Sunday, September 27, 2020
Home > Berita > Bakso Makanan Indonesia Populer di Qatar Oleh Boy Dharmawan

Bakso Makanan Indonesia Populer di Qatar Oleh Boy Dharmawan

Bakso. (wahyuinqatar)

Menghadiri undangan peresmian swalayan Indonesia, Source of Fortune, di kota Al-Khor, kota yang dikitari gurun pasir dan berjarak 80 km dari ibukota Qatar, Doha, merupakan tantangan yang sungguh menarik.

Namun ketika membayangkan di sana akan disuguhi bakso, yang konon sangat terkenal dengan kelezatannya, seketika semangatpun muncul.

Jika demikian, jarak jauh dan panasnya cuaca yang kadang di musim panas mencapai 50 derajat celsius, menjadi tidak terasa. Anggap saja wisata kuliner yang mengingatkan kampung halaman.

Seperti di Indonesia, bakso merupakan makanan khas Indonesia yang digemari banyak kalangan di Qatar. Bakso bisa dibilang kuliner satu juta umat.

Olahan dari daging sapi yang dibentuk bulat ini memiliki rasa nikmat terutama ketika disantap dalam kondisi hangat. Namun bagaimana jika Anda bermukim di luar negeri ? Sebagai pencinta bakso, tentu kemana pun pergi tetap akan mencari bakso.

Alhamdulilah, di Qatar tersedia beberapa restauran Indonesia yang menjual bakso.  Salah satunya Tofu Cake & Cake Restaurant. Beberapa restauran lainnya pada hari-hari tertentu juga menyajikan menu bakso seperti Minang Restaurant, Pearl of Beirut, Central Restaurant, Sizzlers dan Griya Jakarta.

Di Al-Khor, kota yang berdekatan kawasan industri minyak dan gas, terdapat komunitas diaspora Indonesia yang bermukim sejak tahun 1980-an. Jika anda diundang oleh komunitas ini, dapat dipastikan akan disajikan kuliner bakso.

Menurut seorang tokoh diapora, Said Malawi, terdapat peracik bakso yang paling enak. Namanya ibu Nidar Zulkifli. “Sekali anda mencicipinya, dijamin bikin ketagihan,” ujar karyawan migas QatarGas yang telah bermukim di Al-Khor sejak dua dekade lalu. Konon, ada yang membeli bakso buatan bu Nidar sebagai oleh-oleh dari Qatar untuk dibawa ke Indonesia.

Di tanah air banyak pemberitaan negatif di media masa tentang penjual bakso. Banyak bakso dijual dengan menggunakan bahan pengawet yang kerap membahayakan kesehatan. Di Qatar hal tersebut  tidak Anda temui karena aturan higienis berlaku sangat ketat.

“Bakso kami dijamin tidak menggunakan bahan kimia,” ujar Ibu Nidar yang menyekolahkan anaknya ke Inggeris. Menurut  Nidar cara membuat bakso sapi, ayam dan ikan tidak terlalu sulit, yang sulit adalah bagaimana resep bakso sapi kita bisa enak dan kenyal, terutama pada cara membuat kuah dan bumbunya.

Di Doha pun terdapat beberapa ahli pembuat bakso. Salah satunya Teteh Iis. Ibu empat anak asal Tasikmalaya ini, sudah dua dekade tinggal di negara gurun pasir. Keahliannya sudah kesohor.

Komunitas diapora dari negara-negara ASEAN umumnya  mengenal bakso Teh Iis. Baksonya kadang diramu dengan menggunakan bumbu Tom Yam khas masakan Thailand. Ia juga aktif berpartisipasi di berbagai bazar internasional yang diadakan di Qatar. Salah satunya adalah bazar yang dilaksanakan di Museum Islamic Art (MIA) Park setiap hari Sabtu.

Taman ini merupakan ikon kota Doha yang terletak di Corniche, kawasan reklamasi yang dikenal memiliki taman dengan panorama indah, sehingga menjadi tempat favorit bagi wisman yang ke Qatar.

Baksonya dijual seporsi penuh seharga QR 15 (sekitar 50 ribu rupiah). Untuk menikmati baksonya, Anda harus rela antri. Tidak heran kalau ingin ke Doha  dan  ingin makan bakso, pasti bakso Teh Iis yang dirujuk.

Bahan-bahan dasar bakso dan bakso jadi mudah didapat. Di Doha terdapat swalayan milik pengusaha Aceh, Mahdi Musa, yang menjual produk-produk Indonesia yaitu Supermarket Qatindo atau di AlKhor, Source of Fortune (SOF) yang baru diresmikan pada 25 September 2016 oleh Duta Besar RI Untuk Qatar, Muhammad Basri Sidehabi dan gunting pita dilakukan Prof. Dr. Salim Said, Guru Besar Universitas Pertahanan.

Hypermarket Carrefour di Qatar juga menyediakan bahan pembuat bakso yang dipasok Mahdi Musa.

Bakso Teh Iis turut berperan dalam promosi kuliner yang kerap dilakukan KBRI dan diapora Indonesia.

Bakso sudah identik dengan kuliner Indonesia di Qatar.  Jadi kalau Anda berkunjung ke Doha, kangen dengan bakso, kunjungilah Teh Iis. Anda akan disambut hangat dan bersahabat layaknya saudara sendiri. Tak lama, semangkok bakso hangat akan menghampiri anda.

Baksooooo Bakso !!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Hallo kawan, silahkan klik tombol Like / Follow untuk mendapatkan berita dan tulisan terbaru