Wednesday, February 24, 2021
Home > Berita > Kenali Gejala Anosmia, Hilangnya Indra Penciuman pada Pilek dan Covid-19

Kenali Gejala Anosmia, Hilangnya Indra Penciuman pada Pilek dan Covid-19

Ketua IDI Kuningan, dr Asep Hermana Sp. BA.

Mimbar-Rakyat.com (Kuningan) – Salah satu gejala umum saat terkena penyakit saluran pernafasan adalah kehilangan indra penciuman, namun tidak hanya itu saja, hilangnya indra penciuman atau anosmia bisa menjadi salah satu gejala terpapar virus Corona.

Anosmia, merupakan gejala menghilangnya sensasi penciuman sebagai gangguan dari nervous all factorius, yakni nervous yang ujung-ujung sarafnya itu ada di daerah hidung bagian dalam.

Apakah gejala Anosmia ini bisa berarti seseorang terpapar Covid-19? Ketua Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Kuningan dr. Asep Hermas Sp.BA menjelaskan tentang gejala – gejala gangguan Anosmia, gangguan tidak spesifik “milik”-nya Covid-19.

“Tetapi penyakit-penyakit lain pun, misalnya ada peradangan atau infeksi di daerah hidung bagian dalam, juga bisa mengalami gangguan seperti itu,” ujarnya.

Karena sekarang ini di era pandemi, dan salah satu gejala dari Covid-19 itu Anosmia, Asep menerangkan, maka sekiranya terjadi, kita wajib curiga, sampai terbukti tidak.

“Untuk itulah, jangan sepelekan gejala Anosmia, karena siapa tahu itu gejala awal dari Covid-19. Makin cepat kita ketahui, sebetulnya, Insya Allah makin mudah untuk penatalaksanaan. Dan semakin mudah untuk sehat, ” katanya.

Ia pun meminta masyarakat jangan sampai ada ketakutan yang berlebihan saat mengalami gejala seperti Anosmia ini. Sehingga sebagian orang jadi takut untuk diperiksa, diswab dan untuk diterapi.

“Kita semua bertujuan sama, agar bagaimana caranya, agar sebanyak-banyaknya orang baik yang bergejala atau tidak, baik yang positif atau diduga, sebanyak-banyaknya orang itu harus sehat dan selamat, itu intinya,” katanya.

Ia meyakinkan agar masyarakat jangan sampai nanti ada rasa ketakutan atau kecemasan, sehingga sebagian orang jadi takut untuk diperiksa, diswab dan untuk diterapi.

“Jadikanlah gejala-gejala tersebut sebagai pertanda bahwa itu adalah ada sesuatu yang harus diperbaiki dalam tubuh kita, ” saran Dokter Asep.  (dien / arl)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Hallo kawan, silahkan klik tombol Like / Follow untuk mendapatkan berita dan tulisan terbaru