Thursday, June 20, 2024
Home > Berita > Lomba Senam SKJ Sambut Dubes Sidehabi di Al-Khor

Lomba Senam SKJ Sambut Dubes Sidehabi di Al-Khor

Warga Indonesia berfoto bersama Dubes pada acara silaturahim di Al-Khor, Qatar. (bh)

MIMBAR-RAKYAT.com (Doha) – Acara perlombaan senam SKJ diaspora Indonesia di Al-Khor, Qatar, menyambut kedatangan Dubes RI untuk Qatar, Marsekal Madya TNI (Purn) Muhammad Basri Sidehabi.  

Sambutan tersebut dilakukan pada pelaksanaan “Family Fun Day” oleh Ikatan Sosial Warga Indonesia (ISWI) di kompleks Al-Khor Community di Al-Akhor.

Dalam sambutannya, Kepala  Al Khor Community Club, Klaus Teil, memuji berbagai kegiatan warga Indonesia yang dianggap positif dan bermanfaat.

Warga Jerman yang sudah beberapa kali berkunjung ke Indonesia ini menyambut baik setiap kegiatan komunitas Indonesia yang bekerja pada perusahaan gas, Qatargas dan RasGas, demikian disampaikan atase politik dan ekonomi KBRI di Qatar, Boy Dharmawan, kepada MR.com, Minggu.

Dubes Sidehabi menyampaikan apresiasi kepada Klaus Teil dalam memfasilitasi kebutuhan sosial WNI di AlKhor dan memuji kegiatan tersebut sebagai upaya guna merekatkan hubungan sosial dan kekeluargaan antar warga Indonesia.

Dubes kelahiran Sengkang, Sulawasi Selatan .ini memuji peran diaspora Indonesia  di Al-Khor dalam mengembangkan sektor migas sehingga  Qatar menjadi produsen utama migas di Dunia.

Mantan Komandan Sesko TNI tersebut juga menyampaikan harapannya agar diaspora Indonesia  sebagai duta bangsa agar terus memberi contoh yang baik mengingat kontribusinya selalu memperoleh appresiasi dari pemerintah dan masyarakat Qatar.

Menurut tokoh diapora Indonesia di Al-Khor, Agri Sumara,  warga Indonesia yang bermukim pada kompleks Al-khor Community merupakan komunitas diaspora Indonesia terbesar di dunia dengan jumlah sekitar 1500 jiwa.

“Bahkan Al-Khor  Internasional School  merupakan sekolah asing pertama di dunia yang menyediakan pelajaran bahasa Indonesia dalam kurikulumnya untuk pelajar Indonesia”, ujar Agri yang telah bekerja 20 tahun pada QatarGas.

Ia menambahkan,  sekitar 15 ribu karyawan yang bekerja pada QatarGas dan RasGas dan umumnya warga asing. Dalam komposisi, komunitas India merupakan warga asing terbanyak dan selanjutnya diikuti Indonesia dan Filipina.

Acara tahunan Fun Day dimeriahkan dengan berbagai acara kesenian berupa tarian Indonesia  yang disajikan anak-anak serta berbagai perlombaan seperti fun bike, senam SKJ, tari Poco-poco, tarik tambang, makan donat, main kelerang, pengecekan kesehatan gratis dan bazar makanan tradisional Indonesia seperti pepes ikan, bakso, sayur Makasar.

Kegiatan tersebut sekaligus memperkenalkan  pengurus baru pengurus ISWI periode 2016-2017 yang kini dipimpin oleh Mansyah Mustapa. “Kami akan bersinergi guna mendukung misi pak Dubes,” ujar pria kelahiran Bone ketika memberi sambutan perkenalan pengurus ISWI.

Dalam rangka memaksimalkan pelayanan masyarakat Indonesia di Al-Khor, KBRI Doha membuka pelayanan Warung Kekonsuleran, sebagai upaya  KBRI melayani dan melindungi WNI di luar negeri.

Kegiatan pelayanan dilaksanakan pada akhir pekan yang disesuaikan dengan kegiatan masyarakat guna memberikan kesempatan yang leluasa  dan memudahkan bagi warga yang tidak bisa hadir di KBRI Doha pada hari kerja.

Menurut  Pelaksana Fungsi Protokol dan Konsuler KBRI Doha, Zaenur Rofid, kegiatan itu merupakan bentuk jemput bola dalam pelayanan masyarakat seperti pengurusan perpanjangan paspor, legalisasi dokumen, konsultasi kekonsuleran dan ketenagakerjaan serta guna  memperbaharui data jumlah WNI di Qatar.  (SP/KB)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Hallo kawan, silahkan klik tombol Like / Follow untuk mendapatkan berita dan tulisan terbaru