Friday, May 24, 2024
Home > Berita > Inilah info menarik dari FIA WEC Spa 2024

Inilah info menarik dari FIA WEC Spa 2024

Ilustrasi - Inilah info menarik dari FIA WEC Spa 2024. (jagonya ayam)

Mimbar-Rakyat.com (Jakarta) – Sebagai laga putaran ketiga FIA WEC 2024, kejuaraan TotalEnergies 6 Hours of Spa-Franchorchamps, akan diikuti 19 kendaraan Hypercar dan 18 mobil LMGT3 yang akan bertarung di sirkuit legendaris Belgia di Spa pada 9 – 11 Mei 2024.

Tempat balapan kondang itu terletak di kawasan hutan Ardennes di Stavelot, Wallonia, dan dikenal sebagai tempat yang jarang berganti iklim dan cuaca dan juga digunakan sebagai tempat tes tim yang akan berlaga di kejuaraan Le Mans 24 Jam (15-16 Juni).

Selama membalap di sirkuit sepanjang tujuh kilometer itu, pengemudi kendaraan Hypercar bisa ganti gigi sebanya 44 kali, mencapai kecepatan penuh hingga 315 km per jam da melaju dengan “throttle” terbuka sampai 58 persen putaran yang dilalui.

Sebanyak 14 pabrik yang akan tampil adalah Alpine, Aston Martin, BMW, Cadillac, Corvette, Ferrari, Ford, Isotta Fraschini, Lamborghini, Lexus, McLaren, Peugeot, Porsche and Toyota, total 19 mobil Hypercar.

Sedangkan mobil kategori LMGT3 sebanyak 18. Para pebalapnya sekitar 106 orang dari 28 negara dan kejuaraan WEC ini dari satu musim ke musim lainnya semakin besar dan ketat, diadakan untuk musim ke-12.

Para pesertanya termasuk lima pebalap tuan rumah, di antaranya duo Laurens and Dries Vanthoor, yang mewakili Porsche Penske dan BMW M Team WRT.

Di kelas LMGT3, tim tuan rumah Belgia WRT akan menjadi tim favorit penonton dengan tampilnya pahlawan lokal Maxime Martin bersama Valentino Rossi dan Ahmad Al Hathy di kelas LMGT3 mengendarai BMW M4 nomor 46.

TF Sport menurunkan pebalap Belgia, Tom Van Rompuy,  di antara pebalap mereka, sedangkan Iron Dames memiliki Bintang local Sarah Bovy – yang lahir di Liege, sekitar 50km dari Spa-Francorchamps.

Kendati lahir di Jerman, pebalap Porsche Penske, Andre Lotterer, juga menjadi pebalap favorit di negara itu, karena ibunya warga negara Belgia.

Setelah perlombaan WEC sebelumnya di Imota dua minggu lalu, ada beberapa perubahan pebalap dalam daftar peserta.

Sebanyak lima tim di kelas Hypercar, mobilnya akan dikemudinan masing-masing dua pebalap, karena beberapa di antaranya sedang membalap di kejuaraan lain.

Tim Hertz JOTA (Will Stevens dan Callum Ilott); No. 93 Peugeot TotalEnergies (Mikkel Jensen dan Nico Mueller); No. 94 Peugeot TotalEnergies (Paul Di Resta dan Loic Duval); Cadillac Racing (Earl Bamber dan Alex Lynn) dan Proton Competition (Neel Jani dan Julien Andlauer). Pebalap Lamborghini Iron Lynx berganti pebalap karena Edoardo Mortara digantikan pebalap Italia Andrea Caldarelli.

Di kelas LMGT3, Doriane Pin akan digantikan pebalap berpengalaman Rahel Frey karena ada tugas lain Pin bersama FRECA sedangkan pebalap Jepang Ritomo Miyata – pebalap pengganti di Toyota – akan menggantikan Kelvin van der Linde dalam tim Akkodis ASP Lexus RC F LMGT3.

Dalam kedudukan klasemen sementara kelas Hypercar, pemenang putaran pertama Porsche berada di puncak dengan nilai 57 point – Sembilan poin terpaut dengan Toyota yang menang di Imola. Ferrari di tangga ketiga dengan simpanan 31 poin, 14 angka terpaut dengan BMW dan 16 angka di atas Alpine yang sedang berada di urutan kelima.

Namun Toyota Gazoo Racing yang memenangi tujuh kejuaraan WEC yang lalu, di Spa akan mendapatkan tekanan – apakah parik mobil Jepang itu mampu mempertahankan kemenangan beruntun mereka di Belgia, apalagi Porsche kini berada di puncak klasemen.

Di kategori LMGT3, setelah melakoni balapan keras dan menang di putaran pertama Qatar,  Manthey PureRXcing memimpin klasemen dengan simpanan 54 point.  Karena juara di Imola, Team WRT pun berada di urutan kedua bersama Heart of Racing masing-masing punya 37 point. Tim WRT 31 di tangga kedua itu, salah satu pebalapnya adalah pebalap handal Indonesia, Sean Gelael.

Kedudukan FIA World Cup untuk tim Hypercar amat dekat dengan pautan hanya satu poin Dimana Hertz Team JOTA (53 poins) dan AF Corse (52 point). Di Spa direbutkan sebanyak 26 poin (25 untuk perlombaan dan satu poin untuk pole position).

Jadwal lomba (waktu setempat) :

Kamis 9 Mei

Latihan bebas 1: 11:30 – 13:00

Latihan bebas 2: 17:30 – 19:00

Jumat 10 Mei

Latihan bebas 3: 11:00 – 12:00

Penyisihan / Qualifying + Hyperpole: 14:45 – 16:05

Sabatu 11 Mei

Lomba: 13:00 – 19:00.  (fiawec / arl)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Hallo kawan, silahkan klik tombol Like / Follow untuk mendapatkan berita dan tulisan terbaru