Wednesday, October 27, 2021
Home > Cerita > Manfaat Buah Kelengkeng Bagi Kesehatan: Menguatkan Tulang, Mengatasi Insomania dan Menurunkan Berat Badan

Manfaat Buah Kelengkeng Bagi Kesehatan: Menguatkan Tulang, Mengatasi Insomania dan Menurunkan Berat Badan

Buah Kelengkeng.

Mimbar-Rakyat.com (Jakarta) – Buah Kelengkeng atau Lengkengn jenis yang banyak disukai masyarakat Indonesia. Meskipun memiliki ukuran yang kecil, buah kelengkeng ternyata memberikan banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Buah yang bisa Anda temukan di Asia Tenggara ini memiliki rasa yang manis. Kandungan nutrisinya luar biasa.

Dari berbagai nutrisi yang ada pada buah kelengkeng, berikut manfaatnya.

1. Melawan radikal bebas
Kelengkeng adalah salah satu buah yang kaya akan kandungan asam galat dan asam elagat. Keduanya adalah antioksidan yang berperan penting dalam melawan radikal bebas pada tubuh. Jumlah radikal bebas yang terlalu banyak dapat memicu kerusakan penyakit dan timbulnya penyakit.

Mendapatkan asupan antioksidan dari buah-buahan segar tentu memberikan manfaat yang lebih besar daripada mendapatkannya melalui suplemen. Bahkan, sebuah penelitian pada tahun 2012 membuktikan bahwa ekstrak kelengkeng dapat mengurangi peradangan.

2. Memperkuat tulang
Mengonsumsi buah kelingking ternyata memberikan manfaat untuk kesehatan tulang. Pasalnya, dalam buah ini terdapat kandungan mineral seperti kalsium, fosfor, dan zat besi yang berperan penting dalam mempertahankan kekuatan dan kesehatan tulang.

Bahkan, sebuah peneltian tahun 2015 menyatakan bahwa fosfor dapat meningkatkan kepadatan dan kekuatan tulang secara signifikan. Selain itu, kandungan nutrisi pada buah kelengkeng tersebut juga dapat membantu meningkatkan kepadatan tulang sekaligus mencegah masalah kesehatan tulang, seperti osteoporosis.

Osteoporosis sering kali identik dengan lanjut usia (lansia). Akan tetapi, penyakit pengeroposan tulang ini sebenarnya bisa dialami oleh siapa saja, mulai dari anak-anak hingga dewasa. Oleh sebab itu kesehatan tulang bukan hal yang bisa diremehkan. Berbagai upaya pencegahan terhadap penyakit yang menggangggu sistem gerak pada manusia ini perlu dilakukan sejak dini.

Oleh sebab itu, para ahli menyarankan orang dewasa untuk mengonsumsi buah kelengkeng segar sekitar 3.5 ons per hari demi membantu memenuhi kebutuhan mineralnya.

3. Meningkatkan kesehatan otak
Manfaat yang juga bisa Anda dapatkan dari mengonsumsi buah kelengkeng adalah meningkatnya kesehatan otak. Ya, buah ini diduga dapat membantu mencegah penyakit Parkinson karena dapat melindungi otak dari kerusakan.

Selain itu, penelitian yang dilakukan pada hewan juga membuktikan bahwa kandungan polisakarida dari buah ini dapat mengurangi kerusakan otak pada penderita stroke dan meningkatkan enzim antioksidan pada otak.

Namun, untuk memastikan kebenaran dari manfaat buah kelengkeng tersebut, para ahli masih perlu melakukan penelitian lebih lanjut pada manusia.

4. Menurunkan berat badan
Anda juga bisa mendapatkan khasiat untuk membantu menurunkan berat badan dari mengonsumsi buah kelengkeng. Pasalnya, buah ini memiliki kandungan kalori yang rendah sehingga cukup efektif untuk membantu menurunkan berat badan.

Selain itu, kandungan nutrisinya pada buah kelengkeng juga memiliki manfaat untuk menekan nafsu makan, sehingga Anda bisa mengonsumsinya dalam jumlah banyak tanpa perlu merasa khawatir dengan kalorinya.

Tak hanya itu, kandungan bakteri probiotik pada ekstrak buah kelengkeng juga memberikan manfaat untuk mengurangi kenaikan berat badan secara menyeluruh pada sebuah penelitian yang dilakukan pada hewan. Meski begitu, para ahli masih perlu melakukan penelitian lebih lanjut pada manusia untuk membuktikannya.

5. Menjaga kesehatan jantung
Tahukah Anda bahwa vitamin C ternyata bermanfaat dalam menjaga kesehatan jantung? Tak heran, buah kelengkeng yang kaya akan kandungan vitamin C dapat membantu Anda menjaga agar jantung tetap sehat.

Vitamin C yang berperan sebagai antioksidan dapat membantu mengurangi kekakuan pada pembuluh darah arteri, salah satu penyebab dari berbagai penyakit jantung. Meski begitu, untuk mendapatkan manfaat tersebut, para ahli menyarankan Anda untuk mendapatkan asupan vitamin C dari buah-buahan seperti kelengkeng.

Pasalnya, mengonsumsi suplemen vitamin C belum tentu memberikan manfaat serupa. Seperti manfaat kesehatan dari buah kelengkeng lainnya, para ahli masih perlu melakukan penelitian lebih lanjut.

6. Mencegah penuaan dini pada kulit
Para ahli menduga bahwa kandungan antioksidan pada buah kelengkeng yang dapat menetralkan radikal bebas dalam tubuh ternyata juga dapat membantu mencegah penuaan dini. Buah kelengkeng memiliki manfaat untuk mengurangi kerutan, bintik hitam, dan bekas jerawat pada wajah.

Bahkan, para ahli juga menduga bahwa mengonsumsi buah kelengkeng membantu wajah terlihat lebih cerah. Mengapa? Pasalnya, buah ini ini memiliki kandungan vitamin B dan vitamin C serta berbagai antioksidan yang baik untuk kesehatan kulit.

Ya, kandungan nutrisi pada buah kelengkeng ini dapat memberikan efek antipenuaan, mengurangi kekeringan pada kulit, hingga mencegah kulit mengelupas.

7. Mengatasi insomnia
Buah kelengkeng kering merupakan salah satu bahan alami untuk mengatasi insomnia. Ya, para ahli menganggap buah ini dapat menenangkan pikiran, sehingga mengonsumsi buah ini membantu Anda tidur lebih nyenyak.

Meski demikian, sebuah penelitian yang dilakukan pada tikus menunjukkan bahwa mengonsumsi buah ini tak secara langsung memberikan dampak pada kualitas tidur, melainkan membantu meningkatkan kerja obat tidur dengan meningkatkan aktivitas otak. Masih belum diketahui apakah efek tersebut juga bisa terjadi pada manusia.

Namun, mengingat buah ini dapat membantu memberikan efek ketenangan pada saraf dan mencegah rasa lelah berlebihan, mengonsumsi buah ini mungkin dapat membantu Anda mengatasi gangguan tidur akibat stres seperti insomnia. (ds/dari berbagai sumber)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Hallo kawan, silahkan klik tombol Like / Follow untuk mendapatkan berita dan tulisan terbaru