Tuesday, January 26, 2021
Home > Berita > Presiden Prancis Emmanuel Macron dinyatakan positif Covid-19

Presiden Prancis Emmanuel Macron dinyatakan positif Covid-19

Presiden Prancis Emmanuel Macron menggaruk matanya saat berbicara kepada pers setelah kedatangan perdana menteri Portugal untuk jamuan makan siang di istana kepresidenan Élysée, di Paris, pada 16 Desember 2020. (Foto AFP/France 24)

Mimbar-Rakyat.com (Paris) – Presiden Prancis Emmanuel Macron dinyatakan positif Covid-19. Hal itu diumumann pihak Istana Élysée, Kamis 18/12) waktu setempat. Disebutkan pula, para pemimpin Prancis dan UE lainnya akan mengisolasi diri setelah melakukan kontak dengan Macron selama seminggu terakhir.

“Presiden Republik telah didiagnosis positif Covid-19 hari ini,” kata istana kepresidenan dalam sebuah pernyataan. “Diagnosis ini dibuat setelah tes PCR yang dilakukan pada awal gejala pertama,” kata pernyataan itu. Seorang pejabat presiden menggambarkan Macron lelah dan batuk.

Kepresidenan mengatakan dia akan mengisolasi selama tujuh hari ke depan, seperti yang direkomendasikan oleh otoritas kesehatan Prancis, dan telah membatalkan semua perjalanan luar negeri. Demikian dikutip dari France 24 yng juga menghimpun laporan dari AFP dan Reuters.

Macron “akan terus bekerja dan menjalankan aktivitasnya dari jarak jauh”, kata laporan dari Istana Élysée. Dia telah pergi ke karantina di tempat peristirahatan presiden La Lanterne dekat dengan Istana Versailles. Pihak kepresidenan menambahkan.

Perdana Menteri Jean Castex, yang melakukan kontak dengan Macron pada pertemuan kabinet mingguan pemerintah pada hari Rabu, juga akan mengisolasi diri seperti halnya Ibu Negara Brigitte Macron, meskipun dia tidak menunjukkan gejala Covid-19.

Macron adalah kepala negara terbaru yang tertular virus. Presiden AS Donald Trump dinyatakan positif pada bulan Oktober, dan Perdana Menteri Inggris Boris Johnson dinyatakan positif pada bulan Maret. Kanselir Jerman Angela Merkel mengisolasi diri pada Maret dan awal April setelah melakukan kontak dengan dokter yang dinyatakan positif.

Johnson menawarkan Macron yang terbaik dan berharap dia cepat sembuh di Twitter.

Seorang sumber yang dekat dengan kepresidenan mengatakan bahwa Macron “mungkin terinfeksi selama pertemuan puncak Uni Eropa di Brussel” pada akhir pekan lalu. Presiden Prancis ini menghabiskan 20 jam non stop dengan para pemimpin 26 negara Uni Eropa lainnya, termasuk malam negosiasi.

Presiden Dewan Eropa, Charles Michel, mengisolasi diri seperti Perdana Menteri Spanyol Pedro Sanchez dan Perdana Menteri Portugal Antonio Costa setelah menghadiri acara OECD dan makan siang di Istana Élysée dengan Macron, kata kantor mereka.

Michel dinyatakan negatif pada hari Selasa setelah kembali dari Paris. “Namun, sebagai tindakan pencegahan, presiden akan melakukan isolasi diri,” cuit juru bicara Barend Leyts.

Macron juga menghadiri pertemuan kepala negara Dewan Eropa pada 10-11 Desember dan menghadiri acara di Paris yang diselenggarakan untuk peringatan 60 tahun Organisasi untuk Kerja Sama dan Pembangunan Ekonomi (OECD). Jadwalnya selama seminggu terakhir termasuk makan malam pribadi dengan Presiden Mesir Abdel Fattah al-Sisi di mana dia menganugerahinya Salib Agung Legiun Kehormatan.

Prancis awal pekan ini melonggarkan pembatasan yang diberlakukan untuk memerangi gelombang kedua virus korona tetapi tingkat infeksi tetap tinggi. Masih ada jam malam nasional yang diberlakukan dari jam 8 malam untuk menghentikan penyebaran virus sementara restoran dan kafe, serta teater dan bioskop, tetap tutup.

60.000 orang meninggal di Prancis

Hampir 60.000 orang telah meninggal di Prancis karena virus corona sejak dimulainya pandemi Itu menurut angka resmi. Pencatatan lebih dari 17.000 kasus baru pada hari Rabu saja juga menimbulkan kekhawatiran karena orang lebih sering berbelanja dan bepergian menjelang liburan Natal.

Seperti negara UE lainnya, Prancis menggantungkan harapannya pada vaksin untuk memadamkan virus. Perdana Menteri Castex pada Rabu mengatakan negara itu akan menerima sekitar 1,16 juta dosis vaksin Covid-19 pada akhir tahun.***(edy)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Hallo kawan, silahkan klik tombol Like / Follow untuk mendapatkan berita dan tulisan terbaru