Saturday, May 08, 2021
Home > Berita > India catat total 195.123 kematian akibat Covid-19

India catat total 195.123 kematian akibat Covid-19

Gambar ilustrasi file covid19.go.id.

Mimbar-Rakyat.com (New Delhi) – India telah mencapai rekor global baru untuk peningkatan kasus virus corona harian selama lima hari berturut-turut, sementara kematian akibat Covid-19 tersebut juga melonjak ke level tertinggi sepanjang masa selama 24 jam terakhir pada hari Senin (26/4).

Dengan 352.991 kasus baru, India mencatat rekor dunia baru untuk peningkatan kasus virus corona harian. Beban kasus total India kini telah melampaui 17 juta. Demikian menurut data kementerian kesehatan – hanya di belakang AS.

Kematian akibat Covid-19 juga melonjak ke level tertinggi sepanjang masa, dengan rekor 2.812 kematian yang dilaporkan selama 24 jam terakhir, menjadi total 195.123.

Beberapa negara, termasuk Amerika Serikat, Inggris Raya, dan Jerman, telah menawarkan dukungan karena sistem perawatan kesehatan India yang kurang didanai dan berjuang untuk mengatasi meningkatnya permintaan oksigen medis dan tempat tidur rumah sakit. Demikian dikutip dari Al Jazeera. Arab Saudi, menurut Arab News, juga menawarkan bantuan oksigen.

Thailand telah menangguhkan penerbitan dokumen perjalanan dari India karena kekhawatiran kasus virus corona. Kedutaan Thailand di New Delhi menyatakan dalam sebuah pernyataan bahwa sertifikat masuk untuk warga negara non-Thailand yang bepergian dari India akan ditangguhkan hingga pemberitahuan lebih lanjut.

Sedang AS akan “segera” menyediakan bahan produksi vaksin, serta terapi, pengujian, ventilator, dan peralatan pelindung tersedia untuk India.

“Amerika Serikat telah mengidentifikasi sumber bahan mentah spesifik yang sangat dibutuhkan untuk pembuatan vaksin Covishield di India yang akan segera tersedia untuk India,” kata pernyataan Gedung Putih. Negara-negara Barat termasuk Inggris, Prancis, Kanada, dan Jerman juga telah menjanjikan bantuan.***(edy)
S

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Hallo kawan, silahkan klik tombol Like / Follow untuk mendapatkan berita dan tulisan terbaru