Monday, December 06, 2021
Home > Berita > Tari Saman Warnai Pesta Penikahan di AlKhor

Tari Saman Warnai Pesta Penikahan di AlKhor

Pernikahan di Qatar. (bd)

MIMBAR-RAKYAT.com (Doha) – Pentas budaya Wonderful Indonesia turut meramaikan perayaan pesta pernikahan di Alkhor, Qatar, yang dihadiri ratusan komunitas berasal dari Indonesia, Qatar dan ekspatriat asing.

Para undangan juga berdatangan dari berbagai daerah di Qatar seperti Doha, Wakrah, Messaid, Dukhan.

Promosi budaya ini merupakan bagian dari acara pernikahan Feby Fariska Savira, putri Fahri Edy dan Hayldi Bura Somas Sarwinata, putra Edi Suherman dari komunitas diaspora Indonesia yang bekerja pada perusahaan gas, QatarGas dan telah bermukim sekitar 20 tahun di kota AlKhor.

Prosesi budaya ini didahului oleh acara akad nikah di pagi hari dan dilanjutkan dengan tarian pembuka.

Pada malam harinya acara budaya dimulai dengan prosesi upacara pernikahan dengan mengunakan adat Aceh. Acara diramaikan  pertunjukan budaya dan pemberian selamat kepada para pengantin dan orang tua kedua mempelai.
Acara ini tidak hanya dihadiri oleh Duta Besar Indonesia  untuk Qatar Muhammad Basri Sidehabi, namun ia juga bertindak sebagai saksi pernikahan.

Mantan Anggota DPR ini memuji peran komunitas Indonesia di Al Khor atas kontribusinya dalam mempromosikan budaya Indonesia di Qatar.

Ditambahkannya, sekitar 51 organisasi masyarakat Indonesia yang berada dibawah naungan Persatuan Masyarakat Indonesia di Qatar (Permiqa) pimpinan Prihandoko Saputro, berperan dalam mendukung misi KBRI tidak hanya dalam mempromosikan budaya Indonesia di Qatar, juga berperan mempererat hubungan baik antara kedua negara.

Perayaan ini digunakan untuk mempromosikan tidak hanya budaya pernikahan Indonesia kepada para ekspatriat, juga mempromosikan berbagai tarian tradisional seperti Tari Saman dan tarian tradisional lainnya guna menghibur tamu undangan.

Acara ini juga merupakan kesempatan bagi komunitas manca negara khususnya dari Indonesia dan ekspatriat asing lainnya untuk bertemu pada acara halal bihalan setelah perayaan Idul Fitri.

Ibu mempelai pria, Kade Pon menyampaikan apresiasinya kepada KBRI Doha, panitia dan para tamu undangan sehingga acara tersebut berlangsung sukses. “Keberhasilan acara ini karena adanya dukungan Duta Besar dan panitia serta komunitas diaspora Indonesia” katanya.

Menurut pejabat KBRI Doha,  Boy Dharmawan, di Alkhor terdapat komunitas diaspora Indonesia terbesar di dunia dengan sekitar 1500 WNI yang umumnya bermukim di kompleks Al-Khor Community (AKC).

Kompleks tersebut  yang merupakan perumahan bagi karyawan perusahaan gas, QatarGas.

Boy menambahkan, penampilan beragam tarian yang dilakukan oleh anak-anak Indonesia yang juga anggota dari berbagai kelompok seni budaya di AlKhor,   merupakan promosi yang efektif khususnya bagi para ekspatriat asing agar tertarik berkunjung ke Indonesia.  (Bd/arl)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Hallo kawan, silahkan klik tombol Like / Follow untuk mendapatkan berita dan tulisan terbaru