Sunday, September 27, 2020
Home > Berita > Pekuburan di Jakarta Terancam Penuh, AS Miliki 6,25 Juta Kasus Virus Corona

Pekuburan di Jakarta Terancam Penuh, AS Miliki 6,25 Juta Kasus Virus Corona

Foto dikutip dari Al Jazeera.

Mimbar-Rakyat.com – Negara bagian Victoria, Australia, yang terkena virus corona memperpanjang penguncian secara ketat, pada hari Minggu (6/9),  di ibu kotanya Melbourne selama dua minggu hingga akhir September, karena tingkat infeksi menurun lebih lambat dari yang diharapkan.

Mengutip Al Jazeera berdasarkan laporan reporternya Ted Regencia, sebuah komplek  pekuburan di ibu kota Indonesia, Jakarta, dilaporkan diperkirakan terancam kehabisan ruang (penuh) karena jumlah kematian yang terkait dengan virus corona terus meningkat.

Sementara di ibu kota Italia, Roma, pengunjuk rasa berkumpul, untuk memprotes penggunaan masker untuk membantu menahan penyebaran virus corona. Kementerian kesehatan negara itu melaporkan, penggunaan masker dianjurkan karena peningkatan kematian karena COVID-19, terdapat 16 kematian baru, sehingga totalnya menjadi 35.534. Setidaknya 1.700 lebih kasus juga dilaporkan, dengan total 276.338 infeksi.

Kementerian kesehatan Meksiko telah mencatat 122.765 kematian tambahan di atas ekspektasi selama pandemi hingga Agustus, dalam sebuah laporan tentang tingkat kematian, menunjukkan jumlah korban virus corona asli Meksiko bisa jauh lebih tinggi. Negara itu telah mencatat 67.326 kematian yang dikonfirmasi, menurut kantor berita Reuters.

Lebih dari 26,74 juta orang di seluruh dunia telah didiagnosis dengan virus corona,  17,8 juta orang lebih telah pulih   dan  877.400  meninggal. Demikian menurut Universitas Johns Hopkins..

Negara bagian Victoria yang terkena virus corona di Australia pada Minggu memperpanjang penguncian keras di ibu kotanya Melbourne selama dua minggu hingga akhir September karena tingkat infeksi menurun lebih lambat dari yang diharapkan. Begitu menurut kantor berita Reuters.

Perdana Menteri Negara Bagian Daniel Andrews pada hari Minggu memperpanjang penguncian paksa, yang berlaku sejak 2 Agustus, hingga 28 September dengan sedikit relaksasi, dan memetakan pelonggaran pembatasan secara bertahap selama dua bulan berikutnya.

Pembatasan tahap 4 Melbourne, yang sedianya akan berakhir pada 13 September, menutup sebagian besar perekonomian, membatasi pergerakan orang ke zona 5-km (3-mil) di sekitar rumah mereka selama satu jam sehari dan memberlakukan jam malam malam.

“Kami tidak bisa terbuka saat ini. Jika kami melakukannya, kami akan kehilangan kendali dengan sangat cepat,” kata Andrews pada konferensi pers yang disiarkan televisi.

Victoria, negara bagian terpadat kedua di Australia, telah menjadi episentrum gelombang kedua virus corona baru, yang sekarang menyumbang sekitar 75 persen dari 26.282 kasus di negara itu dan 90 persen dari 753 kematiannya. Negara bagian ini pada hari Minggu melaporkan 63 infeksi COVID-19 baru dan lima kematian, turun dari puncak 725 kasus baru pada 5 Agustus.

Kuburan di Jakarta Penuh

Sebuahkomplek  pekuburan di ibu kota Indonesia, Jakarta, dilaporkan diperkirakan akan kehabisan ruang (penuh) karena jumlah kematian yang terkait dengan virus corona terus meningkat. Hal itu dikatakan Nadi, manajer pemakaman Pondok Ranggon Jakarta Timur, seperti dikutip Kompas. Dia memperkirakan situs pemakaman itu akan penuh pada Oktober, dengan hanya tersisa 1.000 tempat.

Pada bulan Agustus, pemakaman tersebut dilaporkan mengubur 27 orang  setiap hari – termasuk mereka yang meninggal karena virus corona. Pondok Ranggon ditetapkan sebagai situs pemakaman COVID-19 pada bulan Maret, dan sejak itu lebih dari 2.600 korban jiwa telah dikuburkan di sana. Indonesia secara resmi telah melaporkan lebih dari 190.000 kasus dengan hampir 8.000 meninggal.

Pejabat di seluruh Amerika Serikat mendesak orang Amerika untuk mengambil tindakan pencegahan saat merayakan liburan Hari Buruh yang diperpanjang untuk menghindari penyebaran virus corona.

Di New Mexico, Gubernur Michelle Lujan Grisham mengatakan bahwa sementara negara bagian “telah membuat kemajuan besar” dalam memerangi penyebaran COVID-19, liburan akhir pekan yang dimulai pada hari Sabtu akan menjadi kunci untuk menjaga penyebaran virus tetap rendah dan untuk memastikan bahwa siswa dapat kembali ke sekolah dengan selamat tahun ini.

Di California, pejabat Universitas Negeri San Diego mengeluarkan perintah tinggal di rumah akhir pekan (Hari Buruh) bagi siswa yang tinggal di kampus untuk membatasi penyebaran penyakit, saat mereka kembali untuk kegiatan sekolah.

AS memiliki sekitar 6,25 juta kasus virus corona, dengan lebih dari 2,3 juta dinyatakan pulih. Lebih dari 188.500 orang telah meninggal karena penyakit tersebut di AS – jumlah kematian tertinggi di seluruh dunia.

Pusat penyakit menular Jerman melaporkan pada Minggu setidaknya ada 988 kasus virus corona baru, sehingga total menjadi 249.985 infeksi. Institut Robert Koch juga melaporkan satu kematian, dengan total sekarang 9.325 sejak pandemi menyebar di negara itu pada akhir Januari.

Korea Selatan melaporkan 167 kasus virus corona pada hari Minggu, menandai hari keempat berturut-turut di bawah 200 infeksi baru. Demikian menurut kantor berita Yonhap. Dari total infeksi baru, 152 adalah kasus lokal dan sebagian besar berasal dari wilayah Seoul yang lebih luas. Itu data dari Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Korea (KCDC) menunjukkan.

Total kasus negara itu sekarang telah meningkat menjadi 21.177, meskipun lebih dari 16.000 telah pulih sepenuhnya. Jumlah kematian menjadi 334. Tingkat kematian akibat virus di negara itu sekarang 1,58 persen.

Komisi Kesehatan Nasional China melaporkan pada Minggu, setidaknya ada 10 kasus COVID-19 baru pada akhir Sabtu. Badan kesehatan mengatakan bahwa semua kasus baru diimpor, menandai hari ke 21 berturut-turut tanpa infeksi yang ditularkan secara lokal. Demikian menurut kantor berita Reuters.

Jumlah kasus asimtomatik baru naik menjadi 17 dari delapan kasus sehari sebelumnya. China tidak menganggap infeksi tanpa gejala sebagai kasus yang dikonfirmasi. Total kasus COVID-19 yang dikonfirmasi untuk daratan China sekarang mencapai 85.122, sementara jumlah kematian tetap 4.634.

Dokter pribadi mantan perdana menteri Italia Silvio Berlusconi telah menyatakan “optimisme yang hati-hati tetapi masuk akal” untuk pemulihan politisi itu dari virus corona. Berlusconi yang berusia 83 tahun dirawat di rumah sakit di Milan setelah dinyatakan positif minggu ini.

Dr Alberto Zangrillo mengatakan dalam pernyataan tertulis pada hari Sabtu bahwa kondisi klinis Berlusconi tetap stabil. Zangrillo mengatakan pada hari Jumat, beberapa jam setelah Berlusconi dirawat di rumah sakit San Raffaele, bahwa pasiennya mengalami infeksi paru-paru tahap awal dan bernapas tanpa bantuan.

Kementerian kesehatan Meksiko telah mencatat 122.765 kematian tambahan di atas ekspektasi selama pandemi hingga Agustus. Laporan tentang tingkat kematian menunjukkan jumlah korban virus corona asli Meksiko bisa jauh lebih tinggi, lapor kantor berita Reuters.

Meksiko telah mencatat 67.326 kematian yang dikonfirmasi akibat virus corona, termasuk 475 kasus pada hari Sabtu. Tercatat 6.319 kasus virus corona baru, sehingga total infeksi menjadi setidaknya 629.400.

Kementerian kesehatan Brasil telah melaporkan 30.168 kasus tambahan yang dikonfirmasi dari virus corona baru dalam 24 jam terakhir, menjadikan total infeksi negara itu setidaknya menjadi 4,1 juta. Negara itu juga melaporkan 682 korban jiwa tambahan, sehingga jumlah korban tewas menjadi 126.203. Brasil menempati urutan kedua setelah Amerika Serikat dalam jumlah kasus dan infeksi di seluruh dunia.

Pengunjuk rasa berkumpul di ibu kota Italia, Roma, untuk memprotes penggunaan masker untuk membantu menahan penyebaran virus corona. Jumlah kematian akibat virus corona harian di Italia telah meningkat.

Dengan hampir 1.700 lebih kasus pada hari Sabtu, Italia telah mengkonfirmasi total 276.338 infeksi. Sebagian besar kasus baru-baru ini dikaitkan dengan lokasi liburan populer, terutama di antara mereka yang berlibur di pulau Sardinia. Korban tewas di Italia mencapai 35.534.***Sumber: Al Jazeera dan kantor berita, Google.(edy)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Hallo kawan, silahkan klik tombol Like / Follow untuk mendapatkan berita dan tulisan terbaru