Thursday, May 06, 2021
Home > Cerita > Daun Pepaya, Sayuran Murah Meriah, Manfaat Melimpah: Menjaga Kadar Gula Darah

Daun Pepaya, Sayuran Murah Meriah, Manfaat Melimpah: Menjaga Kadar Gula Darah

Daun Pepaya.

Mimbar-Rakyat.com (Jakarta) – Manfaat daun pepaya yang punya segudang khasiat. Kandungan daun pepaya bantu atasi demam berdarah hingga menjaga kadar gula darah.

Meski bisa didapatkan dengan harga murah meriah atau bahkan bisa ditemukan tumbuh liar, daun pepaya punya segudang manfaat bagi kesehatan tubuh yang tak disangka. Bahkan, telah terbukti secara ilmiah.

Buah pepaya seringkali dikonsumsi untuk mengatasi sembelit dan memberi nutrisi kulit. Tapi Toppers tahu atau tidak sih, ternyata selain buahnya, sayuran daun pepaya juga kaya akan vitamin dan nutrisi, lho.

Mungkin beberapa di antara kalian tidak menyukai rasa daun ini karena terlalu pahit. Rasa pahit ini datang dari senyawa bernama papain. Meski kurang nikmat karena pahit, zat ini ternyata memiliki anti-inflamasi dan bagus untuk pencernaan, serta masih banyak khasiat lainnya.

Kandungan Daun Pepaya

Daun pepaya aman untuk rutin dikonsumsi, namun tetap usahakan konsultasikan dahulu dengan dokter atau herbalis untuk mendapatkan takaran yang tepat.

Selain itu, pilihlah daun pepaya segar yang tidak banyak mengandung pestisida di dalamnya. Berikut ini adalah kandungan nutrisi yang akan kamu dapatkan dalam 100 gram (g) daun pepaya:

Vitamin A: 18,25 International Unit (IU)
Vitamin B: 0,15 miligram (mg)
Vitamin C: 140 mg
Kalori: 79 kalori
Protein: 8,0 g
Lemak: 2,0 g
Karbohidrat: 11,9 g
Kalsium: 353 mg
Air: 75,4 g

Sudah sejak lama daun pepaya digunakan sebagai obat dan terapi tradisional. Beberapa orang merasakan banyak khasiat saat rutin mengonsumsi daun pepaya.

Termasuk mengurangi nyeri haid, mengobati ruam kulit dan masih banyak lagi lainnya. Berikut ini adalah daftar manfaat daun pepaya untuk kesehatan:

1. Mengatasi Gejala Demam Berdarah
Demam berdarah atau malaria merupakan penyakit yang disebabkan oleh virus akibat gigitan nyamuk. Penyakit ini dapat menyebabkan trombosit turun.

Meski hingga saat ini belum ditemukan obat malaria. Beberapa penelitian menunjukan ekstrak daun pepaya dapat meningkatkan kadar trombosit dalam tubuh.

2. Memelihara Fungsi Pencernaan
Pada daun pepaya terdapat serat, nutrisi dan senyawa yang dapat mendukung fungsi pencernaan. Salah satunya adalah papain.

Senyawa ini dapat memecah protein besar menjadi asam amino kecil. Sehingga lebih mudah dicerna oleh tubuh.

Selain itu, daun pepaya sering digunakan sebagai terapi alternatif mengatasi gangguan pencernaan seperti kembung, mulas, gas hingga masalah sembelit dan iritasi usus besar.

3. Meredakan Rasa Sakit dan Peradangan
Zat seperti papain, flavonoid, dan vitamin E yang terkandung dalam ekstrak daun pepaya memberikan manfaat sebagai anti-inflamasi. Daun pepaya juga aman dan bermanfaat untuk mengatasi radang internal maupun eksternal seperti ruam, nyeri otot dan sendi.

4. Menjaga Kadar Gula Darah
Penderita diabetes sangat dianjurkan untuk konsumsi daun pepaya setiap hari. Hal ini dikarenakan pada uji coba yang dilakukan dengan hewan daun pepaya memberikan efek terdapat zat antioksidan dan penurun gula darah yang kuat. Meskipun sampai hari ini belum ada penelitian pada manusia, tetapi daun pepaya sejak dulu menjadi obat herbal tradisional.

5. Membantu Pertumbuhan Rambut
Kebotakan dapat disebabkan tingkat stress oksidatif yang tinggi pada tubuh. Makan sayuran atau buah yang tinggi kandungan antioksidan seperti pepaya dapat mengurangi risiko kebotakan dini. Tak hanya itu, penggunaan masker rambut dengan ekstrak daun pepaya sangat bagus untuk mencegah ketombe dan memperkuat akar rambut.

6. Mencegah Penyakit Kanker
Kanker dapat disebabkan karena polusi, paparan radiasi, gaya hidup tidak sehat, dan keturunan. Salah satu cara mencegah kanker adalah dengan membiasakan pola hidup sehat dengan cara rajin berolahraga dan membiasakan memakan makanan sehat. Daun pepaya dipercaya dapat mencegah kanker prostat dan payudara. Senyawa dalam daun ini mampu menghambat pertumbuhan sel kanker dalam tubuh.

7. Menjaga Kesehatan Kulit
Tidak hanya baik untuk kesehatan, daun ini juga dapat mempercantik tubuh. Daun pepaya kaya akan kandungan vitamin E. Vitamin ini dapat menjaga sel dari kerusakan akibat radikal bebas. Selain dimakan, kamu juga bisa menggunakan daun pepaya yang sudah dihaluskan sebagai masker wajah.

8. Baik untuk Kesehatan Hati (Liver)
Selain kaya akan kandungan serat yang baik untuk pencernaan. Minum jus pepaya setiap hari dapat membersihkan liver dan mengurangi resiko terkena penyakit hati kronis seperti ikterus dan sirosis hati.

9. Mengatasi Nyeri Haid
Nyeri menstruasi atau kram perut biasanya sering dialami oleh para wanita. Gejala ini disebabkan karena dipicu oleh hormon prostaglandin yang meningkat saat menjelang menstruasi. Kram perut juga dapat disertai dengan gejala lain seperti nyeri pinggang dan nyeri otot paha. Efek inflamasi dalam daun pepaya tidak hanya mengatasi peradangan tetapi juga dapat mengurangi rasa nyeri akibat menstruasi.

10. Meningkatkan Imunitas Tubuh
Toppers, sebaiknya mulai sekarang kamu harus rutin mengkonsumsi daun pepaya. Sebab daun ini banyak terkandung nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh. Tidak hanya mengobati, senyawa pada daun pepaya dapat membuat komponen limfosit T (sel T) dalam tubuh menjadi semakin aktif. Sel T inilah yang berperan dalam ‘memerangi’ sel tubuh yang terpapar virus atau kanker.

11. Membantu Produksi Air Susu Ibu (ASI)
Pernah dengar daun katuk bagus untuk ibu menyusui? Ternyata selain daun katuk, daun pepaya juga punya manfaat yang sama sebagai suplemen untuk membantu meningkatkan produksi ASI selama masa menyusui. Cara memanfaatkannya cukup mudah, daun pepaya bisa dimakan atau diminum rebusannya satu kali setiap hari. (ds/dari berbagai sumber)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Hallo kawan, silahkan klik tombol Like / Follow untuk mendapatkan berita dan tulisan terbaru