Thursday, June 20, 2024
Home > Berita > Menjelang Le Mans 24 Jam, putaran keempat FIA WEC 2024

Menjelang Le Mans 24 Jam, putaran keempat FIA WEC 2024

Le Mans 24 Jam berlangsung Juni dan diikuti Sean Gelael. (fiawec)

Mimbar-Rakyat.com (Jakarta) -Kurang dari satu bulan lagi menjelang laga putaran keempat FIA WEC 2024 – balapan legendaris Le Mans 24 Jam – yang berlangsung pada 15-16 Juni 2024.

Le Mans menyediakan 50 poin kejuaraan untuk pemenangnya, sehingga laga putaran keempat WEC itu bisa membuat perubahan besar dalam urutan klasemen sementara,

Pada klasemen kejuaraan pabrik ketahanan FIA Hypercar dunia, Porsche memimpin di puncak klasemen dengan simpanan 83 poin – 23 poin di atas Toyota yang bertengger di urutan kedua.

Ferrari di urutan ketiga dengan simpanan 49 poin.Sebanyak 19 kendaraan 23 Hypercar di Le Mans memiliki peluang untuk kmendapatkan poin di Le Mans.

Akan tampil juga 23 mobil di kelas LMGT3 ( 18 di antaranya merebutkan poin), kemudian tampil pula 16 kendaraan LMP2, sehingga jumlah semua peserta balapan menjadi 62 mobil.

Acara balapan akan dimulai pada Selasa 11 Juni sebagai sesi foto dan beberapa acara lain di area pit.

 

Pada Rabu 12 Juni merupakan sesi latihan bebas bagi para peserta pendukung, sekaligus Latihan bebas dan sesi kualifikasi peserta le Mans. Ada juga semacam konser di sirkuit pada petang harinya.

Kamis merupakan acara khusus untuk peserta balapan di kelas Hypercar.

Seperti halnya Selasa, pada 14 Juni merupakan sesi untuk para pendukung dan penonton. Mulai pukul tiga, diberi kesempatan bagi para pengunjung untuk berjalan ke trek dengan berhalan kaki, atau naik sepeda atau skuter atau rollerskates. Sedangkan parade pebalap dimulai pukul 4pm di sekitar Le Mans.

Sabtu 15 Juni lomba dimulai pukul 4pm. Seperti biasanya, akan ada acara pendahuluan berupa beragam pertunjukan, termasuk pendukung lomba berupa Road to Le Mans serta munculnya bendera Prancis dibawa helikopter.

Di antara pebalap yang tampil, terdapat pemuda dari Indonesia, Sean Gelael, yang turun di kelas LMGT3. Ia menaiki BMW M4 bernomor pintu 31 didukung tim WRT. Ia satu tim dengan juara dunia motoGP, Valentino Rossi, yang akan menaiki mobil berbeda dengan yang dinaiki Sean.  (fiawec / arl)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Hallo kawan, silahkan klik tombol Like / Follow untuk mendapatkan berita dan tulisan terbaru