Saturday, May 08, 2021
Home > Berita > Dukungan pembangunan UINSU Tebing Tinggi terus mengalir

Dukungan pembangunan UINSU Tebing Tinggi terus mengalir

Pengurus ICMI Muda,DMI dan KAHMI Kota TebingTinggi dan Elemen Masyarakat lainnya mendukung penuh Pembangunan UIN-SU di Tebing Tinggi. (al)

Mimbar-Rakyat.com (Tebing Tinggi) – Walikota Tebing Tinggi H. Umar Zunaidi Hasibuan menerima audiensi dari berbagai kalangan dan organisasi kemasyarakatan menandai semakin bertambahnya dukungan pembangun UIN-SU di Kota Tebing Tinggi.

Dukungan tersebut datang dari Ikatan Cendikiawan Muslim Indonesia (ICMI) Muda, Dewan Masjid Indonesia (DMI), Korps Alumni Himpunan Mahasiwa Islam (KAHMI) Kota Tebing Tinggi, Ikatan Pemuda Karya (IPK), Satma AMPI, Yayasan Buddha Tzu chi, STM Amanah.

Kemudian dari Paguyuban Pasundan Kota Tebing Tinggi dan warga Kelurahan Bandar Utama di Balai Kota Tebing Tinggi. “Pembangunan UIN-SU di Tebing Tinggi bukan untuk kepentingan Pribadi dan Kelompok,tetapi untuk semua kalangan,” Kata Walikota.

Pada kesempatan itu, ICMI, DMI dan Kahmi setuju dan mendukung penuh akan hal ini, ditandai dengan penyerahan dokumen pernyataan dukungan bangun UINSU di Tebing Tinggi.

Walikota menjelaskan bahwa harus bersyukur karena UIN-SU mau akan hal ini, banyak daerah bergerak seperti kita ini menyiapkan dan menghibahkan lahan untuk menghadirkan pembangunan universitas negeri didaerahnya,tetapi belum bisa terlaksana. “Disaat yang sama, banyak daerah yang mengajukan seperti kita ini namun ditolak UIN-SU berdasarkan kajiannya,” kata Umar Zunaidi.

Kepada UINSU, Pemko minta Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM), karena kalau sekolah agama sudah banyak.

Lalu dibentuklah tim untuk menilai berapa besar aset yang mau diserahkan, ternyata Rp15 miliar.

Di atas Rp5 miliar berdasarkan aturan Kementerian Dalam Negeri harus mendapat persetujuan DPRD. “Sebenarnya aset lebih dari Rp18 miliar, tapi Rp3 miliar mereka tidak terima. Dan sudah diekspos UIN ke DPRD, bukan satu fakultas tapi dua fakultas, dan menjadi kampus V UIN. Kalau memungkinkan dikembangkan mereka akan mengembangkan fakultas lain,” kata Umar.

Saat menerima elemen Masyarakat Pendukung berdirinya UIN-SU di Tebing Tinggi, Walikota Tebing Tinggi didampingi Asisten Administrasi Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Bambang Sudaryono dan Kadis Kominfo yang diwakili Kepala Bidang Komunikasi Diskominfo Tebing Tinggi Iswan Suhendi.

Akhir audiensi tersebut, Walikota menyampaikan bahwa apa yang dilakukan Pemerintah Kota Tebing Tinggi ini adalah bukan hanya untuk kepentingan pribadi, bukan golongan, ini semuanya adalah untuk meningkatkan kualitas SDM di Kota TebingTinggi, memperoleh biaya murah Pendidikan Tinggi dan menghidupkan ekonomi.

“Nanti kalau sudah ada S1 mungkin S2 mereka buka disini. itulah yang saya sampaikan. Kalau dibilang aset, Kota TebingTinggi APBD dari pusat 85 persen hanya 15 persen yang kita sanggup kelola tiap tahun. Hibah bukan untuk kepentingan swasta, bukan untuk kepentingan pribadi atau kelompok, tetapi untuk kepentingan masyarakat,” kata Walikota.  (al / arl)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Hallo kawan, silahkan klik tombol Like / Follow untuk mendapatkan berita dan tulisan terbaru