Sunday, July 21, 2024
Home > Berita > Waspada! Potensi hujan lebat di 21 provinsi

Waspada! Potensi hujan lebat di 21 provinsi

Ilustrasi - zPotensi Hujan di berbagai wilayah Indonesia, bahkan disertai petir. (bmkg)

Mimbar-Rakyat.\\t.com (Jakarta) – Masyarakat diimbau mewaspadai hujan lebat yang diprakirakan akan mengguyur 21 provinsi di Indonesia, Selasa.

BMKG menyatakan di Jakarta, Selasa pagi, 21 provinsi yang berpotensi diterjang hujan lebat itu adalah Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Riau, Kepulauan Riau, Bengkulu, Jambi, Sumatera Selatan, Lampung, dan Kalimantan Barat.

Berikutnya, ada pula Provinsi Kalimantan Tengah, Kalimantan Utara, Kalimantan Timur, Sulawesi Utara, Gorontalo, Sulawesi Tengah, Sulawesi Tenggara, Maluku Utara, Maluku, Papua Barat, dan Papua.

Selain hujan lebat, BMKG juga mengingatkan masyarakat untuk mewaspadai turunnya hujan yang disertai petir dan kilat di sejumlah daerah, yakni Provinsi Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Riau, Bengkulu, Jambi, Sumatera Selatan, Kepulauan Bangka Belitung, Lampung, Kalimantan Barat, dan Kalimantan Tengah.

Hujan yang disertai petir dan kilat juga diprediksi berpotensi terjadi di Provinsi Kalimantan Utara, Kalimantan Timur, Sulawesi Utara, Gorontalo, Sulawesi Tengah, Sulawesi Barat, Maluku Utara, dan Papua Barat.

Ada pula peringatan mengenai hujan yang disertai dampak seperti banjir yang dapat melanda daerah Sumatera Barat, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Utara, Kalimantan Timur, Sulawesi Utara, Gorontalo, Sulawesi Tengah, Maluku Utara, Maluku, Papua Barat, dan Papua.

Berikutnya, BMKG mengingatkan masyarakat mengenai potensi angin kencang yang melanda sejumlah daerah, yakni Provinsi Aceh, Sumatera Selatan, Jawa Timur, Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur, Kalimantan Utara, Sulawesi Barat, Maluku, dan Papua.  (an / him)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Hallo kawan, silahkan klik tombol Like / Follow untuk mendapatkan berita dan tulisan terbaru