Thursday, June 17, 2021
Home > Berita > KPU Kuningan Wacanakan Pemekaran Dapil pada Pileg 2024

KPU Kuningan Wacanakan Pemekaran Dapil pada Pileg 2024

Mimbar-Rakyat.com (Kuningan) – Wacana pemekaran daerah pemilihan dan penambahan kursi DPRD Kuningan pada pemili 2024 mendatang, mulai disosialisasi oleh Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kuningan.

Ketua KPU Kuningan, Asep Z Fauzi, usai melakukan kunjungan kerja di Kantor DPC Gerindra Kuningan, Kamis (9/6/2022), mengatakan pihaknya kini tengah mencoba beberapa kemungkinan pemekaran dapil di kuningan.

Asep menilai dengan dibagi menjadi lima dapil itu akan lebih berat bagi para anggota legilastif. “Setelah melihat populasi pemilih atau jumlah penduduk di Kuningan. Juga, terkait pemerataan keterwakilan, yang ke depannya ditujukan agar hasil pemilihan ini bisa membantu mempercepat pemerataan hasil-hasil pembangunan,”jelasnya.

Menurutnya apabila daerah pemilihan diperbanyak maka secara otomatis akan ada pengurangan kecamatan yang dikelola oleh anggota legislatif.

“Wacana juga mengalami perubahan sesuai revisi undang-undang yang semula maksimal 12 jadi kurang dari 12. Namun pihak belum bisa menentukan perubahan atau pemekaran dapil sebab bisa tetap lima bisa juga akan lebih dari lima,”ungkapnya.

Di lain pihak, Ketua DPC Gerindra Kuningan, Dede Ismail, menyambut baik wacana pemekaran daerah pemilihan yang terlontar saat berdiskusi dengan pihak KPU Kuningan.
“Dalam pertemuan tadi, kami sepakat jika memang ada wacana perubahan (pemekaran) jumlah daerah pemilihan di Kuningan. Kita lihat adanya peningkatan jumlah pemilih di Kabupaten Kuningan, memungkinkan adanya penambahan jumlah dapil bisa menjadi enam atau tujuh dapil,” terangnya.

Pemekaran dapil ini, imbuhnya, bisa menghilangkan dominasi parpol tertentu dalam satu dapil, sehingga akan terjadi pemerataan. Apalagi, masih kata Dede Ismail, jumlah partai politik pun akan ada penambahan, yang saat ini sedang melakukan pendaftaran atau proses verifikasi di KPU Pusat.

“Kami sampaikan apresiasi pada KPU yang jauh-jauh hari telah melakukan sosialisasi terkait beberapa pembahasan untuk persiapan perhelatan pesta demokrasi yang segera akan dihadapi,” ujarnya.

Terkait sosialisasi wacana pemekaran dapil ini, Deis, sapaannya, menanggapi baik, karena dengan diberitahukannya wacana tersebut, pihaknya maupun para legislator bisa mempersiapkan diri menjelang agenda demokrasi mendatang. (Dien)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Hallo kawan, silahkan klik tombol Like / Follow untuk mendapatkan berita dan tulisan terbaru