga pertengahan September sebagai tindakan pencegahan.

Jumlah kematian akibat penyakit virus corona di Timur Tengah melampaui 50.000, tetapi jumlahnya diperkirakan masih jauh dari sesungguhnya, karena pengujian di negara-negara yang dilanda perang seperti Libya dan Yaman tetap sangat terbatas.

Lebih dari 26,3 juta orang di seluruh dunia telah didiagnosis tertular virus corona, dan setidaknya 868.000 meninggal. Itu menurut Universitas Johns Hopkins,  serta 17,5 juta orang telah pulih.

Selandia Baru mencatat kematian virus corona pertamanya dalam lebih dari tiga bulan ketika seorang pria berusia 50-an meninggal karena virus. Pejabat kesehatan setempat menyatakan pria itu adalah bagian dari kelompok infeksi gelombang kedua yang muncul di Auckland bulan lalu, mengakhiri masa 102 hari bebas penularan komunitas di negara Pasifik Selatan itu.

Kematian di Rumah Sakit Middlemore Auckland pada Jumat sore menjadikan jumlah kematian Selandia Baru akibat virus itu menjadi 23, dengan kematian terakhir sebelumnya pada 24 Mei.
06:10 GMT

Mengutip Al Jazeera berdasarkan laporan yang disusun dua reporternya Tamila Varshalomidze di Doha, Qatar  dann Zaheena Rasheed di Male, Maladewa, disebutkan  India melaporkan lonjakan harian 83.341 infeksi virus corona, menjadikan penghitungannya menjadi 3,94 juta. Begitu data kementerian kesehatan menunjukkan.

India meruupakan negara yang paling parah terkena virus di Asia sekarang, mendekati Brasil sebagai negara paling terpengaruh kedua di dunia dari virus tersebut. Kementerian mengatakan 1.096 orang meninggal karena COVID-19, menjadikan jumlah korban di India menjadi 68.472.

Turki telah memperpanjang dua bulan larangan PHK yang diberlakukannya untuk memerangi dampak ekonomi dari pandemi virus corona. Keputusan presiden, yang mempertahankan larangan tersebut hingga pertengahan November, diumumkan di surat kabar resmi negara itu pada hari Jumat.

Tindakan itu pertama kali diberlakukan pada bulan April selama tiga bulan, tetapi Presiden Recep Tayyip Erdogan memiliki wewenang untuk memperpanjangnya hingga Juli 2021.

Otoritas Australia telah menambahkan 53 kematian di panti jompo dari awal tahun ini ke jumlah kematian akibat virus corona negara itu. Kematian itu ditambah enam yang dilaporkan para pejabat pada hari Jumat selama 24 jam sebelumnya meningkatkan jumlah korban Australia dari pandemi menjadi 737.

Pejabat negara bagian Victoria mengatakan 53 kematian sebelumnya ditentukan dari angka rekonsiliasi dari Juli dan Agustus. Wabah di kota Melbourne telah menyebar melalui lusinan panti jompo, mengakibatkan ratusan kematian.

Jumlah kasus virus kcorona baru yang dikonfirmasi di Korea Selatan tetap di bawah 200 untuk hari kedua berturut-turut di tengah aturan jarak sosial yang diperkuat.

Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Korea mengatakan pihaknya mengkonfirmasi 198 kasus tambahan dalam periode 24 jam terakhir, menjadikan total negara itu 20.842, dengan 331 kematian. Sekitar 70 persen dari kasus baru berada di wilayah metropolitan Seoul yang padat penduduk.

Pihak berwenang di wilayah Seoul baru-baru ini membatasi makan di restoran dan memerintahkan penutupan gereja, tempat hiburan malam, dan akademisi setelah sekolah.

Perdana Menteri Jacinda Ardern mengumumkan bahwa Selandia Baru akan mempertahankan pembatasan virus corona saat ini hingga setidaknya pertengahan September sebagai tindakan pencegahan.

“Respons ekonomi terbaik tetap merupakan respons kesehatan yang kuat. Jika kami melakukannya dengan benar, kami pada akhirnya akan melepaskan pembatasan lebih cepat dan mengurangi risiko terpental,” kata Ardern dalam konferensi pers.

Selandia Baru melaporkan lima kasus virus baru pada hari Jumat, dua di antara pelancong yang kembali sudah berada di karantina dan tiga terkait dengan wabah Auckland.

Greg Hunt, menteri kesehatan Australia, memperpanjang pembatasan perjalanan internasional dan masuknya kapal pesiar hingga 17 Desember untuk melindungi negara dari penyebaran virus corona.

Dia mengutip “risiko kesehatan masyarakat yang tidak dapat diterima” yang ditimbulkan oleh COVID-19 untuk keputusan tersebut. Pembatasan bagi semua pengunjung internasional diumumkan pada bulan Maret, dengan warga Australia dan penduduk tetap juga dilarang meninggalkan negara itu kecuali diberikan pengecualian.

Dokter Korea Selatan telah setuju untuk mengakhiri pemogokan dua minggu yang telah menghambat upaya untuk mengekang gelombang baru infeksi virus kcorona, kata Perdana Menteri Chung Sye-kyun, setelah pembicaraan semalam mengenai rencana reformasi medis pemerintah.

Chung mengatakan pemerintah, partai yang berkuasa dan Asosiasi Medis Korea yang mewakili industri tersebut telah mencapai “kompromi dramatis” dan dia mengharapkan “mereka akan menandatangani kesepakatan hari ini”.

Seorang juru bicara Asosiasi Medis Korea mengatakan sebuah acara untuk menandatangani kesepakatan diharapkan tetapi tidak ada yang final sampai itu benar-benar terjadi. Sekitar 16.000 dokter magang dan residen telah melakukan pemogokan sejak 21 Agustus.

Virgin Atlantic bersiap untuk memangkas lebih dari 1.000 pekerjaan setelah melihat pemulihan yang lebih lambat dari perkiraan dalam permintaan internasional untuk perjalanan udara, Sky News melaporkan.

Maskapai tersebut akan mengumumkan pemecatan secepatnya pada hari Jumat, kata laporan itu, menambahkan bahwa putaran pemotongan terbaru, jika dikonfirmasi, akan berarti bahwa tenaga kerja Virgin Atlantic hampir setengahnya berkurang dari sekitar 10.000 orang sebelum pandemi virus corona.

Tiga lagi pemain Paris Saint-Germain dinyatakan positif mengidap virus corona, menjadikan jumlahnya sejauh ini menjadi enam dan membuat awal musim baru klub menjadi kacau. PSG mengumumkan hasil tes positif, tanpa memberikan nama para pemain dan hanya mengatakan bahwa mereka “tunduk pada protokol kesehatan yang sesuai”.

Harian olahraga L’Equipe menyebut mereka sebagai bek Marquinhos, penjaga gawang Keylor Navas dan striker Mauro Icardi. Tiga kasus lainnya, yang dikonfirmasi oleh klub pada hari Rabu, dilaporkan adalah penyerang Neymar, pemain sayap Angel Di Maria dan gelandang Leandro Paredes.

PSG akan memainkan pertandingan pertama mereka di musim baru saat bertandang ke Lens pada 10 September. Juara Prancis itu juga akan menghadapi rival sengitnya Marseille di kandang tiga hari setelahnya, tetapi keduanya belum bisa ditunda karena protokol kesehatan dan keselamatan.

Jumlah kasus virus corona yang dikonfirmasi di Brasil telah meningkat di atas empat juta, setelah otoritas kesehatan mencatat 43.733 infeksi baru pada akhir Kamis. Data dari kementerian kesehatan juga menunjukkan bahwa virus tersebut telah menyebabkan hampir 125.000 kematian di Brasil.

Kedua total tersebut adalah yang tertinggi kedua untuk negara mana pun di dunia, setelah AS. Itu menurut penghitungan yang dilakukan oleh Universitas Johns Hopkins.

Aktor Inggris Robert Pattinson dinyatakan positif COVID-19. Sejumlah media berita melaporkan, dan sementara ini produksi “The Batman” dihentikan.

Warner Bros mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa “seorang anggota produksi The Batman” di Inggris telah dinyatakan positif mengidap virus corona, tetapi tidak memberikan nama. Variety, Hollywood Reporter, dan Vanity Fair semua mengutip sumber yang mengatakan orang yang dites positif adalah Pattinson, bintang film itu.

Setidaknya 7.000 petugas kesehatan di seluruh dunia telah meninggal setelah terinfeksi virus corona, termasuk lebih dari 1.300 di Meksiko , terbanyak dibanding negara mana pun, menurut Amnesty International.

“Setiap petugas kesehatan memiliki hak untuk merasa aman di tempat kerja, dan ini adalah skandal bahwa begitu banyak orang harus membayar harga tertinggi,” kata Steve Cockburn, kepala keadilan ekonomi dan sosial di Amnesty.

“Berbulan-bulan setelah pandemi, petugas kesehatan masih meninggal dengan kecepatan yang mengerikan di negara-negara seperti Meksiko, Brasil, dan AS, sementara penyebaran infeksi yang cepat terjadi di Afrika Selatan dan India menunjukkan perlunya semua negara untuk mengambil tindakan.”

Negara-negara yang terpukul paling parah termasuk AS dengan 1.077 kematian di antara petugas kesehatan, Inggris dengan 649, Brasil dengan 634, Rusia dengan 631 dan India dengan 573.

Bahkan angka-angka ini cenderung menjadi “perkiraan yang terlalu rendah,” karena kematian mungkin tidak secara resmi terdaftar di banyak negara, kata Amnesty.

Aplikasi pelacakan kontak dapat secara tajam mengurangi penyebaran virus corona baru bahkan ketika hanya sedikit orang yang menggunakannya, menurut sebuah penelitian yang diterbitkan oleh para peneliti di Google dan Universitas Oxford.

Sebuah aplikasi yang digunakan oleh 15 persen populasi bersama dengan tenaga kerja pelacakan kontak yang memiliki staf yang baik dapat menyebabkan penurunan tingkat infeksi 15 persen dan penurunan 11 persen dalam kematian COVID-19, menurut pemodelan statistik oleh unit Alphabet Inc dan Departemen Kedokteran Nuffield Oxford.

Dengan 15 persen penggunaan aplikasi pelacakan kontak saja, para peneliti menghitung 8 persen pengurangan infeksi dan 6 persen pengurangan kematian. Penemuan ini didasarkan pada data dari sistem pelacakan digital yang serupa dengan yang dikembangkan bersama oleh Google dan Apple Inc***sumber Al Jazeera dan kantor berita, Google. (edy)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Hallo kawan, silahkan klik tombol Like / Follow untuk mendapatkan berita dan tulisan terbaru