Saturday, October 31, 2020
Home > Berita > APP Sinar Mas Gandeng Ahli Mengatasi Kebakaran Hutan

APP Sinar Mas Gandeng Ahli Mengatasi Kebakaran Hutan

Ilustrasi, (ist)

MIMBAR-RAKYAT.Com (Riau) – Setelah kebakaran hutan dan lahan (Kathula) pada 2015, perusahaan Asia Pulp & Paper (APP) Sinar Mas menggandeng berbagai konsultan kebakaran hutan.

Penanggungjawab Penanggulangan dan Pemadaman Hutan APP Sinar Mas Forestry, Sujika W. Lusaka mengatakan, ada beberapa hal yang menjadi perhatian Sinar Mas.

“Ada empat pilar utama, Persiapan, Deteksi Dini, Respon Cepat serta Pencegahan,” kata Sujika di Perawang, Riau, kemarin.

Persiapan dibagi menjadi empat langkah, di antaranya Incident Command System (ICS) atau Sistem Komando Bencana. Sistem ini perangkat yang mengatur garis komando, perencanaan, operasi, logistik dan administrasi dalam sebuah situasi darurat.

Dalam menerapkan ICS, kata Sujika, Sinar Mas menggandeng ahli manajemen kebakaran internasional yaitu Trek Wildland Service dari Kanada dan Working on Fire dari Afrika Selatan untuk memberikan pelatihan ICS yang menitikberatkan pada koordinasi dalam memadamkan kebakaran.

Kemudian membangun Situation Room Center (SRC) yang terletak di kantor pusat di Jakarta. SRC ini terkoneksi dengan Situation Room (SR) di seluruh wilayah konsesi HTI.

“Yang di sini hanya untuk melihat di Riau saja, untuk seluruh lahan kohensi Sinar Mas dan mitra pemasok bisa dilihat di Jakarta,” kata Sujika.

Situation Room adalah sebuah ruang kontrol yang melakukan deteksi dini kebakaran 24 jam non-stop di wilayah konsesi APP melalui pengolahan data dari citra satelit yang akan diverifikasi oleh petugas di lapangan.

Semua pos pantau memiliki personel yang siap 24 jam per hari dan 7 hari per minggu. Dari segi personel, terdapat 2.700 petugas terlatih dan bersertifikat yang tersebar di 266 pos pantau. (joh)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Hallo kawan, silahkan klik tombol Like / Follow untuk mendapatkan berita dan tulisan terbaru