Thursday, September 24, 2020
Home > Berita > Mendagri akan lantik Plt gubernur gantikan Ahok

Mendagri akan lantik Plt gubernur gantikan Ahok

Tjahjo Kumolo. (jpnn)

MIMBAR-RAKYAT.com (Jatinangor) – Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo menyatakan akan menetapkan dan melantik pelaksana tugas (Plt) Gubernur DKI Jakarta pengganti Basuki Tjahaja Purnama, pada Senin sore di Balai Kota.

“Kemungkinan nanti sore jam 17.00 WIB di Balai Kota,” ujar Tjahjo seusai menjadi inspektur upacara di Institut Pemerintahan Dalam Negeri, Jatinangor, Senin pagi.

Tjahjo mengatakan penetapan Plt Gubernur DKI dilakukan setelah sebelumnya Kementerian Dalam Negeri melakukan kroscek ke KPU DKI Jakarta dan KPU Pusat mengenai kepastian pemberlakukan kampanye pada putaran kedua Pulkada DKI Jakarta.

Setelah memastikan KPU memberlakukan kampanye putaran kedua Pilkada DKI Jakarta, Kemendagri lantas mengacu kepada undang-undang bahwa calon kepala daerah petahana harus melakukan cuti.

Kementerian Dalam Negeri pun telah menyiapkan sejumlah nama yang akan ditetapkan sebagai Plt Gubernur DKI Jakarta.

Hingga Senin pagi, Tjahjo mengaku belum meneken surat penetapan Plt itu. Namun dia menyatakan Plt yang nantinya ditunjuk akan disampaikan dan dilantik di Balai Kota Senin sore.

Seperti dilansir antaranews, Tjahjo mengatakan, tidak tertutup kemungkinan Plt Gubernur DKI putaran pertama yakni Soni Sumarsono kembali menjabat Plt pada pilkada putaran kedua ini.

“Nanti sore bisa saya, bisa juga Sekjen Kemendagri yang menyerahkan Plt ke Balai Kota,” ujar Tjahjo.  (An/KB)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Hallo kawan, silahkan klik tombol Like / Follow untuk mendapatkan berita dan tulisan terbaru